EFEK PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP KEPUASAN DAN WOM DESTINASI WISATA CANDI BOROBUDUR

Authors

  • Gendro Wiyono Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.26460/mmud.v3i1.4523

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh partisipasi masyarakat terhadap kepuasan pengunjung candi borobudur serta dampaknya terhadap word of mouth (WOM). Sampel yang diambil sebanyak 100 responden, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan syarat responden sudah pernah berkunjung sebelumnya ke candi Borobudur. Analisis data menerapkan pemodelan dengan bantuan software SmartPLS 3.2.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat berpengaruh positip dan signifikan baik terhadap kepuasan wisatawan maupun terhadap WOM. Selain itu kepuasan wisatawan juga berpengaruh positip dan signifikan terhadap WOM. 


Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Kepuasan Wisatawan, Word Of Mouth

References

Aflit, N. P. (2009). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Komunikasi Word Of Mouth Terhadap Minat Guna Jasa Ulang ( Studi Kasus pada PT Nasmoco di Semarang). Program Studi Magister Manajemen Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Ahmad, P., & Mohamad, B. B. (2011). Tourist Satisfaction and Repeat Visitation ; Toward a New Comprehensive Model. International Journal of Economics and Management Engineering, 5(2), 239–246.

Andreas, K., & Retno, M. (2017). Analisis Potensi Wisata dan Kesadaran Wisata terhadap Kepuasan Wisatawan Domestik ( Studi pada Pantai Pehpulo di Desa Sumbersih , Kecamatan. Oenelitian Manajemen Terapan, 1(1), 36–49.

Anita, A. (2017). Servqual Model terhadap kepuasan pelanggan. Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis Dan Inovasi, 1(1), 1–13.

Axelia, D. A. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Obyek Wisata Air Terjun Guruh Gemurai Desa Kasang Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. JOM Fisip, 3(1), 1–14.

Chili, N. S., & Nduduzo, A. N. (2017). Challenges to active community involvement in tourism development at Didima Resort – a case study of Umhlwazini community in Bergville. African Journal of Hospitality, Tourism and Leisure, 6(2), 1–15. Retrieved from http//:www.ajhtl.com

Dyah, K., & Abdul, S. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Keunggulan Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Komunikasi Words Of Mouth (Studi Pada PD BPR BKK Demak Cabang Sayung, Kab. Demak). Jurnal Administrasi Bisnis, 5(1), 46–55.

Eshliki, S. A., & Kaboudi, M. (2012). Community Perception of Tourism Impacts and Their Participation in Tourism Planning : A Case Study of Ramsar , Iran. Procedia Social and Behavioral Science, 36(June 2011), 333–341. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.03.037

Fan, S., Chen, Y., Su, X., & Cheng, Q. (2018). A Study of Effects of Ecotourism Environment Image and Word of Mouth on Tourism Intention. Foundation Environmental Protection & Research-FEPR, 27(106), 599–604.

Firrza, R., & Tety, E. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Word Of Mouth, Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Niat Pembelian Kembali Pada Bukalapak.Com. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 20(2), 113–120.

Forum Pariwisata. (2016, June). forumpariwisata Sadar Wisata dan Sapta Pesona. WordPress.

Fungkiya, S., & Endriana, P. (2018). Pengaruh Electronic Word Of Mouth ( E-wom ) Terhadap Minat Berkunjung Dan Keputusan Berkunjung ( Studi Pada Wisata Coban Rais BKPH Pujon ). Jurnal Administrasi Bisnis, 54(1), 189–196.

Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariate Data Analysis (Seventh). New York: Pearson Education Limited.

Hosiana, A. H., Suharyono, & Srikandi, K. (2013). Faktor-Faktor Yang Membentuk Komunikasi Word Of Mouth Dan Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 6(1).

Ionuţ, C. C. (2018). Community Participation in Tourism Destination Development: A Literature Review. In Strategies and Development Policies of Territories: International, Country, Region, City, Location Challenges (pp. 219–228). Romania: Stefan cel Mare University of Suceava, Romania.

Kotler, P., & Keller, K. . (2016). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (3rd ed.). Jakarta: Salemba Empat.

Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10.Tahun 2009, Tentang Kepariwisataan (2009). Indonesia.

Ni Luh, G. R., & I Gst. Agung, O. M. (2015). Partisipasi masyarakat lokal dalam pariwisata (studi kasus di desa wisata Belimbing, Tabanan, Bali). Destinasi Pariwisata, 3(1), 45–51.

Niken, P. (2016). Menggunakan Metode Serqual Di Bagian Penerimaan Mahasiawa Baru Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya. Jurnal Manajemen Magister, 02(01), 83–94.

Nofriya. (2016). Peran Serta Masyarakat Dalam Mewujudkan Pariwisata Hijau Di Sumatera Barat. In Seminar Nasional Sains dan Teknologi Lingkungan II Padang, 19 Oktober 2016 (pp. 60–64). Padang.

Nunkoo, R., & Ramkissoon, H. (2011). Residents’ Satisfaction With Community Attributes And Support For Tourism. Journal of Hospitality & Tourism Research, 35(2), 171–190. https://doi.org/10.1177/1096348010384600

Rukhiana, L. N., & Mashariono. (2017). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Word Of Mouth. Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(7), 3–19.

Septiofera, E., Hamid, D., & Prasetya, A. (2016). Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol., 33(2), 18–24.

Septiofera, E. P., Djamhur, H., & Arik, P. (2016). Analisis Partisipasi Masyarakat Dalam Pengembangan Desa Wisata (Studi Pada Desa Pujonkidul Kecamatan Pujon Kabupaten Malang). Jurnal Adminsitrasi Bisnis (JAB), 33(2), 18–24. Retrieved from administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id

Suprapti, N. W. . (2010). Perilaku Konsumen: Pemahaman Dasar dan Aplikasinya Dalam Strategi Pemasaran. Bali: Udayana University Press.

Suratman, D. R., & Widiyanto, I. (2016). Pengaruh Diskualitas Pelayanan Terhadap Negative Word Of Mouth ( WOM ) Dengan Ketidakpuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Puskesmas Ngesrep Di Kota Semarang ), 12(Juni), 44–56. Retrieved from http://ejournal.undip .ac.id/index.php/smo

Theresia, A., Krisna, A., Prima, N., & Totok, M. (2014). Pembangunan Berbasis Masyarakat (Pertama). Bandung: Alfabeta.

Widjaja, Y. R. (2018). Pengaruh Brand Destination Dan Produk Wisata Terhadap Niat Berkunjung Kembali Melalui Word Of Mouth ( Studi Pada Obyek Wisata Pantai Karangtawulan Kabupaten Tasikmalaya). JIM UPB, 6(2), 113–119.

Wiyono, G. (2011). Merancang Penelitian Bisnis dengan alat analisis SPSS 17.0 & SmartPLS 2.0 (Pertama). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Published

2019-06-28

How to Cite

Wiyono, G. (2019). EFEK PARTISIPASI MASYARAKAT TERHADAP KEPUASAN DAN WOM DESTINASI WISATA CANDI BOROBUDUR. Upajiwa Dewantara : Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen Daulat Rakyat, 3(1), 54–66. https://doi.org/10.26460/mmud.v3i1.4523