Analisis Komitmen Pada Tugas dalam Pembelajaran Matematika Siswa SMP

Authors

  • Agustina Sulistia Ningsih UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
  • Adi Ihsan Imami Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v9i2.9455

Keywords:

analisis, komitmen pada tugas, pembelajaran matematika

Abstract

ABSTRAK

Komitmen pada tugas penting dimiliki siswa sebagai bentuk tanggungjawab pada dirinya untuk dapat menyelesaikan semua tugas meski mengalami kesulitan. Adanya komitmen pada tugas akan menjadi pengalaman belajar secara mandiri untuk mengukur sejauh mana siswa memahami materi yang telah dipelajari.  Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komitmen pada tugas dalam pembelajaran matematika. Subjek penelitian ini yaitu 20 siswa kelas VIII-3 di SMP Negeri 1 Rancabungur. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berdasarkan indikator komitmen pada tugas sebanyak 32 butir pernyataan. Hasil penelitian menunjukkan persentase secara keseluruhan sebesar 42%  artinya hampir setengahnya siswa memiliki komitmen pada tugas. Persentase yang diperoleh masih berada pada titik yang rendah (), sehingga diperlukan adanya upaya untuk meningkatkan komitmen pada tugas agar siswa dapat menciptakan rasa suka belajar dan berlatih untuk mencapai prestasi belajar yang baik.

 

ABSTRACT

Students have commitment to important tasks as a form of responsibility for themselves to be able to complete all assigments despite difficulties. The existence of a commitment to the task will be an independent learning experience to measure the extent to which students understand the material that has been learned. This study aims to describe commitment to tasks in learning mathematics. The subjects of this study were 20 students of class VIII-3 at SMP Negeri 1 Rancabungur. This type of research is qualitative with descriptive methods. The data collection technique used a questionnaire based on the commitment indicator on the task as many as 32 items. The results showed that the overall percentage was 42%, meaning that almost half of the students were committed to the task. The percentage obtained is still at a low point ()so that efforts are needed to increase commitment to the task so that students can create a sense of learning and practice to achieve good learning achievement.

Author Biographies

Agustina Sulistia Ningsih, UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG

Program Studi Pendidikan Matematika

Adi Ihsan Imami, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Pendidikan Matematika

References

Akbar, R., & Hawadi. (2010). Menguatkan Bakat Anak. Grasindo.

Amalini, A. (2016). The Role of Self-Confidence in Moderating The Effect of Emotional Intellegence on Accountants’ Career Development: An Indonesia Evidence. International Journal of Economic Perspective, 10(1), 161–170.

Andriyani, C. (2016). Upaya Meningkatkan Kesadaran Siswa Dalam Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik Pada Siswa Kelas Xii Ips 2 Tahun Pelajaran 2015/2016. Universitas Muria Kudud.

Anggraini, V. (2020). The Task Commitment on Student. Jurnal of Counseling, Education and Society, 1(1), 13–16. https://doi.org/https://doi.org/10.2921/08jces45200

Chaplin. (2011). Kamus Lengkap Psikologi. Raja Grafindo Persada.

Damayanti, A., Suradika, A., & Asmas, B. (2020). Strategi Mengurangi Kejenuhan Anak Dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) melalui Aplikasi ICANDO pada Siswa Kelas I SDN Pondok Pinang 08 Pagi. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–10.

Djaali, H. (2012). Psikologi Pendidikan. PT Bumi Aksara.

Fishman, E. (2014). With great control comes great responsibility: The relationship between perceived academic control, stundent responsibility, and self-regulation. British Journal Of Education Psychology, 84(4), 685–702. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/bjep.12057

Hakim, D. L. (2014). Efforts To Improve Student Learning Ourcomes By Using Cooperatif Learning Type Of Student Teams Achievement Division (STAD). Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences 2014, May, 18–20.

Hamdani. (2011). Strategi Pembelajaran. CV Pustaka Setia.

Hazarida, R., Deswita, H., & Richardo, R. (2015). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rambah Hilir. 53(9).

Intani, C. P., & Ifdil, I. (2018). Hubungan kontrol diri dengan prestasi belajar siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 65. https://doi.org/10.29210/120182191

Klassen, S., & Klassen, C. F. (2014). The role of interest in learning science through stories. Interchange. 45(3–4), 133–151. https://doi.org/10.1007/s10780-014-9224-4

Komariyah, S., Septi, D., Afifah, N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis pemahaman konsep dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari minat belajar siswa. Jurnal Sosiohumaniora, 4(1), 1–8.

Kusyairy. (2014). Hubungan antara Kecemasan dan Kesulitan Belajar Fisika dengan Hasil belajar Fisika siswa SMA Negeri 1 Duapitue Kabupaten Sidrap. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 168.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.

Mendari, A. S., & Kewal, S. S. (2015). Motivasi Belajar Pada Mahasiswa. Jurnal Akuntansi Indonesia, 13(2), 1–13. https://doi.org/10.21831/jpai.v13i2.10304

Mufidah, D. (2016). Pengaruh Kecerdasan Intelegensi Dan Task Commitment Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII MAN 1 Jember.

Mukholil. (2018). KECEMASAN DALAM PROSES BELAJAR. Jurnal Eskponens, 8(1–8).

Nurmalasari, Y., Yustiana, Y. R., & Ilfiandra, I. (2016). Efektifitas Restrukturisasi Kognitif dalam Menangani Stres Akademik Siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 75–89. http://dx.doi.org/10.30870/jpbk.v1i1.1897

Partini, S. (2010). Pengantar Pendidikan Usia Dini. Grafindo Litera Media.

Permatasari, D. (2019). Peningkatan Task Commitment Pada Pembelajaran Matematika Dengan Model Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT) Siswa Kelas X TL4 SMK Negeri 3 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. I(2), 1–10.

Permendikbud No. 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah/ Madrasah Tsanawiyah. (2014). Kemendikbud.

Putra, R. A., Kamil, M., & Pramudia, J. R. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 23–36.

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Protes Pendidikan. Prenada Media Grup.

Sari, F. M., & Harini, E. (2015). Hubungan Persepsi Siswa terhadap Mata Pelajaran Matematika Minat Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.30738/.v3i1.280

Silviani, T. R., Jailani, J., Lusyana, E., & Rukmana, A. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Inquiry Based Learning Setting Group Investigation. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 150–161.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. PT. Rineka Cipta.

Solina, W., Erlamsyah, & Syahniar. (2013). Hubungan Antara Perlakuan Orangtua dengan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling, 1(2), 289–294. https://doi.org/10.24036/02013211247-0-00

Suardiman, S. (2011). Pendidikan Usia Lanjut. Gadjah Mada University Press.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sukada, I. K., Sadia, W., & Yudana, M. (2013). Kontribusi Minat Belajar, Motivasi Berprestasi dan Kecerdasan Logis Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Kintamani. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4.

Suriasmini, N. N. (2019). Upaya Maksimal Dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Komitmen Siswa Mengikuti Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII-4 Di SMP Negeri 6 Denpasar Semester I Tahun Pelajaran 2017/2018. 20(2), 46–58. https://doi.org/10.5281/zenodo.3516471

Taneo, A. R., Taneo, P. N. L., & Daniel, F. (2019). Analisis Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Kalkulus Integral Berbasis Maple. Jurnal Publikasi Pendidikan, 9(1), 12–18.

Vandini, I. (2015). Peran Kepercayaan Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Formatif, 5(3), 210–219. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646

Wiyani, A. N. (2013). Manajemen Kelas. Ar-Ruzz Media.

Published

2021-07-30

Issue

Section

Artikel