Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP

Authors

  • Nita Nurul Muharomah Universitas Suryakancana
  • Erwan Setiawan Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8115

Keywords:

Kemampuan Literasi Matematis, Problem Based Learning, Sikap.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan dan pencapaian kemampuan literasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada peningkatan dan pencapaian kemampuan literasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model Problem Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIII A dan VIII B MTs Salsabiila Zainia Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan dan pencapaian kemampuan literasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik daripada peningkatan dan pencapaian kemampuan literasi matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, serta sikap siswa terhadap pembelajaran yang menggunakan model Problem Based Learning positif

 

ABSTRACT

 This study aims to determine whether improvement and the achievement of the literacy skills of mathematical students using learning model of Problem Based Learning is better than the improvement and the achievement of the literacy skills of mathematical students who use conventional learning models, as well as to determine how student attitudes to learning using the model of Problem Based Learning. The research method used  Quasi-Experimental. This research design using Nonequivalent Control Group Design. The research sample is students of class VIII A and VIII B Salsabiila Zainia Junior High School 2019/2020 period. Selected with a purposive sampling technique. Experimental class using learning model Problem Based Learning and control class using conventional learning models. The instrument test and non-test. The result of the research shows that increasing and achievement of literacy mathematics students are using a model of learning Problem Based Learning better than an increase in and achievement of literacy mathematics student are using the conventional learning, as well as the attitude of the students to use positive learning model of Problem Based Learning.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Buyung, dan Nirawati, R. (2018). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(1), 21–25.

Carel, G., Sugiarni, R., Algifari, E., dan Yastrib, H., (2018). Implementasi Pilar-Pilar Budaya Cianjur dalam Pembelajaran Multiterasi Matematis Berbantuan Teknologi Smartphone (Geogebra Versi Android) untuk Meningkatkan Kemampuan Higher Order Thinking Skill (Hots) Siswa Kejuruan. Jurnal Prisma, 7(1), 70-81.

Harususilo, dan Enggar, Y. (07 Desember 2019). Skor PISA 2018: Daftar Peringkat Kemampuan Matematika. [Online]. Diakses 17 Januari 2020, dari https://edukasi.kompas.com/read/2019/12/07/09425411/skor-pisa-2018-daftar-peringkat-kemampuan-matematika-berapa-rapor-indonesia.

Indah, N., Mania, S., dan Nursalam. (2016). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Kelas Vii Smp Negeri 5 Pallangga Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran (M a P a N), 4(2), 198–210.

Lestari, K.E. dan M. R. Yudhanegara. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Masjaya, dan Wardono. (2018). Pentingnya Kemampuan Literasi Matematika untuk Menumbuhkan Kemampuan Koneksi Matematika dalam Meningkatkan SDM. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 568–574.

Pratiwi, D., dan Ramdhani, S. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Smk. Jurnal Gammath, 2(1), 1–13.

P. S., Nungki. (2008). Membantu Anak Belajar Matematika. Yogyakarta: Tugu.

Ruseffendi, E. T. (2005). Dasar Dasar Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Tarsito.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sari, M. P., dan Khiyarunnisa, A. (2017). Problem Based Learning : Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY 2017, 443–448.

Septian, A., dan Rizkiandi, R. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana, VI(1), 1–8.

Shoimin, Aris. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2013). Metode Penilitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sujana, A. (2014). “Literasi Kimia Mahasiswa PGSD dan Guru IPA Sekolah Dasarâ€, Jurnal Pendidikan, 1, 99-107.

Wulandari, B. (2013). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan, 2, 1-7.

Yanwari, D., Priyono, A., dan Prasetyo, B. (2019). Kemampuan Literasi Matematika Siswa pada Pembelajaran Problem Based Learning dengan Tinjauan Gaya Belajar. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 648–658.

Yanti, O. F., Charitas, R., dan Prahmana, I. (2017). Model Problem Based Learning , Guided Inquiry , Dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 2(2), 120–130.

Published

2020-11-30

How to Cite

Muharomah, N. N., & Setiawan, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 389–400. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8115

Issue

Section

Artikel