Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Himpunan

Authors

  • Siti Laelatul Fitriyah Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Haerudin Haerudin Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v9i2.9524

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Teori Polya, Himpunan

Abstract

ABSTRAK

Kemampuan pemecahan masalah matematis adalah kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki oleh siswa dalam proses penyelesaian masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi himpunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Lebaksiu tahun pelajaran 2020/2021 sebanyak 30 orang yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 2 butir soal uraian mengenai kemampuan pemecahan masalah pada materi himpunan dengan indikator pemecahan masalah matematis berdasarkan teori Polya.

 

ABSTRACT

Solving Mathematical issue is a crucial skill that students must acquire to solve mathematical problems. This study aimed to describe students' skills on solving mathematical issues on mathematic set. This study employed a descriptive qualitative design. The subjects of this study were 30 first-grade students of 1 Lebaksiu Junior High School during the 2020/2021 academic year who were selected using the purposive sampling technique. This research employed tests, interviews, and documentation to colled data. The instrument aimed to discover 2  item description questions regarding the problem-solving ability of the set material with indicators of mathematical problem solving based on Polya's theory, namely: 1) understanding the problem 2) planning the solution 3) solving the problem according to the plan 4) checking the procedure and the results of the solution. To analyze the data, data reduction, data presentation, and conclusion drawing was employed.

Author Biographies

Siti Laelatul Fitriyah, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Pendidikan Matematika

Haerudin Haerudin, Universitas Singaperbangsa Karawang

Program Studi Pendidikan Matematika

References

Andayani, F., & Lathifah, A. N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.78

Azrunnisa, F. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teamns achievment divisions (stad) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada kelas VII MTS Swasta TPI Rambung Sialang pada materi himpunan berhingga, tak berhingga, kosong dan semesta tahun ajaran 2016/2017. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Azwar, S. (2010). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2016). Metode Penelitian. Cetakan XI.

Herman, T. (2003). TIMSS dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Matematika di Indonesia. Jurnal Mimbar Pendidikan UPI, 2(12), 12–18.

Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V Sd. Satya Widya, 30(1), 17. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p17-27

Kuncoro, K. S., Junaedi, I., & Dwijanto, D. (2018). Analysis of problem solving on project based learning with resource based learning approach computer-aided program. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 12150. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012150

Marlina, R., Nurjahidah, S., Sugandi, A. I., & Setiawan, W. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs PADA MATERI PERBANDINGAN DAN SKALA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 113. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p113-122

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif; Cetakan ke 14. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murni, A. (2013). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Metakognitif Berbasis Soft Skills. Universitas Pendidikan Indonesia.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematic. NCTM.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Saparwadi, L., & Anita, Y. (2018). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Akselerasi dengan Siswa Regular. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(3), 349. https://doi.org/10.30738/union.v6i3.3087

Suandito, B. (2017). Bukti Informal Dalam Pembelajaran Matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.

Sulistyowati, F., Kuncoro, K. S., Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2019). Solving high order thinking problem with a different way in trigonometry. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 12001. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012001

Umrana, Cahyono, E., & Sudia, M. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika, 4(1), 67–76.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Vendiagrys, L., & Junaedi, I. (2015). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika soal setipe timss berdasarkan gaya kognitif siswa pada pembelajaran model problem based learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 4(1).

Widodo, S. A., Pangesti, A. D., Istiqomah, I., Kuncoro, K. S., & Arigiyati, T. A. (2020). Thinking Process of Concrete Student in Solving Two-Dimensional Problems. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 117–128. https://doi.org/10.22342/jpm.14.2.9460.117-128

Wulandari, N., Zubaidah, & Ijuddin, R. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(7), 1–10.

Published

2021-07-30

Issue

Section

Artikel