Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Instagram pada Pokok Bahasan Integral Tak Tentu untuk SMA

Authors

  • Welly Yumarsa Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • I Nyoman Arcana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Irham Taufiq Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8611

Keywords:

Media Pembelajaran, Instagram, Integral Tak Tentu.

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Instagram yang dapat digunakan dalam pembelajaran integral tak tentu, dan mengetahui kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilakukan di SMA N 2 Bantul dengan subjek penelitian 21 siswa kelas XI IPS 1. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi, angket respons peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil penelitian adalah produk video pembelajaran Kalkulus disajikan melalui Instagram @Matematika.Asik. Pengujian kelayakan menunjukkan media pembelajaran layak digunakan. Selain itu, diperoleh korelasi yang positif dan signifikan antara skor angket uji coba dengan skor tes hasil belajar, sehingga ada kesesuaian antara skor angket dengan skor tes hasil belajar.

 

ABSTRACT

This research aims to develop Instagram-based learning media that can be used in indeterminate integral learning, and find out its feasibility. This study uses the R&D method with the ADDIE model namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The study was conducted in SMA N 2 Bantul with 21 student of class XI IPS 1 as research subjects. Data was collected using a validation questionnaire, student questionnaire responses and test results. The results of the study are Calculus learning videos presented via Instagram account @Matematika.Asik. The feasibility test shows the learning media is feasible to use. In addition, a positive and significant correlation is obtained between the trial questionnaire score and the learning achievement test score, so that there was a match between these score.

References

Adawiyah, A., & Sulfasyah, J. A. (2016). Implikasi Pendidikan Nonformal Pada Remaja. Jurnal Equilibrium Pendidikan Sosiologi, 4(2).

Adeola, O., Hinson, R. E., & Evans, O. (2020). Social media in marketing communications: A synthesis of successful strategies for the digital generation. In Digital Transformation in Business and Society (pp. 61–81). Springer.

Alajmi, M. M. (2019). The impact of E-portfolio use on the development of professional standards and life skills of students: A case study. Entrepreneurship and Sustainability Issues, 6(4), 1714–1735.

Fauzi, H. (2020). STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DI PERGURUAN TINGGI. At-Ta’lim: Kajian Pendidikan Agama Islam, 2(1), 60–77.

Gustini, N., & Mauly, Y. (2019). IMPLEMENTASI SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DASAR. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 4(2), 229–244.

Indiarti, S., & Arcana, I. N. (2019). Pengembangan Youtube Pembelajaran Kedudukan Garis Terhadap Lingkaran di SMA Menggunakan Videoscribe. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 125–134. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.4053

Istiqomah, I., Kuncoro, K., Oktaviani, D., & Sujadi, A. (2019). Developing Number Theory Textbook to Improve Understanding of the Prospective Teachers’ Concept. (157). https://doi.org/10.4108/eai.19-10-2018.2282536

Khanifatul. (2013). Pembelajaran Inovatif: Strategi Pembelajaran Terpadu. Yogyakarta: Familia.

Kuncoro, K. S., Suyitno, A., & Sugiharti, E. (2014). Keefektifan Pembelajaran TPS Berbantuan Mouse Mischief Terhadap Hasil Belajar Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 205–211.

Kuzminov, Y., Sorokin, P., & Froumin, I. (2019). Generic and specific skills as components of human capital: New challenges for education theory and practice. ФорÑайт, 13(2 (eng)).

Modelu, R., & Pido, A. (2019). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS): antara Harapan dan Realita di SMA Negeri 3 Atinggola. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 128–142.

Nastiti, R. (2019). Pengembangan media pembelajaran komik fisika SMA berbasis instagram dengan aplikasi comic life pada pokok bahasan gerak lurus. SKRIPSI Jurusan Fisika-Fakultas MIPA UM.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Saifulloh, M., & Siregar, M. U. (2019). PENGUNGKAPAN DIRI GOFAR HILMAN SEBAGAI INFLUENCER MELALUI MEDIA INSTAGRAM. JURNAL PUSTAKA KOMUNIKASI, 2(2), 167–180.

Siagian, M. V., Saragih, S., & Sinaga, B. (2019). Development of Learning Materials Oriented on Problem-Based Learning Model to Improve Students’ Mathematical Problem Solving Ability and Metacognition Ability. International Electronic Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.29333/iejme/5717

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Thyan, P. H. (2019). Basic Needs: Literacy, Education, and Communicative Relationships. JADARA, 12(4), 24.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. In Jakarta: Prestasi Pustaka.

van Leeuwen, A., & Janssen, J. (2019). A systematic review of teacher guidance during collaborative learning in primary and secondary education. Educational Research Review, 27, 71–89.

Vorholzer, A., & von Aufschnaiter, C. (2019). Guidance in inquiry-based instruction–an attempt to disentangle a manifold construct. International Journal of Science Education, 41(11), 1562–1577.

Yuntawati, Y., Aziz, L. A., & Agustin, W. (2020). Pendampingan Guru BAIK (Belajar, Aspiratif, Inklusif, dan Kontekstual). Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(2), 70–79.

Published

2020-11-30

How to Cite

Yumarsa, W., Arcana, I. N., & Taufiq, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Instagram pada Pokok Bahasan Integral Tak Tentu untuk SMA. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 357–368. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8611

Issue

Section

Artikel