Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika dengan Strategi Think Pair Share Berbasis Komik
DOI:
https://doi.org/10.30738/union.v8i2.8065Keywords:
Proses Berpikir, Memecahkan Masalah, Think Pair Share, KomikAbstract
References
Hendrowati, T. Y. (2015). Pembentukan Pengetahuan Lingkaran Melalui Pembelajaran Asimilasi Dan Akomodasi Teori Konstruktivism Piaget. Jurnal E-DuMath.
Hurlock, E. B. (2002). Perkembangan Anak Jilid 2 Penerjemah: Meitasari Tjandrasa. Jakarta: Erlangga.
Hutagaol, K. (2013). Pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa sekolah menengah pertama. Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 85–99.
Irpan, S. (2010). Proses Terjadinya Kesalahan Dalam Penalaran Proporsional Berdasarkan Kerangka Kerja Asimilasi Dan Akomodasi. Beta, 3(2), 100–117.
Khodijah, N. (2006). Psikologi Belajar. Palembang: IAIN Raden Fatah Press.
Lubben, F., Braund, M., Koopman, R., Scholtz, Z., & November, I. (2014). The Piaget theory of cognitive development: An educational implications. Educational Psychology, 1(1), 9.
Piaget, J. (2002). Tingkat Perkembangan Kognitif (Vol. 1). Jakarta: Gramedia.
Polya, G. (1973). How to Solve It. In Princeton University Press (Vol. 30). https://doi.org/10.2307/3609122
Polya, G. (1980). On Solving Mathematical Problems in High School. New Jersey: Princeton Univercity Press.
Purnomo, R. J., Widodo, S. A., & Setiana, D. S. (2020). Profil Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis Berdasarkan Model Polya. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 101–110.
Ruch, F. L. (1967). Psychology and Life, 7 Edt. Scott. Foresman and Company. Atlanta.
Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik, Terj. Nurulita, Bandung: Nusa Media.
Solso, R. L., MacLin, M. K., & MacLin, O. H. (2005). Cognitive psychology. Pearson Education New Zealand.
Sopamena, P. (2017). Karakteristik Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Mengonstruksi Bukti Keterbagian. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 5(2), 169–192.
Suryabrata, S. (2004). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
West, D. E. E. (2014). Piaget’s system of spatial logic: The semiosis of index. Semiotica, 2014(202), 459–480. https://doi.org/10.1515/sem-2014-0064
Widodo, S. A. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology - TOJET, 17(1), 154–160.
Widodo, S. A., Turmudi, & Dahlan, J. A. (2019). An Error Students In Mathematical Problems Solves Based On Cognitive Development. International Journal Of Scientific & Technology Research, 8(07), 433–439.