Analisis Proses Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Tunanetra di MTs Yaketunis pada Materi Geometri

Fadhilah Rahmawati, Maryam Abdulloh, Saniatun Nafisah, Rista Nur Eka Budiyani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran jarak jauh siswa tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta pada materi geometri. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian terdiri dari dari 24 siswa MTs Yakenutis. Dengan tahapan validitas untuk memperoleh keabsahan data yaitu dengan melakukan triangulasi waktu. Triangulasi waktu dilakukan dengan cara melakukan pengecekan dengan wawancara, observasi dalam kurun waktu tertentu. Penelitian ini dilakukan delapan kali pertemuan untuk pengambilan keabsahan data. Hasil penelitian diperoleh proses pembelajaran menggunakan android dengan bantuan aplikasi TalkBack. Ketika mempelajari materi geometri yang mengandung simbol-simbol, maka guru akan mengirimkan dalam bentuk voice note (VN). Sedangkan untuk gambar geometri, selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini siswa belum bisa memanfaatkan gambar taktual yang dapat memudahkan mereka dalam memahami materi geometri karena keterbatasan media taktual di MTs Yaketunis Yogyakarta.

 

ABSTRACT

This study aims to describe the distance learning process of visually impaired students in MTs Yaketunis Yogyakarta about geometry material. This type of research uses qualitative research with a case study approach. The subject consists of 24 students of MTs Yaketunis. The validity stage for obtaining data validity is by triangulating time. Time triangulation is done by examining interviews, observations within a certain period of time. This study was conducted eight times for data validity retrieval. The result is obtained learning process using android with the help of talkback application. When studying geometric material containing symbols, the teacher will send a voice note (VN). As for geometric images, during distance learning students have not been able to use tactile images that can facilitate them in understanding geometry materials due to the limitations of tactile media in MTs Yaketunis Yogyakarta.


Keywords


tunanetra; geometri; pembelajaran jarak jauh

References


Afidah, N., & Andajani, S. J. (2015). Pembelajaran Kooperatif Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Tunanetra Kelas V SLBA. Jurnal Pendidikan Khusus, 7(2), 1–8.

Almeida, F. (2017). European Journal of Education Studies STRENGTHS AND LIMITATIONS OF QUALITATIVE AND. 369–387. https://doi.org/10.5281/zenodo.887089

Braille Authority of North America (BANA). (2010). Guidelines and Standards for Tactile Graphics , 2010.

Díaz-Méndez, C., & Adams, J. (2020). The combined used of quantitative and qualitative longitudinal methods in the study of obesity. Gaceta Sanitaria, xx. https://doi.org/10.1016/j.gaceta.2020.05.008

Fadhilatullathifi, Z. N., Ardiyanto, B., Rahayu, D. D., Almukholani, T., Rinayah, I., & Rahmawati, F. (2020). Four-Tier Diagnostic Test Method to Identify Conceptual Understanding in Calculus. Journal of Physics: Conference Series, 1613(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1613/1/012075

Fitriani, C., AR, M., & Usman, N. (2017). KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI MTs MUHAMMADIYAH BANDA ACEH. Jurnal Administrasi Pendidikan : Program Pascasarjana Unsyiah, 5(2), 88–95.

Gantert, A. X. (2008). GEOMETRY Reviewers : Amsco School Publications, Inc.

Guzman, K. C., & Oktarina, N. (2018). STRATEGI KOMUNIKASI EKSTERNAL UNTUK MENUNJANG CITRA LEMBAGA. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 301–315.

Harimukthi, M. T., & Dewi, K. S. (2014). Eksplorasi Kesejahteraan Psikologis Individu Dewasa Awal Penyandang Tunanetra. Jurnal Psikologi Undip, 13(1), 64–77. https://doi.org/10.14710/jpu.13.1.64-77

Hodgetts, D. J., Emma, O., & Stolte, E. (2012). Case-based Research in Community and Social Psychology : Introduction to the Special Issue. 389(June), 379–389. https://doi.org/10.1002/casp

Insiyah, S., MARHAENI, M., & NATAJAYA, M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Atlas Taktual Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Ips Siswa Kelas Iv, V, Vi Semester Ii Slb a Negeri Denpasar Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Ganesha, 5(1), 207512.

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 17(1), 41–54. https://doi.org/10.20422/jpk.v17i1.5

Kirom, A. (2017). PERAN GURU DAN PESERTA DIDIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL. Al-Murabbi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(Peran Guru dan Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural), 69–80.

Masruro, E. A., & Winarti. (2012). PENGEMBANGAN MODUL IPA FISIKA SMP MATERI SUHU UNTUK SISWA TUNANETRA. Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika, 2(1), 462–471.

Munif, A., Susanto, H., & Susilo. (2016). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AUDIO BERBASIS INKUIRI BERBANTUAN ALAT PERAGA PADA MATERI GERAK UNTUK ANAK TUNANETRA KELAS VII SMP/Mts LB. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3), 1–11. https://doi.org/10.15294/upej.v5i3.13721

Pamungkas, M. D., Rahmawati, F., & Dinara, H. A. (2020). Integrating GeoGebra into Space Geometry in College. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 397(Icliqe 2019), 999–1006. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.123

Retnawati, H. (2015). HAMBATAN GURU MATEMATIKA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENERAPKAN KURIKULUM BARU. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(Hambatan Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama dalam Menerapkan Kurikulum Baru), 390–403.

Sugiyono. (2017). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta, cv.

Yuliani, P., & D.W.P., S. (2014). Pengaruh Fasilitas Belajar, Pengelolaan Kelas, Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Melalui Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Ma Al-Asror Kota Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(1), 24–30.

Zahroh, L. (2015). Pendekatan Dalam Pengelolaan Kelas. Tasyri’, 22, 175–189.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v8i3.8781

Article Metrics

Abstract view : 301 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 106 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats