Eksplorasi Etnomatematika Pada Batik Kayu Krebet Bantul

Authors

  • Ahmad Abdullah Universitas Alma Ata
  • Amin Rahmawati Prodi Pendidikan Matematika Universitas Alma Ata

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v9i2.9531

Keywords:

ethnomatematics, wooden batik, geometry

Abstract

ABSTRAK

Batik merupakan warisan budaya dunia yang dimiliki oleh Indonesia. Di dusun Krebet, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Batik dilukis pada kayu atau dikenal dengan Batik Kayu. Batik Kayu ini menghiasai peralatan rumah tangga. Keberadaan batik kayu Krebet ini belum termanfaatkan secara maksimal dalam pembelajaran sains khususnya matematika. Padahal banyak sekali konsep-konsep matematika yang terkandung di dalamnya. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi konsep-konsep matematika pada Batik kayu khususnya materi geometri. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian eksploratif dengan pendekatan etnografi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu human instrumen, di mana peneliti berhubungan langsung dengan penelitian serta berperan sebagai pengumpul data melalui  observasi, pengumpulan data pustaka, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis domain dan taksonomi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa batik kayu Krebet mengandung konsep-konsep geometri yang meliputi konsep garis dan sudut, segi empat dan segitiga, lingkaran, bangun ruang sisi datar dan sisi lengkung, kesebangunan dan kekongruenan, dan transformasi geometri.

 

ABSTRACT

Batik is a world cultural heritage owned by Indonesia. In Krebet village, Sendangsari, Pajangan, Bantul, Batik is painted on wood or known as wooden batik. This wooden batik decorates household appliances. Wooden batik of Krebet has not been maximally utilized in learning science, especially mathematics. Even though there are many mathematical concepts contained in it. This study aims to explore mathematical concepts in wooden batik, especially geometric materials. In this study, researchers used exploratory research with an ethnographic approach. The instrument in this research is the human instrument, where the researcher is directly related to the research and acts as a data collector through observation, library data collection, documentation, and interviews. Data analysis techniques are carried out by domain and taxonomic analysis. The results showed that wooden batik of Krebet contains geometric concepts including the concepts of lines and angles, rectangles and triangles, circles, solid geometry, congruence, and geometric transformation

Author Biography

Ahmad Abdullah, Universitas Alma Ata

Pendidikan Matematika

References

Abdullah, A. A. (2016). Peran Guru Dalam Mentransformasi Pembelajaran Matematika Berbasis Budaya. Prosiding Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, November, 640–652.

Abdullah, A. A. (2020). Etnomatematika; Eksplorasi Transformasi Geometri Pada Ragam Hias Cagar Budaya Khas Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 8(2), 131. https://doi.org/10.25139/smj.v8i2.3107

Abdullah, A. A., Shanti, W. N., & Sholihah, D. A. (2019). Critical Thinking Ability Development Students Through Experiential Learning In The Calculus Class. IOP-J Series, 0.

Bakhrodin, Istiqomah, U., & Abdullah, A. A. (2019). Identifikasi Etnomatematika Pada Masjid Mataram Kotagede Yogyakarta. Soulmath;Jurnal Ilmiah Edukasi Matematika, 7(2), 113–124.

Christanti, A. D. I., Sari, F. Y., & Pramita, E. (2020). Etnomatematika pada Batik Kawung Yogyakarta dalam Trasformasi Geometri. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 435–444.

Hidayati, N., Rahmawati, A. Y., Khomah, I., & Abdullah, A. A. (2020). Identifikasi Etnomatsains p ada Tradisi Gunungan di Kraton Yogyakarta. 4(3), 52–59.

Iskandar dan Eny Kustiyah. (2017). Batik Sebagai Identitas Kultural Bangsa Indonesia Di Era Globalisasi. GEMA, XXX(52), 2456–2472.

Kurniawati, D. Y. (1990). Kerajinan batik kayu krebet. Gelar, Jurnal Seni Budaya, 12, 80–92.

Ledi, F., Kusmanto, B., & Agustito, D. (2020). Identifikasi Etnomatematika pada Motif Kain Tenun Sumba Barat. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 87. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.5338

Lubis, A. N. M. T., & Yanti, D. (2018). Identifikasi etnomatematika batik besurek bengkulu sebagai media dan alat peraga penyampaian konsep kekongruenan dan kesebangunan. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 16(3), 267–275.

Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Etnomatematika: Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Budaya Dan Matematika. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 35. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i1.2212

Richardo, R. (2017). Peran Ethnomatematika Dalam Penerapan Pembelajaran Matematika Pada Kurikulum 2013. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 7(2), 118. https://doi.org/10.21927/literasi.2016.7(2).118-125

Richardo, R., Martyanti, A., & Suhartini. (2019). Developing ethnomathematical tasks in the context of yogyakarta to measure critical thinking ability. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012063

Sukaya, Y., & Eskak, E. (2018). Penambahan Nilai Guna Pada Kreasi Baru Produk Boneka Batik Kayu Krebet Bantul. Dinamika Kerajinan Dan Batik, 35(1), 15–24.

Wulandari, & Sujadi, A. A. (2016). Meningkatan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Contextual Teaching Learning Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Kalibawang Kulon Progo. Union:Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 17–24.

Zayyadi, M. (2017). Eksplorasi etnomatematika pada batik madura. ⅀igma, 2(2), 35–40.

Published

2021-07-30

Issue

Section

Artikel