Hubungan antara Minat Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Persepsi terhadap Matematika dengan Prestasi Belajar

Authors

  • Syifa Annisatul Kholisyoh Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Benedictus Kusmanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Tri Astuti Arigiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i2.8061

Keywords:

minat belajar, perhatian orang tua, persepsi siswa terhadap matematika, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan minat belajar, perhatian orang tua, dan persepsi siswa terhadap matematika dengan prestasi belajar matematika. Metode dalam penelitian ini adalah metode survei menggunakan analisis korelasional. Sampel diperoleh secara acak sebanyak 97 siswa kelas VIII SMP Negeri Se-Kecamatan Kutowinangun yaitu SMP Negeri 1, 2, dan 3 Kutowinangun. Teknik analisis data menggunakan uji regresi ganda. Dapat diperoleh bahwa: Ada hubungan positif dan signifikan antara minat belajar, perhatian orang tua, dan persepsi siswa terhadap matematika dengan prestasi belajar matematika baik secara bersama-sama maupun mandiri. Hal ini dilihat dari nilai koefisien korelasi yang positif dan sig. > 0,05.

References

Aritonang, K. T. (2008). Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur, 7(10), 11–21.

Desmita, D. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Remaja Rosdakarya.

Gani, A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran dan Persepsi tentang Matematika terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Negeri di Kecamatan Salomekko Kabupaten Bone. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 337–343.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Pustaka Setia.

Handayani, D. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Konsep Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1).

Haryati, N. (2015). Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Se-Gugus Wonokerto Turi Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Basic Education, 4(13).

Kurniawan, D., & Wustqa, D. U. (2014). Pengaruh Perhatian Orangtua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176–187.

Muhibbin, S. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Nur, M. A. (2016). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Konsep Diri, Persepsi Tentang Matematika Terhadap Hasil Belajar Matematika Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba. Matematika Dan Pembelajaran, 4(2), 64–79.

Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di SMA Negeri 1 Tebat Karai Dan SMA Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Alotrop, 2(1).

Sari, F. M., & Harini, E. (2015). Hubungan Persepsi Siswa terhadap Mata Pelajaran Matematika Minat Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1).

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Suparlan, H. (2015). Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Sumbangannya bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1), 56–74.

Published

2020-07-01

How to Cite

Kholisyoh, S. A., Kusmanto, B., & Arigiyati, T. A. (2020). Hubungan antara Minat Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Persepsi terhadap Matematika dengan Prestasi Belajar. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 155–164. https://doi.org/10.30738/union.v8i2.8061

Issue

Section

Artikel

Citation Check