Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP

Authors

  • Nava Anggita Ardiana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Pardimin Pardimin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Zainnur Wijayanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i2.8064

Keywords:

Efektivitas, Model Pembelajaran Flipped Calssroom, Disposisi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP yang ditinjau dari disposisi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen di SMP Negeri 1 Sewon dengan subjek penelitian yaitu kelompok kontrol berjumlah 33 siswa dan kelompok eksperimen berjumlah 32 siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Flipped Classroom lebih efektif dibanding dengan penerapan model pembelajaran langsung dan memiliki interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan disposisi matematis. Hal ini dapat diperkuat dengan hasil dari interaksi terhadap model pembelajaran dan disposisi matematis Sig = 0,046 < α = 0,05 sehingga model pembelajaran berpengaruh terhadap disposisi matematis siswa. Model pembelajaran Flipped Classroom dapat digunakan pada mata pelajaran matematika sebagai model pembelajaran alternatif terutama pada materi persamaan garis lurus.

References

Adhitiya, E. N., Prabowo, A., & Arifudin, R. (2015). Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional Flipped dengan Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2).

Aristika, A. (2017). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. UNIVERSITAS LAMPUNG.

Azhari, U. L., & Kurniady, D. A. (2016). Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, dan Mutu Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan, 23(2).

Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip your classroom: Reach every student in every class every day. USA: International society for technology in education.

Johnson, G. B. (2013). Student Perceptions of the Flipped Classroom. University of British Columbia.

Mahmudi, A. (2010). Tinjauan Asosiasi antara Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Disposisi Matematis. Yogyakarta: FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.

Maolidah, I. S., Ruhimat, T., & Dewi, L. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Educational Technologia, 1(2).

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 24–29.

Munir. (2008). Kurikulum Berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Alfabeta.

Prihatni, Y. (2014). Pendekatan Saintifik dalam Ajaran Ki Hadjar Dewantara. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, 2(1), 280–300.

Syahputra, E. (2018). Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional SINASTEKMAPAN, 1(1), 1277–1283.

Trinova, Z. (2012). Hakikat Belajar dan Bermain Menyenangkan bagi Peserta Didik. Al-Ta Lim Journal, 19(3), 209–215.

Yusuf, B. B. (2018). Konsep dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13–20.

Published

2020-07-01

How to Cite

Ardiana, N. A., Pardimin, P., & Wijayanto, Z. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 193–204. https://doi.org/10.30738/union.v8i2.8064

Issue

Section

Artikel

Citation Check