PENGARUH SHARING ECONOMY TERHADAP PARTISIPASI KOLABORATIF YANG DIMEDIASI OLEH SIKAP BERKONSUMSI (Studi pada Pengguna Grab di Yogyakarta)

Authors

  • muji yono UGM

DOI:

https://doi.org/10.26460/mmud.v5i1.7756

Abstract

Penelitian ini berkonsentrasi pada pengkajian dan analisa pengaruh motivasi untuk berbagi terhadap sikap berkonsumsi dan partisipasi kolaborati pengguna Grab Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan dengan metode survei dan mengamatan langsung terhadap pengguna platform transportasi online Grab Yogyakarta dengan metode sampel non probability sampling dan teknik incidental purposive sampling sebanyak 100 orang. Adapun hasil yang diperoleh adalah variabel motivasi ekstrinsik untuk berbagi mempunyai pengaruh signifikan terhadap sikap berkonsumsi pengguna Grab di Yogyakarta; variabel motivasi intrinsik untuk berbagi mempunyai pengaruh signifikan terhadap sikap berkonsumsi pengguna Grab di Yogyakarta; variabel sikap berkonsumsi mempunyai pengaruh signifikan terhadap partisipasi kolaboratif pengguna Grab di Yogyakarta; Motivasi ekstrinsik berpengaruh terhadap partisipasi kolaboratif pengguna Grab di Yogyakarta tidak melalui sikap berkonsumsi dan motivasi intrinsik berpengaruh terhadap partisipasi kolaboratif pengguna Grab di Yogyakarta tidak melalui Sikap Berkonsumsi.

Kata kunci: sharing economy, partisipasi kolaboratif, sikap berkonsumsi

Author Biography

muji yono, UGM

Saya adalah mahasiswa S2 MM Sarjanawiyata Tamansiswa

References

Andreotti, Alberta, Bicocca Guido Anselmi, & Christian Pieter Hoffmann. (2018). Participation in the Sharing Economy. Report from the EU H2020 Research Project Ps2Share: Participation, Privacy, and Power in the Sharing Economy.

Barnes, Stuart J., & Jan Mattsson (2017). Understanding Collaborative Consumption: Test of a Theoretical Model. Technological Forecasting and Social Change, in press.

Blanchard, P.N., & J.W. Thacker. (2012). Effective Training: Systems, Strategies, and Practices. New Jersey: Pearson Education.

Bleeke, Joel & David Ernst. (2013). Collaborating to Compete; Using Strategic Alliances and Acquisitions in the Global Marketplace. Vol.1(1):5. https://www.amazon.com/Collaborating-Compete-Strategic-Acquisitions-Marketplace/dp/0471053821

Davis, Ralph C. (2011). The Fundamentals of Top Management. New York: Harper & Brother.

Gajda, Rebbeca. (2011). Utilizing Collaboration Theory to Evaluate Strategic Alliances. America Journal of Evaluation. Vol.25(11):65-67. https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/109821400402500105

Hamari, Juho, Mimmi Sjöklint, & Antti Ukkonen. (2015). The Sharing Economy: Why People Participate in Collaborative Consumption. Journal of the Association For Information Science and Technology. Vol.67(9):2047-2059. https://research.cbs.dk/en/publications/the-sharing-economy-why-people-participate-in-collaborative-consu

Kasali, Renald. (2018). Sharing Economy, Berbagi Aset dan Keuntungan. Artikel. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20160329152224-185-120288/sharing-economy-berbagi-aset-dan-keuntungan.

Lai, Emily R. (2011). Motivation: a Literature Review. International Journal of Management. Vol.11(1):324-331. https://images.pearsonassessments.com/images/tmrs/Motivation_Review_final.pdf

Nisa, Z., Khoirun. (2017). Strategi Persaingan Usaha Jasa Transportasi Online Ditijau dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1999 Rentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat dan Hukum Bisnis Islam di Surabaya. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/681.

Peter, Paul & Jerry C. Olson (2012). Consumer Behavior & Marketing Strategy, Ninth Edition. New York: McGraw Hill.

Samuelson, Paul A dan Nordhaus, William D. (2014) Ilmi Makro Ekonomi.Jakarta PT. Media Edukasi

Sari, Eka Purnama & Talia Yuedrika. (2018). Analisis Pengaruh Transportasi Online terhadap Kesempatan Kerja dan Kesejahteraan di Kota Medan. j-EBIS. Vol.2(2):100-113. file:///C:/Users/user/Downloads/1021-Article%20Text-3207-2-10-20191112.pdf

Schiel, Fanny. (2015). The Phenomenon of the Sharing Economy in Germany Consumer Motivations for Participating in Collaborative Consumption Schemes. Innovation Management and Entrepreneurship. Technische Universität Berlin.

Schiffman & Kanuk. (2011). Perilaku Konsumen. Jakarta: Indeks

Sobur, Alex. (2011). Psikologi Umum. Bandung: UPI University Pers

Suryosubroto. (2012). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Published

2021-06-24

How to Cite

yono, muji. (2021). PENGARUH SHARING ECONOMY TERHADAP PARTISIPASI KOLABORATIF YANG DIMEDIASI OLEH SIKAP BERKONSUMSI (Studi pada Pengguna Grab di Yogyakarta). Upajiwa Dewantara : Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen Daulat Rakyat, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.26460/mmud.v5i1.7756