Microteaching dalam Jaringan berbasis Lesson Study dan Keterampilan Penyusunan Authentic Assessment Matematika berorientasi HOTS

Authors

  • Erika Laras Astutiningtyas Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Andhika Ayu Wulandari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Isna Farahsanti Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Annisa Prima Exacta Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v9i1.9136

Keywords:

HOTS, Lesson Study, Authentic Assessment

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi Microteaching dalam jaringan berbasis Lesson Study dan mengetahui persentase peningkatan keterampilan penyusunan Authentic Assessment berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui Microteaching dalam jaringan dengan berbasis Lesson Study. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif eksploratif dengan pendekatan kualitatif. Platform yang digunakan pada perkuliahan Microteaching dalam jaringan adalah: Zoom, Moodle, YouTube, dan aplikasi WhatsApp. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi pelaksanaan Lesson Study dan lembar Penilaian Authentic Assessment berorientasi HOTS. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tahapan implementasi Microteaching dalam jaringan berbasis Lesson Study adalah sebagai berikut. (a) Tahap persiapan dengan pembentukan Tim, (b) Tahap Pelaksanaan, yang meliputi plan, do, dan see yang dilaksanakan secara daring (c) Tahap Eveluasi kegiatan. (2) Kenaikan rata-rata skor Authentic Assessment berorientasi HOTS dari Open Lesson I sampai dengan Open Lesson III adalah sebesar 25,49%. Kategori skor yang semula dalam tingkatan cukup naik menjadi baik.

Kata Kunci: HOTS, Lesson Study, Authentic Assessment.

 

  ABSTRACT

The objectives of this study were to describe the implementation of microteaching in an online Lesson Study and to find out the percentage of improvement in skills in making Authentic Assessment with Higher Order Thinking Skills (HOTS) oriented through online Microteaching based on Lesson Study. This type of research is a descriptive exploratory study with a qualitative approach. The platforms used for online Microteaching courses are: Zoom, Moodle, YouTube, and the WhatsApp application. The instruments used in this study were: (1) an observation sheet on the implementation of the Lesson Study; (2) HOTS-oriented Authentic Assessment Sheet. The results of this study are: (1) The stages of Microteaching implementation in an online Lesson Study are as follows. (a) Preparation stage with the formation of a Team, (b) Implementation Phase, which includes plans, do, and see carried out online (c) Evaluation stage of activities. (2) The increase in the mean score of HOTS-oriented Authentic Assessment from Open Lesson I to Open Lesson III is 25.49%. The score category, which was in passable level, became good.

Keywords: HOTS, Lesson Study, Authentic Assessment

Author Biography

Erika Laras Astutiningtyas, Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

Program Studi Pendidikan Matematika

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

References

Ahmad, S., Kenedi, A., K., dan Masniladevi. (2018). Instrumen HOTS Matematika bagi Mahasiswa PGSD. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran) Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Volume 2 Nomor 6 Halaman : 905 - 912

Anggara, R, dan Chotimah, U. (2012). Penerapan Lesson Study berbasis Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru PKn se-Kabupaten Ogan Ilir. Jurnal Forum Sosial. Volume V, Nomor 01, 188-197

Cahyadi, F., dan Purwandari, A. (2014). Penilaian Autentik Mata Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 Guru Kel as IV Kota Semarang. Malih Peddas: Majalah Ilmiah Pendidikam Dasar. Volume 4 No 2 Halaman 35-42. https://doi.org/10.26877/malihpeddas.v4i2.537

Dinni, H., N., (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma: Prosiding Seminar Matematika Universitas Negeri Semarang. Volume 1. Halaman 170-176. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597

Ermawati, S., dan Hamdi, S. (2018). Implementasi Penilaian Autentik: Model Perangkat pembelajaran dan penilaian Matematika dengan pendekatan CTL Berbasis Budaya Islam. Educatio. Volume 13 Nomor 2, halaman 110-121

Fahdini, R. dkk. (2014). Identifikasi Kompetensi Guru sebagai Cerminan Profesionalisme Tenaga Pendidik di Kabupaten Sumedang. Mimbar Sekolah Dasar. Volume 1 Nomor 1, halaman : 33-42. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v1i1.1362

Ferita, R.A. (2017). Pengembangan Perangkat Penilaian Autentik untuk Pembelajaran Matematika di Kelas VII Semester 1. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 3 Nomor 1 Halaman 1-9. https://doi.org/10.33654/math.v3i1.126

Kunandar. (2013). Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Press

Nurgiyantoro, B. (2008). Penilaian Otentik. Cakrawala Pendidikan. Th. XXVII, No. 3 Halaman 250-261

Permendikbud Nomor 66 tahun 2013 tentang Standar Penilaian

Rohaeti, E., E., & Hendriana, H. (2016). Penguasaan Guru Matematika Sekolah Menengah terhadap Pembelajaran Inovatif Berbasis Penelitian melalui Kegiatan Lesson Study. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 3 No. 3, halaman : 227-233. https://doi.org/10.17509/edusentris.v3i3.232

Rusman. (2010). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Raja Grafindo Persada

Suhaedi, D., Harahap, E. (2018). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Lesson Study: Sebuah Perspektif. Jurnal Matematika, Volume 1 Nomor 1 Halaman: 41-46. https://doi.org/10.29313/jmtm.v17i1.4564

Suryapuspitarini, B., K., Wardono, dan Kartono. (2018). Analisis Soal-Soal Matematika Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Kurikulum 2013 untuk Mendukung Kemampuan Literasi Siswa. Prisma : Prosiding Seminar Matematika Universitas Negeri Semarang, Volume 1. Halaman 872-884. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/20393

Sutama, Sandy, G.A., dan Fuadi, D. (2017). Pengelolaan Penilaian Autentik Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Matematika di SMA. Jurnal Manajemen Pendidikan. Vol. 12, No. 1, Halaman 105-114. https://doi.org/10.23917/jmp.v12i1.2967

Vitantri, C.A., dan Asriningsih, T.M. (2016). Efektivitas Lesson Study pada Peningkatan Kompetensi Calon Guru Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika Vol. I No.1, Halaman: 23-33. https://doi.org/10.26594/jmpm.v1i1.505

Tedjawati, J.M. (2011). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Lesson Study: Kasus Di Kabupaten Bantul. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Volume 17, Nomor 4, 480-489. https://dx.doi.org/10.24832/jpnk.v17i4.43

Published

2021-03-05

Issue

Section

Artikel