Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Strategi Think Pair Share Berbasis Komik

Authors

  • Anisatul Insan Nurrohmah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Sri Adi Widodo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Dafid Slamet Setiana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i2.8065

Keywords:

Proses Berpikir, Memecahkan Masalah, Think Pair Share, Komik

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui proses berpikir siswa konkret, siswa transisi, dan siswa formal dalam memecahkan masalah matematis dengan strategi Think Pair Share (TPS) berbasis komik pada siswa kelas VII di SMPN 5 Yogyakarta yang menggunakan teori Polya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan purposive sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII E berjumlah 32 orang dan masing-masing diambil untuk sampel yaitu 1 siswa konkret yang nilainya terendah, 2 siswa transisi yang nilainya sedang-sedang saja dan sering peneliti lakukan wawancara, serta yang terakhir 2 siswa formal yang nilainya tertinggi. Dari hasil analisis yang ada, dapat disimpulkan bahwa fase berpikir konkret siswa melakukan proses berpikir disequilibrasi, fase transisi siswa melakukan proses berpikir akomodasi, fase formal siswa melakukan proses berpikir akomodasi dan asimilasi.

References

Hendrowati, T. Y. (2015). Pembentukan Pengetahuan Lingkaran Melalui Pembelajaran Asimilasi Dan Akomodasi Teori Konstruktivism Piaget. Jurnal E-DuMath.

Hurlock, E. B. (2002). Perkembangan Anak Jilid 2 Penerjemah: Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.

Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 85–99.

Irpan, S. (2010). Proses Terjadinya Kesalahan Dalam Penalaran Proporsional Berdasarkan Kerangka Kerja Asimilasi Dan Akomodasi. Beta, 3(2), 100–117.

Khodijah, N. (2006). Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.

Lubben, F., Braund, M., Koopman, R., Scholtz, Z., & November, I. (2014). The Piaget theory of cognitive development: An educational implications. Educational Psychology, 1(1), 9.

Piaget, J. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif (Vol. 1). Jakarta: Gramedia.

Polya, G. (1973). How to Solve It. In Princeton University Press (Vol. 30). https://doi.org/10.2307/3609122

Polya, G. (1980). On Solving Mathematical Problems in High School. New Jersey: Princeton Univercity Press.

Purnomo, R. J., Widodo, S. A., & Setiana, D. S. (2020). Profil Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis Berdasarkan Model Polya. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 101–110.

Ruch, F. L. (1967). Psychology and Life, 7 Edt. Scott. Foresman and Company. Atlanta.

Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik, Terj. Nurulita, Bandung: Nusa Media.

Solso, R. L., MacLin, M. K., & MacLin, O. H. (2005). Cognitive psychology. Pearson Education New Zealand.

Sopamena, P. (2017). Karakteristik Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Mengonstruksi Bukti Keterbagian. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 169–192.

Suryabrata, S. (2004). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

West, D. E. E. (2014). Piaget’s system of spatial logic: The semiosis of index. Semiotica, 2014(202), 459–480. https://doi.org/10.1515/sem-2014-0064

Widodo, S. A. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(1), 154–160.

Widodo, S. A., Turmudi, & Dahlan, J. A. (2019). An Error Students In Mathematical Problems Solves Based On Cognitive Development. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(07), 433–439.

Published

2020-07-01

How to Cite

Nurrohmah, A. I., Widodo, S. A., & Setiana, D. S. (2020). Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Strategi Think Pair Share Berbasis Komik. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 215–228. https://doi.org/10.30738/union.v8i2.8065

Issue

Section

Artikel

Citation Check