Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas X IPA SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta

Sebastianus Wae, Tri Astuti Arigiyati, Annis Deshinta Ayuningtyas

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kesalahan konsep, persentase kesalahan prosedur, persentase kesalahan komputasi, dan jenis kesalahan mana yang paling banyak dilakukan siswa kelas X IPA SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika pokok bahasan perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Jenis penelitian ini termasuk deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan wawancara. Instrumen berupa 5 soal bentuk uraian. Dari 5 soal tersebut dinyatakan sangat valid dan sangat reliabel. Hai penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas X IPA SMA Taman Madya Ibu Pawiyatan Yogyakarta melakukan kesalahan konsep sebesar 44,8% dengan kategori cukup, melakukan kesalahan prosedur sebesar 71,5% dengan kategori tinggi, melakukan kesalahan komputasi 48,1% dengan kategori cukup, dan kesalahan yang  paling banyak dilakukan adalah kesalahan prosedur sebesar 71,5% dengan kategori tinggi. Guru membiasakan siswa untuk menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanya ketika menyelesaikan soal matematika.

 

ABSTRACT

This study aims to determine the percentage of concept errors, procedural errors, computational errors, and to find out the most common mistakes made by students in solving math problems in class X IPA of Taman Madya High School Ibu Pawiyatan Yogyakarta Academic Year 2019/2020.The object of this research is the students' mistake in solving math problems. This type of research is descriptive qualitative. Data collection techniques using the test interview techniques and techniques. Test instrument in the form of test description 5 question. Of the five questions stated valid and reliable. The results showed thatgrade X science students at Taman Madya High School Ibu Pawiyatan made a concept mistake on average by 44,8% with enough categories,the average procedural error was 71,5% with a high category, and the computational error rate was up to 48,1 ℅ with a sufficient category. The most common type of mistake students make in completing a math problem is a procedural error of 71.5 ℅. It is recommended to teachers to get their students used to writing the unknown and asked when solving math problems. Students must also be accustomed to solving problems in order to emerge creativity.


Keywords


Analisis; kesalahan; Matematika

References


Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145–167.

Amir, A. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma. https://doi.org/10.24952/logaritma.v2i01.211

Arifin, Z. (2011). Penelitian pendidikan metode dan paradigma baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fajri, M. (2017). Kemampuan berpikir matematis dalam konteks pembelajaran abad 21 di sekolah dasar. Lemma, 3(2), 232878.

Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto, S. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan tahapan newman beserta bentuk scaffolding yang diberikan. Kadikma, 8(1), 40–51.

Krisdiana, I., Apriandi, D., & Setiansyah, R. K. (2014). Analisis Kesulitan yang Dihadapi oleh Guru dan Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran MAtematika (Studi Kasus Eks-Karesidenan Madiun). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(1).

Kuncoro, K S, Junaedi, I., & Dwijanto, D. (2018). Analysis of problem solving on project based learning with resource based learning approach computer-aided program. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 12150. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012150

Kuncoro, Krida Singgih, Suyitno, A., & Sugiharti, E. (2014). Keefektifan Pembelajaran TPS Berbantuan Mouse Mischief Terhadap Hasil Belajar Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 205–211.

Muliawan, J. U. (2015). Model Pembelajaran Spektakuler. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Pratama, M. Y. (2018). Analisis kesulitan dan alternatif pemecahannya dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan logaritma di kelas x mas pab-1 Sampali tahun ajaran 2016/2017. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, F., Kuncoro, K. S., Nugraheni, P., Hernowo, H., & Setyawan, F. (2019). The problems of teaching fractional arithmetic operations for disabled student using Realistic Mathematics Education. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 12030. IOP Publishing.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana prenada media group.

Wijayanti, W., Zulaeha, I., & Rustono, R. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Kompetensi Memproduksi Teks Prosedur Kompleksyang Bermuatan Kesantunan Bagi Peserta Didik Kelas X SMA/MA. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2).

Yuliani. (2016). ANALISIS KESALAHAN MENGERJAKAN SOAL SISI TEGAK LIMAS SEGIEMPAT SISWA KELAS IX MTs NU SALAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014. UNION, 3(3), 311–322.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v8i3.8816

Article Metrics

Abstract view : 118 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats