Efektivitas Pembelajaran Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Statistik Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Mulyono Mulyono Institut Agama Islam negeri (IAIN), Sorong, Indonesia
  • Arie Anang Setyo Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia
  • Nika Fetria Trisnawati Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sorong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8356

Keywords:

Efektivitas, Pandemicovid-19, Pembelajaran Virtual, Hasil Belajar

Abstract

ABSTRAK

Hasil akhir penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan Pembelajaran Virtual Menggunakan Aplikasi Zoom terhadap hasil belajar statistik pendidikan mahasiswa Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Semester VI Institut Agama Islam Negeri Sorong tahun Akademik 2019/2020 genap. Penelitian ini merupakan Penelitian preexperimental dengan desain the one shot case study design. Populasi penelitan mencakup seluruh mahasiswa semester VI Fakultas Tarbiyah kelas PGMI VIA sebagai sampel acak. data peningkatan pembelajaran virtual diperoleh dengan lembar angket dan data hasil belajar digunakan hasil tes belajar dengan memberikan lembar soal test, uji one simple t test digunakan untuk melihat keefektifan model pembelajaran secara virtual, Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran statistik pendidikan menggunakan pembelajaran secara virtual efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa di masa pandemi covid-19. Penelitian ini sangat berguna untuk mengetahui model- model  pembelajaran yang tepat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar Statistik Pendidikan dalam pembelajaran dimasa pandemi covid-19.

 

ABSTRACT

The final result of this research is to describe the effectiveness of virtual learning through Zoom on the learning outcomes of student Educational Statistics in the sixth semester Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education (PGMI) Sorong State Islamic Institute for the academic year 2019/2020. This research is pre-experimental research with a one-shot case study design. The study population included all sixth-semester students Tarbiyah Faculty, PGMI VIA class as a random sample. The virtual learning enhancement data is obtained by using a questionnaire sheet and learning outcome data is obtained by providing test question sheets, one-sample t-test is used to see the effectiveness of the learning model virtually. The results showed that studying Educational Statistics using virtual learning effectively improves students learning outcomes during the covid-19 pandemic. This research is very useful to find out the appropriate learning models used to improve learning outcomes in Educational Statistics learning during the Covid-19 pandemic.

References

Asra A & Sutomo S.(2016) Pengatantar Statistik I panduan bagi pengajar dan mahasiswa. Jakarta : Rajawali pers

Astututi, A.D. & Dedi Prestiadi. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Belajar dengan Sistem Daring Ditengah Pandemi Covid-19. Providing Web-Seminar Nasional (Webimar) : Prosper Pendidikan Nasional Pasca Pandemi Covid-19, Fakultas Ilmu Pendidikan-Universities Negeri Malang, Hal 129-135, Juni 2020.

Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020).Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1-12.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020).Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I. Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19: Sebuah survey online. LP2M.

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 53–65.

Maulana, H. A., & Hamidi, M. (2020).Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Daring pada Mata Kuliah Praktik di Pendidikan Vokasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 224-231.

Mulyono, M., & Setyo, A. A. (2019).Komparasi Keefektifan antara model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dan tipe Snowball Throwing dalam Pembelajaran Geometri Analitik. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 7(2), 115-123.

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma: Journal of Islamic Education, Vol, 2, No. 1, 1-12, Mey 2020.

Nurdin, N., & Anhusadar, L. (2020).Efektivitas Pembelajaran Online Pendidik PAUD di Tengah Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1).Pendidikan, 8(2), 169-177.

Purwanto, N. 2010.Psikologi Pendidikan: Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Oemar Hamalik

Said, H. (2014).Pengembangan Model Pembelajaran Virtual untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran pada Madrasah Negeri di Kota Parepare. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 18-33.

Sanjaya, R. (Ed.). (2020). 21 Refleksi Pembelajaran Daring di Masa Darurat.SCU Knowledge Media.

Setyo, A. A. (2019). Kombinasi Model Pembelajaran NHT dan Snowball Throwing Untuk Mengembangkan Ketrampilan Abad 21 Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sorong. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 8(2), 82-91.

Simatupang, N.I, dkk. (2020). Efektivitas Pelaksanaan PengajaranOnline pada Masa PandemiCovid-19dengan Metode Survey Sederhana. Journal dinamika pendidikan, Vol. 13, No. 2, 97-203, Juli 2020.

Sugiyono (2014) Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta

Trianto, M. P. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Trisnawati, N. F. (2019). Efektifitas Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Self Efficacy. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 427-436.

Trisnawati, N. F. (2020). Efektifitas Model Problem Based Learning dan Model Group Investigation dalam Meningkatkan Karakter Anti Korupsi. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 203-2014.

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya Tarik Pembelajaran di Era 21 dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan (JKTP), 1(1), 13–18.

Welang, A (2015) keefektifan pembelajaran sistem persamaan liniear dua varibel melalalui pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendektan realistic pada kelas VII smp negeri 2 pangsid kabupaten sidenrang rappang.tesis tidak diterbitkan :PPs UNM

Widiyono, A. (2020). Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) pada Mahasiswa PGSD di Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 8(2), 169-177.

Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. (2020).Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. Journal of travel medicine, 27(2), taaa020.

Yudhanegara M.R & lestari K.E. (2015) Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung : Refika Aditama

Published

2020-11-30

How to Cite

Mulyono, M., Setyo, A. A., & Trisnawati, N. F. (2020). Efektivitas Pembelajaran Virtual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Statistik Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 411–422. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8356

Issue

Section

Artikel

Citation Check