Analisis Kelancaran Prosedural Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Program Linear

Authors

  • Deni Pratidiana Universitas Mathla'ul Anwar
  • Nunung Muhayatun Universitas Mathla'ul Anwar

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v9i2.9369

Keywords:

analisis, kelancaran prosedural matematis, pembelajaran matematika.

Abstract

ABSTRAK

Matematika merupakan pelajaran yang sangat berperan penting dalam aspek kehidupan, oleh karena itu pelajaran matematika diberikan kepada peserta didik di setiap jenjang pendidikan agar mereka mampu menguasai kecakapan matematis. Salah satu di antara kemampuan yang sangat penting dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan kelancaran prosedural. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelancaran prosedural siswa dalam menyelesaikan soal program linear di kelas XI SMA Bidayatul Hidayah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian diperoleh siswa yang memiliki kemampuan prosedural matematis yang tinggi ialah sebanyak satu orang siswa karena memenuhi ketiga indikator yang digunakan dalam penelitian ini, sedangkan sebanyak dua orang siswa hanya memenuhi indikator kedua dari kemampuan kelancaran prosedural matematis siswa, selain itu dua siswa lainnya memiliki kemampuan kelancaran prosedural matematis yang rendah karena tidak memenuhi semua indikator yang digunakan dalam penelitian.

 

ABSTRACT

Mathematics is a subject that plays an important role in aspects of life, therefore mathematics lessons are given to students at every level of education so that they are able to master mathematical skills. One of the most important abilities in learning mathematics is the ability to fluency in procedures. This study aims to analyze students' procedural fluency in solving linear program questions in class XI SMA Bidayatul Hidayah. This research uses a qualitative approach that is descriptive. The research instrument used was in the form of test sheets and interview guidelines. The results showed that students who have high mathematical procedural skills are as many as one student because they meet the three indicators used in this study, while as many as two students only meet the second indicator of students' mathematical procedural fluency skills, besides that the other two students have fluency skills. low mathematical procedural because it does not meet all the indicators used in study.

Author Biographies

Deni Pratidiana, Universitas Mathla'ul Anwar

Pendidikan Matematika

Nunung Muhayatun, Universitas Mathla'ul Anwar

Pendidikan Matematika

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Renika cipta.

Acharya, B. R. “Factors Affecting Difficulties in Learning Mathematics by Mathematics Learnersâ€, International Journal of Elementary Education, 6 (2), pp. 8-15, 2017. (doi: 10.11648/j.ijeedu.20170602.11)

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori dan riset Matematika, 2(1),39-46.

Bahr, D. dan Garcia, Lisa. (2010). Elementary Mathematics is Anything but Elementary: Content and Methods from a Development Perspective. USA: Wadsworth Cengage Learning.

Damayanti, E., Sugiatno, S., & Sayu, S. Kelancaran Prosedural Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9).

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif.Jakarta: Bumi Askara, 143.

Hasibuan, E.K. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar di SMP Negeri 12 Bandungâ€, AXIOM, 7(1), pp. 18-30, 2018. (Avaiable at: http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/download/1766/1405)

Komariyah, S., Afifah, D. S. N., Resbiantoro, G. (2018). Analisis Pemahaman Konsep dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa. Jurnal Sosiohumaniora, 4(1), 1-8.

Kilpatrick, J. Swafford, J. Findell, B. and L. S. Committee, The National Academies Press, vol. 12, no. 20. 2013.

Larasati, F. A. (2017). Analisis Kelancaran Prosedural Siswa Sekolah Menengah Pertama pada Materi Operasi Aljabar. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 1(10), 995-1006.

Lestari, K.E. dan Yudhanegara, M.R (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Organization For Economic Cooperation and Development, PISA 2015 Results in Focus, PISA, Russia: OECD Publishing, 2018. (Avaiable at: https://www.oecd.org/pisa/pisa-2015-results-in-focus.pdf)

Organization For Economic Cooperation and Development, PISA 2018 Assessment and Analytical Framework, PISA, Paris: OECD Publishing, 2019. (doi: https://doi.org/10.1787/b25efab8-en)

Sari, N., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2018). Kelancaran Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat di Kelas X SMKN 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 7 No, 2, 1-9.

Satori, D. A. (2007). Metode Penelitian Kualitatif (mata kuliah Analisis Penelitian Kualitatif). Bandung: Sekolah Pascasarjana UPI.

Sigit, J., C. Utami & N. C. Prihatiningtyas, “Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa pada Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X SMK Negeri 3 Singkawangâ€, Variabel, 1(2), pp. 60-65, 2018. (Avaiable at: https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/jvar/article/download/811/pdf)

Sugiono, (2010), Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Vilianti, Y. C., F. W. Pratama, and H.L. Mampouw, “Description of The Ability of Social Arithedical Stories by Study Problems by Students VIII SMP Reviewed from the Polya Stageâ€, International Journal of Active Learning, 3 (1), pp. 23-32, 2018. (Avaiable at: http://journal.unnes.ac.id.nju.index.php/ijal)

Yusmin, E. (2017). Kesulitan Belajar Siswapada Pelajaran Matematika (Rangkuman dengan Pendekatan Meta-Ethnography). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 9(1).

Published

2021-07-30

Issue

Section

Artikel