Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMK

Rizka Faridah Thifal, A. A. Sujadi, Tri Astuti Arigiyati

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Jigsaw lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Jigsaw lebih efektif jika dibandingkan dengan penerapan model pembelajaran konvensional metode ceramah, dapat dilihat dari nilai . Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis data secara statistik yang menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sehingga model pembelajaran ini dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran di kelas.

Keywords


Efektivitas; Model Pembelajaran Jigsaw; Hasil Belajar

References


Handayani, P., & Sujadi, A. A. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Kelas Viii D Smp N 1 Pleret. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2).

Huda, F. Y. F., & Purnami, A. S. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas X MA YAPPI Gubukrubuh. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Maryani, M., & Suparno, S. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Minat Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar Negeri Mangunsari 02 Salatiga. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 272–284.

Nini, N., & Bey, A. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(2), 111–132.

Pertiwi, N. G. (2016). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Siswa Kelas VIII CMTs Darul Qur’an Wonosari. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Raditya, A., & Sujadi, A. A. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Jigsaw Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Magelang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).

Rasyid, R., Asnawati, R., & Djalil, A. (2017). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Modified Jigsaw Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(7).

Setyowati, B. E., Widiyatmoko, A., & Sarwi, S. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw II Berbantuan Lks untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Karakter Siswa. Unnes Science Education Journal, 4(3).

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi, I. (2013). Model-Model Pembelajaran Modern. Palembang: Tunas Gemilang Press.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning: Teori & Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Wibowo, R., Sujadi, A. A., & Harini, E. (2014). Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v8i2.8062

Article Metrics

Abstract view : 280 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats