Pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa

Authors

  • Marita Eka Istiana Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Rarasaning Satianingsih Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Via Yustitia

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8446

Keywords:

kemampuan literasi matematika, realistic mathematics education

Abstract

ABSTRAK

Hasil PISA menyatakan bahwa siswa Indonesia memiliki kemampuan literasi yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh realistic mathematics education terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas II SD Hang Tuah 10 Juanda. Terdapat pengaruh apabila rata-rata kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen yang diajar dengan model RME lebih baik daripada kelas kontrol yang diajar menggunakan model TPS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe quasi eksperimental design tipe Posttest-Only. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SD Hang Tuah 10 Juanda. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh kelas II-D sebagai kelas eksperimen dan II-E sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan teknik dokumentasi. Lembar observasi dan tes soal cerita adalah alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini sedangkan untuk tes analisis data digunakan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh realistic mathematics education terhadap kemampuan literasi matematika siswa kelas II SD Hang Tuah 10 Juanda. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata kemampuan literasi matematika siswa kelas eksperimen yang diajar dengan model RME lebih baik daripada kelas kontrol yang diajar dengan model TPS.

 

ABSTRACT

PISA results state that Indonesian students have low literacy skills. The purpose of this study was to see whether there was a realistic mathematics education effect on the mathematics literacy skills of the second grade students of SD Hang Tuah 10 Juanda. The existence of the environment, the average mathematical literacy ability of the experimental class students who were taught with the RME model was better in accordance with the control class using the TPS model. This type of research used in this research is quantitative research with a quasi experimental design type Posttest-Only. The population in this study were students of class II SD Hang Tuah 10 Juanda. The sample was taken using cluster random sampling technique in order to obtain class II-D as the experimental class and II-E as the control class. The data techniques used were tests, observation, and documentation techniques. The observation sheet and story test were data aids used in this study, while the data analysis test used SPSS 22. The results showed that there was an effect of realistic mathematics education on the mathematics literacy skills of grade II students of SD Hang Tuah 10 Juanda. This is indicated by the ability of the experimental class students' average mathematical literacy taught with the RME model better than the control class taught with the TPS model.

Author Biography

Marita Eka Istiana, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

References

Awofala, Adeneye O. A. and Anyikwa Egbichi Blessing. 2014. “Assessing Adult Learner’s Numeracy as Related to Gender and Performance in Arithmetic.†Journal of New Approaches in Educational Research 3(2):83–92.

Chen, Cheng Huan and Chiung Hui Chiu. 2016. “Collaboration Scripts for Enhancing Metacognitive Self-Regulation and Mathematics Literacy.†International Journal of Science and Mathematics Education 14(2):263–80.

Maher, Carolyn A., Robert Sigley, and New Brunswick. 2014. Encyclopedia of Mathematics Education.

Mevarech, Zemira R. and Lianghuo Fan. 2018. “Cognition, Metacognition, and Mathematics Literacy.†261–78.

Mufidah, Zulfin Rachma. 2019. “PENGARUH MEDIA ROPITRI BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION TERHADAP PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI SIFAT BANGUN DATAR KELAS III SDN KREMBUNG 1 SIDOARJO Pascasarjana , Universitas Pendidikan Indonesia PENDAHULUAN Pendidikan Merupakan Aspek Yang Sulit S.†Jurnal Inventa 3(2).

OECD. 2019. PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. Paris: OECD Publishing.

Putu, Ni, Wulan Pratami, Gusti Ngurah, and Sastra Agustika. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan PMRI Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika.†4:204–14.

Rismaratri, Dwi and Nuryadi Nuryadi. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Motivasi Belajar Matematika.†Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains 5(2):70.

Rizkiani, Astri. Ari, Septian. 2019. “Kemampuan Metakognitif Siswa SMP Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ).†UNION: Jurnal Pendidikan Matematika 7(2):275–84.

Stacey, Kaye. 2011. “The PISA View of Mathematical Literacy in Indonesia.†Journal on Mathematics Education 2(2):95–126.

Susilowati, Endang. 2018. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Siswa SD Melalui Model Realistic Mathematic Education (RME) Pada Siswa Kelas IV Semester I Di SD Negeri 4 Kradenan Kecamatan Kradenan Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018.†PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran 4(1):44.

Wardono, S. B. Waluya, Scolastika Mariani, and S. D. Candra. 2016. “Mathematics Literacy on Problem Based Learning with Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Assisted E-Learning Edmodo.†Journal of Physics: Conference Series 693(1).

Yustitia, Via. 2020. “Pengaruh Model Inkuiri Berbantuan Alat Peraga Edukatif Terhadap Literasi Spasial.†Autentik : Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar 4(1):1–6.

Yustitia, Via and Triman Juniarso. 2019. “Http://Journal.Upgris.Ac.Id/Index.Php/Malihpeddas LITERASI MATEMATIKA MAHASISWA DENGAN GAYA BELAJAR VISUAL.†9(2):100–109.

Yustitia, Via, Susi Hermin Rusminati, and Ida Sulistyawati. 2018. “Implementasi Lesson Study Menggunakan Model Think Pair Share Dan Pendekatan Saintifik.†8(1):88–97.

Published

2020-11-30

How to Cite

Istiana, M. E., Satianingsih, R., & Yustitia, V. (2020). Pengaruh Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Literasi Matematika Siswa. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 423–430. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8446

Issue

Section

Artikel