Eksplorasi Media dalam Pembelajaran Matematika Daring di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Hanin Nur Laili Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Safarinda Tri Handayani Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Sumbaji Putranto Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v9i2.9405

Keywords:

Dalam Jaringan, Matematika, Media Pembelajaran

Abstract

ABSTRAK


Media pembelajaran yang dipilih oleh guru setingkat Sekolah Dasar dalam pembelajaran daring adalah media yang mudah diakses oleh siswa. Beberapa guru setingkat Sekolah Dasar menggunakan media WhatsApp dalam pembelajaran daring. Namun ternyata terdapat beberapa siswa yang kesulitan mengakses WhatsApp. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan media pembelajaran yang dipilih oleh guru dalam kegiatan belajar matematika siswa kelas II MI Tahfidz El Muna Q secara daring (dalam jaringan). Desain penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah guru pengampu mata pelajaran matematika kelas II MI Tahfidz El Muna Q. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dipilih oleh guru selama daring saat proses kegiatan belajar mengajar matematika yaitu menggunakan aplikasi WhatsApp dengan fitur video, voice note, dan video call.

 

ABSTRACT

The learning media was selected by elementary school teachers in online learning was one that students access easily. Some elementary school teachers used WhatsApp in online learning. But it turns out there were some students who were having trouble accessing WhatssApp. The purpose of this study was to describe the learning media was chosen by teacher in online learning mathematics activities of 2nd grade students MI Tahfidz El Muna Q. The design of this study was a qualitative. The study population was a mathematics teacher of 2nd grade at MI Tahfidz El Muna Q. The data collection technique was carried out through observation and interviews. The result showed that the learning media was chosen by the teacher were using the application WhatsApp, with the features video, voice note, and video call.

References

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Asmawadi, A. (2021). FUN LEARNING MELALUI MEDIA WHATSAPP PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH UNTUK KELAS 1 SEKOLAH DASAR. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar (JIPD), 1(1), 1–10.

Ernita. (2020). Tantangan Guru Matematika di Masa Pandemi Covid-19. Retrieved from http://www.acehtrend.com

Etika, E. D., Patmaningrum, A., Yekti, S. M. P., ‘Aini, A. Z., & Perdana, R. D. P. (2020). Meta-analysis: Google classroom on mathematics learning in Indonesia as an alternative online media during the COVID-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1663, 012045. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012045

Gazali, R. Y. (2016). PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG BERMAKNA. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 10.

Husna, K. (2020). PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 3 LANGSA DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Pedagogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 7(2, Oktober), 144-155–155.

Kencanawaty, G., Febriyanti, C., & Irawan, A. (2020). Tantangan dan Strategi Pembelajaran Matematika di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Dampak dari Covid-19. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 0(0). Retrieved from http://proceeding.unindra.ac.id/index.php/DPNPMunindra/article/view/4740

Kusuma, J. W., & Hamidah, H. (2020). PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PENGGUNAAN PLATFORM WHATSAPP GROUP DAN WEBINAR ZOOM DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMIK COVID 19. JIPMat, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942

Mardiati. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19; Efektifkah? – Warta Pendidikan. Retrieved January 17, 2021, from https://warta-pendidikan.com/2020/09/26/pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19-efektifkah/

Murtafiah, W., Suwarno, S., & Lestari, N. D. S. (2020). Exploring the types of a material presentation by teachers in mathematics learning during the COVID-19 pandemic. Journal of Physics: Conference Series, 1663, 012043. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1663/1/012043

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online selama Pansemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Matematika. 2(1). Retrieved from http://core.ac.uk/download/pdf/327171961.pdf

Prajana, A. (2017). PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN DALAM LINGKUNGAN UIN AR-RANIRY BANDA ACEH. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 122–133. https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.1980

Pratama, H., Azman, M. N. A., Kassymova, G. K., & Duisenbayeva, S. S. (2020). The Trend in Using Online Meeting Applications for Learning During the Period of Pandemic COVID-19: A Literature Review. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 1(2), 58–68. https://doi.org/10.46843/jiecr.v1i2.15

Sahidilah. (2019). Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Siswa. Retrieved from http://journals.ums.ac.id/index.php/varidika/article/view/8904

Supriyono, S. (2019). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48.

Susilo, A., Rumende, C. M., Pitoyo, C. W., Santoso, W. D., Yulianti, M., Herikurniawan, H., … Yunihastuti, E. (2020). Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal Penyakit Dalam Indonesia, 7(1), 45–67. https://doi.org/10.7454/jpdi.v7i1.415

Susilowati, E. (2020). Bagaimana Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid 19 melalui Grup WhatsApp? Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(3), 1–25. https://doi.org/10.33449/jpmr.v5i3.12896

Susiyanti, E., & Nugraheni, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Daring Dengan Bantuan Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Institut Agama Hindu Negeri Tampung Penyang Palangka Raya, (1), 77–92. https://doi.org/10.33363/sn.v0i0.39

Wandini, R. R. (2019). Pembelajaran Matematika untuk Calon Guru MI/SD (1st ed.; O. K. Banurea, Ed.). Medan: CV. Widya Puspita. Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id

Wargadinata, W., Maimunah, I., Dewi, E., & Rofiq, Z. (2020). Student’s Responses on Learning in the Early COVID-19 Pandemic. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 5(1), 141–153. https://doi.org/10.24042/tadris.v5i1.6153

Widyangsih, O. (2020). PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE (DALAM JARINGAN) DI SEKOLAH DASAR. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(02), 50–60. https://doi.org/10.30742/tpd.v2i2.1106

Wiryanto, W. (2020a). PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132

Wiryanto, W. (2020b). PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6(2), 125–132. https://doi.org/10.26740/jrpd.v6n2.p125-132

Zakky. (2018, March 24). Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Retrieved January 16, 2021, from ZonaReferensi.com website: https://www.zonareferensi.com/pengertian-media-pembelajaran/

Published

2021-07-30

Issue

Section

Artikel