Analisis Kemampuan HOTS Siswa pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Gaya Belajar David Kolb

Authors

  • Gunawan Gunawan Universitas Tidar
  • Aprilia Nurul Chasanah Pendidikan Matematika, Universitas Tidar
  • Zuida Ratih Hendrastuti Pendidikan Matematika, Universitas Tidar
  • Wahyu Prihatiningrum Madrasah Aliyah Negeri 2 Magelang

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v9i2.9473

Keywords:

gaya belajar, kemampuan berpikir HOTS, trigonometri

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kemampuan HOTS siswa pada materi trigonometri berdasarkan gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIPA 2 di MAN 2 Magelang sebanyak 34 siswa. Instrumen yang digunakan berupa instrumen tes. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemampuan HOTS siswa gaya belajar divergen, subjek mampu dalam indikator menganalisis dan mengevaluasi tetapi subjek belum mampu dalam indikator mencipta. Kemampuan HOTS siswa gaya belajar asimilasi, subjek mampu pada indikator mengevaluasi tetapi belum mampu pada indikator menganalisis dan  mencipta. Kemampuan HOTS siswa gaya belajar konvergen, subjek mampu pada indikator menganalisis dan mengevaluasi tetapi belum mampu pada indikator menganalisis. Kemampuan HOTS siswa gaya belajar akomodasi, subjek mampu dalam indikator menganalisis dan mengevaluasi tetapi belum mampu pada indikator mencipta.

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to analyze students' HOTS abilities on trigonometric material based on learning styles. This research is a qualitative descriptive study. The research subjects were 34 students of class XI MIPA 2 in MAN 2 Magelang. The instrument used was a test instrument. Data analysis was performed through data reduction, data presentation, and concluding. HOTS ability of students in learning styles is divergent, the subject can analyze and evaluate indicators but the subject has not been able to create indicators. HOTS ability of students learning style assimilation, the subject can evaluate indicators but not yet able to analyze and create indicators. HOTS ability of students in convergent learning styles, the subject can analyze and evaluate indicators but not yet able to analyze indicators. HOTS ability of students in the learning style of accommodation, the subject can analyze and evaluate indicators but not yet able to create indicators.

References

Bhagat, K. K., & Chang, C.-Y. (2015). Incorporating GeoGebra into Geometry learning-A lesson from India Kaushal. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 11(1), 77-86. https://doi.org/10.12973/eurasia.2015.1307a

Bire, A. L., Geradus, U., & Bire, J. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168-174. https://doi.org/10.21831/jk.v44i2.5307

Chasanah, A. N., Wicaksono, A. B., Nurtsaniyah, S., & Utami, R. A. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa pada Mata Kuliah Statistika Inferensial Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica, 10(2), 45-56. https://doi.org/10.22437/edumatica.v10i2.10621

Docktor, J. L., Mestre, J. P., & Ross, B. H. (2012). Impact of a Short Intervention on Novices’ Categorization Criteria. Physics Education Research, 8(1), 1-11.

Hakima, N. I. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Tipe Kolb pada Materi Bilangan Bulat. DELTA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 1-10. http://dx.doi.org/10.31941/delta.v8i1.886

Heong, Y. M., Othman, W. B., Yunos, J. B. M., Kiong, T. T., Hassan, R. B., & Mohamad, M. B. (2011). The Level of Marzano Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121-125.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Pers.

Istiyono, E., Mardapi, D., & Suparno. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PysTHOTS) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(1), 1-12. https://doi.org/10.21831/pep.v18i1.2120

Jailani, Sugiman, Retnawati , H., Bukhori, Apino, E., Djidu, H., & Arifin, Z. (2018). Desain Pembelajaran Matematika untuk Melatihkan Higher Order Thingking Skill. Yogyakarta: UNY PRESS.

Kariadinata, R. (2018). Trigonometri Dasar. Bandung: Pustaka Setia.

Krathwohl, D. R., & Anderson, L. W. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, Andassessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. New York: Longman.

Kurniati, D., Harimukti, R., & Jamil, N. A. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142-155. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.8058

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif, 5(1), 14-25. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i1.166

OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy. German: OECD Publishing.

Oktonawiati, W., Taufik, A., & Nurhayati, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Gaya Belajar D. Kolb pada Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2018 FKIP-UNIKU, 410-421.

Pratama, L. D., & Lestari, W. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Performance Task. Prosiding Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 415-420.

Riau, B. E., & Junaedi, I. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa Kelas VII Berdasarkan Gaya Belajar pada Pembelajaran PBL. Unnes Journal of Mathematics Education Research (UJMER), 5(2), 166-178.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Prosiding Seminar Nasional Matematika X Universitas Negeri Semarang, 605-612.

Suryono, & Hariyanto. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zhe, L. (2012). Survey of Primary Students’ Mathematical Representation Status and Study on the Teaching Model of Mathematical Representation. Journal of Mathematics Education, 5(1), 63-76.

Published

2021-07-30

Issue

Section

Artikel