LOYALITAS PELANGGAN BERBASIS PEMASARAN DI SMPN 3 SATU ATAP KARANGSAMBUNG KEBUMEN
DOI:
https://doi.org/10.26460/mmud.v1i1.1223Abstract
Abstract
This study aims to know the influence of promotion and facilities learned againsts the student’ satisfaction and consumers loyality in Junior high school 3 Satu Atap Karangsambung.
The instruments use SPSS 17.0. and smart PLS 3.0. The subjects of this study is 53 student. The results of research show that Promotion and facility influence positively but not significant against the satisfaction. Promotion and facility influence positively but not significant to consumers loyality. The more influence of loyality are mediation that showed with the value coefficient as 0,243 or 24,3%. The result of total effect is promotion influence directly againts loyality as 0.286, the extent of influence of variables loyality is mediation with coefficient determination R Square 0,007 and the results of total effect as 0,279, while the variable learned facility influence indirectly toward loyality as 0,356, by mediation of consumer satisfaction as 0,008 and the result of total effect as 0,364.
Â
Keyword: Promotion,Facilities,Loyality Consumer SatisfactionReferences
Alma, Buchari. (2005). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan kelima. CV Alfabeta : Bandung.
Arikunto, Suharsimi. (2001). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.
.................................. (2002). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta : Rineka Cipta.
Aprillia Nia Fardani. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Dyriana Bakery&Cafe Pandanaran Semarang. Universitas Diponegoro.
Arphan Lim. (2010). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Kartu Prabayar XL. Universitas Pasundan Bandung.
Asri, Marwan. (2003). Marketing. Jakarta : Erlangga.
Bafadal, ibrahim. (2004). Manajemen Perlengkapan Sekolah: Teori dan Aplikasinya. Jakarta :PT. Bumi Aksara.
Djamarah, Zein.(2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.
Endang Tjahjaningsih. (2013). Upaya Peningkatan Kinerja Organisasi Melalui Inovasi Transformasi Budaya Prososial. Program Studi Manajemen Universitas Stikubank Jl Kendeng V Bendan Ngisor Semarang. Memograp.
Giantera, Dwi Raflian. (2013). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Peralatan Kantor pada Siswa kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Cokroaminoto 1Banjanegara. Universitas Negeri Semarang.
Gitosudarmono, Indriyo.(2000). Manajemen Pemasaran. Edisi II. BPFE. Yogyakarta.
Griffin, Jill. (2005). Alih Bahasa: Dwi Kartini Yahya dan Kawan-kawan. Customer Loyality : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Jakarta : Erlangga.
....................... (2009).Customer Loyality : How To Learn It, How To Keep It. Jakarta : Erlangga.
Hasan, Ali.(2013). Marketing dan Kasus - kasus Pilihan. Yogyakarta.
Iis Ambasari, Iis (2013). Pengaruh Kelengkapan Fasilitas Belajar dan Kemandirian Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun ajaran 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ika Puspitaningsih, (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Kepuasan Peserta di Lembaga Pendidikan Kursus dan Pelatihan Istibank Surakarta Tahun 2014. Universitas Sebelas Maret.
Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2011.
Kotler, Phillip. (2001). Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta : PT. Prehallindo.
............................... (2002) Marketing Management, Millenium Edition North Western University New Jersey, Prentice Hall Inc.
.............................. (2003). Manajemen Pemasaran. Edisi Kesebelas. Jakarta : Indeks Kelompok Gramedia.
............................... (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip dan Gery Armstrong. (2001). Prinsip- prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kedelapan. Jakarta : Erlangga.
............................................................ (2001). Prinsip- prinsip Pemasaran, Jilid 2, Edisi Kedelapan. Jakarta : Erlangga.
.......................................................... (2008). Prinsip – prinsip Pemasaran 2. Edisi Keduabelas. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi Ketigabelas. Jakarta : Erlangga.
Lisnawai. (2015). Analisis Faktor Marketing Mix (7P) Yang Mempengaruhi Mahasiswa Universitas Sahid Surakarta Berdasarkan Analisa Deskriminan. Universitas Sebelas Maret.
Lupiyoadi, Rambat dan Hamdan A. (2006). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat. (2001). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : Salemba Empat.
Moore, Frazier. (2005). Humas Membangun Citra dengan Komunikasi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Muhroji , dkk.(2004). Manajemen Pendidikan. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Muhammad Masri Triady. (2012). Analisis Pengaruh Strategi Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjulan Pada Produk Jasa (Studi Produk TAMPAN Pada PT. Bank Sulawesi Barat Cabang Utama). Universitas Hasanuddin Makasar.
Muhammad Rafi Ikhsan. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Promosi Penjualan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indra Celluler Kudus. Universitas Diponegoro.
Oliver, R. (2010). Whence Customer Loyality. Journal Marketing.
Rangkuti, Freddy. (2002). Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Gramedia Utama.
Reza Ryandi Aditya. (2011). Analisis Pengaruh Kesadaran Merek, Keragaman Menu, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Konsumen Untuk Membeli Pizza Hut DP Mall Semarang. Universitas Diponegoro.
Rini Susilawati. (2014). Faktor Kualitas Jasa Terhadap Loyalitas dengan Mediasi Kepuasan Pada Mahasiswa STINUS Yogyakarta. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Sugiyono, (2012). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&B. Bandung : Alfabeta.
Sutisna, (2003). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung : PT. Rosdakarya.
Swasta, Basu . (2000). Pengantar Bisnis Modern, Pengantar Ekonomi Perusahaan Modern. Jakarta : Liberty.
.......................... (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua. Cetakan Kedelapan. Jakarta : Penerbit Liberty.
Syarif Muhammad Irshad. (2013). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil belajar Siswa (Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Temanggung Kompetensi Dasar Menggunakan Peralatan Kantor). Universitas Negeri Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini setuju dengan persyaratan berikut:
- Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak jurnal publikasi pertama kepada Upajiwa Dewantara dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain membagikan karya tersebut dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat memasukkan pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi terbitan jurnal tersebut (misalnya, kirimkan ke repositori institusional atau publikasikan dalam sebuah buku), dengan pengakuan publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diijinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Di gudang institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyampaian, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan karya yang diterbitkan sebelumnya dan yang lebih lama.