Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Problem Based Learning Materi Trigonometri Kelas X Tata Busana

Nur Hamidah

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Tata Busana 2 SMK Negeri 2 Temanggung Tahun 2019/2020 yang berjumlah 36 siswa terdiri dari 36 siswa perempuan dan 0 siswa laki-laki. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan instrumen non tes. Instrumen non tes terdiri dari lembar observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan teknik non tes. Analisis dan pengolahan data menggunakan teknik kuantitatif dan teknik kualitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua Siklus dengan masing-masing Siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Rata-rata nilai tes individual naik dari 61,53 pada Siklus 1 menjadi 88,15 pada Siklus 2. Ketuntasan belajar klasikal juga naik 66,7 % dari 33,3% menjadi 100%. Hasil penelitian telah mampu menjawab perumusan masalah, mencapai tujuan penelitian dan membuktikan hipotesis penelitian yaitu penggunaan Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar pada materi Trigonometri.

 

ABSTRACT

This research is a Classroom Action Research. The research subjects were students of class X Fashion Design 2 SMK Negeri 2 Temanggung in 2019/2020, totaling 36 students consisting of 36 female students and 0 male students. The instruments used in this study were test instruments and non-test instruments. The non-test instruments consist of observation sheets, field notes and documentation. The data collection technique was done by using test techniques and non-test techniques. Analysis and data processing using quantitative techniques and qualitative techniques. The research was carried out in two cycles with each cycle consisting of four stages, namely planning, action, observation and reflection. The average individual test score increased from 61.53 in cycle 1 to 88.15 in cycle 2. Completeness of classical learning also increased by 66.7% from 33.3% to 100%. The research results have been able to answer the problem formulation, achieve research objectives and prove the research hypothesis, namely the use of Problem Based Learning can improve learning outcomes on Trigonometry material.


Keywords


hasil belajar; problem based learning; trigonometri

References


Agustina, L. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 4 Sipirok kelas VII melalui pendekatan matematika realistik (PMR). EKSAKTA: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran MIPA, 1(1). http://dx.doi.org/10.31604/eksakta.v1i1.%25p

Aini, T. N., & Rejeki, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Problem Solving (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Batik Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anni, C. T., & Rifa’i, A. (2015). Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES.

Barrows, H. S., & Kelson, A. C. (1995). Problem-based learning in secondary education and the problem-based learning institute. Springfield, IL: Problem-Based Learning Institute, 1(1), 1–5.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives. Vol. 1: Cognitive domain. New York: McKay, 20, 24.

Dewi, Y., & Radia, E. H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantu Media Gambar Guna Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 3(2), 147–152. http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i2.17271

Gagne. (1985). The Condition of Learning (4th Ed). New York: Holt, Rinehart & Winston.

Kemdikbud. (2013). Materi Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013 SMA Matematika. Jakarta: BPSDMPK-PMP Kemdikbud.

Kuncoro, K. S., Suyitno, A., & Sugiharti, E. (2014). Keefektifan Pembelajaran TPS Berbantuan Mouse Mischief Terhadap Hasil Belajar Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 205–211. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.4551

Maufur, H. F. (2020). Sejuta jurus mengajar Mengasyikkan. Semarang: Alprin.

Nasution, M. K. (2018). Penggunaan metode pembelajaran dalam peningkatan hasil belajar siswa. Studia Didaktika, 11(01), 9–16.

Noviantii, E., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 65–73. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.12

Rohman, A. A., & Karimah, S. (2018). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya motivasi belajar siswa kelas XI. J. At-Taqaddum, 10(1), 95–108. https://doi.org/10.21580/at.v10i1.2651

Sari, T. L., & Koeswanti, H. D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Education Action Research, 3(2), 153–159. http://dx.doi.org/10.23887/jear.v3i2.17272

Saugi, W. (2018). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Berbasis Achievement Grouping (CLAG). EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran.

Sidi, R. R., & Yunianta, T. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VII pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Strategi Joyful Learning. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1).

Sodik, M., Sahal, Y. F. D., & Herlina, N. H. (2019). Pengaruh Kinerja Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 97–112. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.359

Sudjana, N. (2014). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sujono, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 17(1), 1–21. https://doi.org/10.37216/tadib.v17i1.198

Supardi, S., & Suharsimi, A. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bermain terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Hutapadang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1).

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. In Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v9i1.9364

Article Metrics

Abstract view : 59 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats