Model Pembelajaran Group Investigation dengan Pendekatan 3N untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika

Nikodemus Daen, Istiqomah Istiqomah, Tri Astuti Arigiyati

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan model Group Investigation (GI) dengan pendekatan 3N (Niteni, Nirokke, Nambahin) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa Kelas X MM SMK Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian Tindakan kelas. Sampel penelitiannya siswa kelas X MM dengan jumlah 11 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar matematika, diperoleh dari pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran GI dengan pendekatan 3N. Hasil penelitian ini menunjukkan model pembelajaran GI dengan pendekatan 3N, motivasi dan hasil belajar matematika meningkat dari pra siklus ke siklus I dan siklus II. Rata-rata persentase indikator motivasi pra siklus 73,41, siklus I 74,57 dan pada siklus II 79,59. Rata-rata nilai pra siklus  69,27, siklus I  78,71, dan 84,66 pada siklus II. Pada pra siklus KKM siswa mencapai 45.45% pada siklus I 63,64%, dan 81,82% pada siklus II. Sehingga model GI dengan pendekatan 3N dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika.                 

           

ABSTRACT

The purpose of this study is to describe the Group Investigation (GI) model with the 3N approach (Niteni, Nirokke, Nambahin) which can improve motivation and mathematics learning outcomes of class X MM SMK Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. This research is a type of classroom action research. The research sample was students of class X MM with a total of 11 students. The objects in this study are the motivation and learning outcomes of mathematics, obtained from learning mathematics using the GI learning model with the 3N approach. The results of this study indicate that the GI learning model with the 3N approach, motivation and mathematics learning outcomes increased from pre-cycle to cycle I and cycle II. The average percentage of pre-cycle motivation indicators 73.41, 74.57 in first cycle and 79.59 in second cycle. The average pre-cycle value was 69.27, in the first cycle 78.71, and 84.66 in the second cycle. In the pre-cycle KKM students reached 45.45% in the first cycle 63.64%, and 81.82% in the second cycle. So that the GI model with the 3N approach can increase motivation and mathematics learning outcomes.


Keywords


Group Investigation (GI), 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi),Motivasi Belajar, Hasil Belajar

References


Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62

Amalia, I. F., Mashluhah, M. I., & Fernandez, M. F. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) Terhadap Keterampilan Menulis Puisi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran Dan Pendidikan Dasar 2017, 304–309.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. In Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta: Bumi Aksara.

Gusniwati, M. (2015). Pengaruh kecerdasan emosional dan minat belajar terhadap penguasaan konsep matematika siswa SMAN di Kecamatan Kebon jeruk. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).

Ikasari, D., & Dinta, Ra. D. (2018). Pengembangan YouTube Pembelajaran Abad 21 berbasis Niteni, Nirokake, Nambahi untuk Materi Turunan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Isjoni, H. (2009). Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Istiqomah, I., Kuncoro, K., Oktaviani, D., & Sujadi, A. (2019). Developing Number Theory Textbook to Improve Understanding of the Prospective Teachers’ Concept. (157). https://doi.org/10.4108/eai.19-10-2018.2282536

Istiqomah, I., Kuncoro, K. S., Oktaviani, D. N., & Sujadi, A. A. (2018).

Developing Number Theory Textbook to Improve Understanding of the Prospective Teachers’ Concept. Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things. European Alliance for Innovation (EAI).

Kuncoro, K. S., & Arigiyati, T. A. (2020). Development of 3N-Oriented TPACK Mathematical Computing E-Modules. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 122–130.

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29–36.

Maryani, M., & Rahayu, T. S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Group Investigation dengan Media Games Puzzle pada Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(1), 60–65.

Maryani, M., & Suparno, S. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Minat Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar Negeri Mangunsari 02 Salatiga. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(2), 272–284.

Pertomo, R. W., & Kusmanto, B. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Teams Accelerated Instruction Siswa Kelas VIII SMP N 2 Sedayu. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Rahayu, I., Purnami, A. S., & Agustito, D. (2018). Penerapan Konsep 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Rasyid, R., Asnawati, R., & Djalil, A. (2017). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Modified Jigsaw Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(7).

Rizki, Y. E., Hanurawati, N., & Gunowibowo, P. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 1(1).

Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suratno. (2014). Keefektifan Pembelajaran Tipe TPS dan JIGSAW Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika dan Karakter Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 9 – Nomor 1, Juni 2014, (70-78). https://doi.org/10.21831/pg.v9i1.9069

Wardani, D. N., Toenlioe, A. J. E., & Wedi, A. (2018). Daya tarik pembelajaran di era 21 dengan Blended Learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(1), 13–18.

Widyawati, A., Setyawan, D. N., & Kuncoro, K. S. (2019). Desain e-book petunjuk praktikum IPA berbasis tri N (niteni, nirokke, nambahi). COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 46–56.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v8i3.8817

Article Metrics

Abstract view : 130 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 47 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats