Kemampuan Komunikasi Matematika melalui Model Pembelajaran Situation Based Learning

Authors

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8282

Keywords:

Komunikasi Matematika, Situation Based Learning

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pada kemampuan komunikasi matematika mahasiswa yang masih rendah, mahasiswa cenderung mengalami kesulitan dalam mengkomunikasikan persoalan matematika dalam bentuk essay atau soal cerita ke dalam bentuk kalimat matematika sehingga mahasiswa cenderung tidak bisa menyelesaikan soal tersebut. Solusi dalam permasalahan ini bisa dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat, model pembelajaran Situation Based Learning menjadi solusi yang dilakukan peneliti untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika karena model ini menekankan pada proses pembelajaran yang membuat mahasiswa belajar dengan cara berpikir berdasarkan situasi atau kondisi dari soal yang diberikan. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester 6 program studi pendidikan matematika Universitas Indraprasta PGRI Tahun Ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa kelas R5C sebagai kelas eksperimen dan kelas R5D sebagai kelas kontrol yang dipilih dengan teknik simple random sampling berjumlah 50 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrument tes berupa soal essay berjumlah 10 soal yang telah melalui tahap validasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Situation based learning terhadap kemampuan komunikasi matematika.

 

ABSTRACT

Communicating mathematical problems in the form of essays or story problems into mathematical sentence form so that students tend not to be able to solve these problems. The solution to this problem can be done by applying the right learning model, the Situation-Based Learning model becomes the solution made by researchers to improve mathematical communication skills because this model emphasizes the learning process that makes students learn by thinking based on the situation or condition of the given problem. The population of this study was all 5-semester students of the Mathematics Education Indraprasta University PGRI University Academic Year 2019/2020. The sample of this study was R5C class students as an experimental class and R5D class as a control class selected by a simple random sampling technique totaling 50 students. The instrument used in this study was a test instrument in the form of essay questions totaling 10 questions that had passed the validation stage. Analysis of the data in this study used the t-test. Research shows that there is a significant influence on the application of the Situation based learning model to mathematical communication skills.

References

Firdaus, S., & Endang, C. (2015). Peningkatan Kemampuan Matematika Siswa Kelas VII-1 MTs Terpadu Al Maimun Kota Bekasi Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share (TPS). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika.

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika Dan Matematika Terapan, 7(1), 9–18. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397

Lestari, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Aptitude Treatment Interaction Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Gantang, 3(2), 153–160. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.478

Lestari, I., Andinny, Y., & Mailizar. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Situation Based Learning dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis | Lestari | JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika). JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 95–108.

Oktaviani, S., Praja, E. S., & Asnawati, S. (2019). Desain Bahan Ajar Persamaan Garis Lurus Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berbasis Pendekatan Problem Solving. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 145–154. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.4182

Ratnasari, S. A. (2016). Situation-Based Learning (Sbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Self-Efficacy Matematis Siswa SMP - UPI Repository. http://repository.upi.edu/26105/

Sumunaringtiasih, A., Koestoro, B., & Asnawat, R. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(9). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/14155

Xia, X., Lu, C., & Wang, B. (2008). Research on Mathematics Instruction Experiment Based Problem Posing. Journal of Mathematics Education, 1(1), 153–163. https://doi.org/10.1111/j.0014-3820.2002.tb00118.x

Published

2020-11-30

Issue

Section

Artikel