Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Sosial Instagram pada Pokok Bahasan Limit dan Kontinuitas

Authors

  • Niyang Hendras Savina Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • I Nyoman Arcana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Annis Deshinta Ayuningtyas Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8835

Keywords:

Media Pembelajaran, Instagram, Limit dan Kontinuitas, Learning Media, Limit and Continuity

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis media sosial Instagram yang dapat digunakan dalam pembelajaran pada materi Limit dan Kontinuitas, dan mengetahui kelayakan media pembelajaran yang dibuat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang melalui 5 tahapan  yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ngemplak dengan subjek siswa kelas XII MIPA 2 berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validasi, angket respon  peserta didik dan tes hasil belajar. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah produk video pembelajaran Kalkulus yang disajikan melalui Instagram dengan nama ‘Matematika.Asik’. Hasil kelayakan menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dibuat ini layak digunakan. Selain itu, diperoleh hasil korelasi yang positif dan signifikan antara skor angket uji coba dengan skor tes hasil belajar.

 
 

ABSTRACT

This study aims to develop Instagram social media-based learning media that can be used in learning on Limit and Continuity, and to determine the feasibility of the learning media created. This research is a development research using the ADDIE model through 5 stages, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The research was conducted at SMA Negeri 1 Ngemplak with the subject of 31 students of class XII MIPA 2. Data collection techniques used validation questionnaires, student response questionnaires and learning outcomes tests. The data analysis technique is descriptive qualitative and quantitative. The result of this research is the product of the Calculus learning video that is presented on Instagram with the name 'Mathematics Asik'. The results of the feasibility show that the learning media made are suitable for use. In addition, the results obtained a positive and significant correlation between the test questionnaire scores and the learning outcome test scores.

 

Author Biographies

Niyang Hendras Savina, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Pendidikan Matematika

I Nyoman Arcana, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Pendidikan Matematika

Annis Deshinta Ayuningtyas, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Pendidikan Matematika

References

Darmawan, D. (2013). Teknlogi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dick, W., & Carey, L. (1996). The systematic design of instruction (4th ed.). New York: Harper Collins College Publishers.

Rahim, H. M. Y. (2011). Pemanfaatan Ict Sebagai Media Pembelajaran Dan Informasi Pada Uin Alauddin Makassar. Sulesana, 6(2), 127–135. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/sls/article/viewFile/1408/1365

Saifullah, A. (2016). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBANTUAN SITUS JEJARING SOSIAL INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN DESAIN MULTIMEDIA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 1(2), 70–75. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/viewFile/17868/16279

Setyosari, P. (2010). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta: Prenada Media Grup (Kencana).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, E., Apriandi, D., & Pamungkas, I. P. (2019). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Animasi Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 124–130. https://doi.org/10.24176/anargya.v2i2.4089

Published

2020-11-30

How to Cite

Savina, N. H., Arcana, I. N., & Ayuningtyas, A. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Sosial Instagram pada Pokok Bahasan Limit dan Kontinuitas. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(3), 369–376. https://doi.org/10.30738/union.v8i3.8835

Issue

Section

Artikel