Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Instagram pada Pokok Bahasan Grafik Fungsi untuk Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8820Keywords:
Media, Instagram, Grafik FungsiAbstract
 ABSTRAK
Tujuan penelitian adalah untuk mengembangkan media pembelajaran menggunakan Instagram pada mata pelajaran matematika materi grafik fungsi untuk siswa SMA dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran yang dibuat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model penelitian dari ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 1 Minggir. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi ahli, angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil validasi ahli, media pembelajaran Instagram yang dibuat dinyatakan layak digunakan digunakan dan termasuk kategori sangat valid dengan rerata 4,23. Dari hasil respon siswa diperoleh bahwa media pembelajaran Instagram layak digunakan dalam pembelajaran dan termasuk dalam kategori valid dengan rerata 3,47. Penilaian hasil belajar siswa menunjukkan bahwa jumlah siswa yang memenuhi KKM adalah 34 siswa atau 94,44%. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Â
ABSTRACT
The research objectives are to develop learning media using Instagram on mathematics subject matter graphic functions for high school students and knowing the feasibility of learning media created. The type of research used is Research and Development (R&D) with a research model from ADDIE consisting of 5 stages, namely: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of this study were 36 students of class X MIPA 1 of SMA Negeri 1 Minggir. Data collection techniques using expert validation questionnaires, student response questionnaires, and learning achievement tests. The data analysis technique is descriptive qualitative. Based on the results of expert validation, Instagram learning media that were made were declared suitable for use and included in the category of very valid with a mean of 4.23. From the results of the students' responses, it was found that Instagram learning media was appropriate to be used in learning and included in the valid category with an average of 3.47. Assessment of student learning outcomes shows that the number of students who meet the KKM is 34 students or 94.44%. This shows that the learning media developed are effectively used in learning.
References
Afifah, N., & Hidayat, B. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA MATERI SEJARAH KERAJAAN ISLAM DI SUMATRA DAN AKULTURASINYA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 METRO. SWARNADWIPA, 2(3).
Aly, B. F. N., Sujadi, A. A., & Taufiq, I. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Seyegan. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 135–144.
Amir, A. (2014). Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma. https://doi.org/10.24952/logaritma.v2i01.211
Aristia, K., Nasryah, C. E., & Rahman, A. A. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Celengan Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV SD. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 16–25.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.
Fathonah, N., Juwita, R., & Jana, P. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesikan Soal Program Linear dengan Menerapkan Teori Polya Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Mercumatika, 2(117), 1–15.
Fitria, A. (2014). Penggunaan Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2).
Ginanjar, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanik. Universitas Sebelas Maret.
Harahap, M. A. M., & Nurlina Ariani Harahap, I. (2019). PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. JURNAL BERKALA MAHASISWA, 1(1), 9–11.
Istiqomah, I., Kuncoro, K. S., Oktaviani, D. N., & Sujadi, A. A. (2018). Developing Number Theory Textbook to Improve Understanding of the Prospective Teachers’ Concept. Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things. European Alliance for Innovation (EAI).
Kuncoro, K S, Junaedi, I., & Dwijanto, D. (2018). Analysis of problem solving on project based learning with resource based learning approach computer-aided program. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 12150. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012150
Kuncoro, Krida Singgih, & Arigiyati, T. A. (2020). Development of 3N-Oriented TPACK Mathematical Computing E-Modules. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(2), 122–130.
Kuncoro, Krida Singgih, Suyitno, A., & Sugiharti, E. (2014). Keefektifan Pembelajaran TPS Berbantuan Mouse Mischief Terhadap Hasil Belajar Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 205–211.
Lutfiyah, L., & Sulisawati, D. N. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Berbasis E-Learning. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 2(1), 58–65.
Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).
Nastiti, R. (2019). Pengembangan media pembelajaran komik fisika SMA berbasis instagram dengan aplikasi comic life pada pokok bahasan gerak lurus. SKRIPSI Jurusan Fisika-Fakultas MIPA UM.
Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan media audio visual dan alat peraga dalam meningkatkan pemahaman konsep dan pemecahan masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230.
Prajana, A. (2017). PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN DALAM LINGKUNGAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 122. https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.1980
Pramitasari, A. (2018). MODEL PEMBELAJARAN MENULIS WACANA PERSUASIF DENGAN MEDIA SITUS JEJARING SOSIAL INSTAGRAM PADA MAHASISWA UNIVERSITAS PEKALONGAN. Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia (PIBSI) 2018.
Rani, A. M., & Istiqomah, I. (2019). PROFIL KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI VEKTOR SISWA KELAS X. PROSIDING SENDIKA, 5(1).
Ridwan. (2020). Pengembangan Media Blog Berbantuan Quizstar Sebagai Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkn Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMK. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(1), 36–49.
Rosyid, N. (2018). PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI TERHADAP PRESTASI SISWA SMKN 8 PURWOREJO. SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF.
Siwi, F., & Puspaningtyas, N. D. (2020). PENERAPAN MEDIA PEMBEMBELAJARAN KOGNITIF DALAM MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS MENGGUNAKAN VIDEO DI ERA 4.0. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 7–10.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Susilo, S. V. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2).
Tekege, M. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran SMA YPPGI Nabire. Jurnal FATEKSA: Jurnal Teknologi Dan Rekayasa, 2(1).