Prototipe Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berbentuk Elektronik Berbasis Tri N pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat dan Pecahan
Keywords:
Validitas E-LKPD, Tri N, Bilangan Bulat dan PecahanAbstract
This study aims to (1) design an electronic mathematical student worksheet based on Tri N on the subject of integers and fractions; (2) knowing the level of validity of the electronic mathematics student worksheets based on the Tri N. The stages of this research use Define, Design, and Develop, which are part of the 4D stage of RND. The data collection technique used at the define stage is documentation and journal analysis, while at the develop stage is a validation sheet filled out by validators (math teachers and mathematics education lecturers). The data analysis technique carried out at the define and design stages is descriptive qualitative, while at the develop stage is a quantitative descriptive analysis using Aiken validity. The results showed that the design process obtained a mathematics learning tool in the form of Mathematics E-LKPD which was suitable for use. This can be seen from the results of the V-Aiken calculation obtained in the range of 0.691 to 0.988.
References
Aiken, L, R. (1985). Three coefficients for analyzing the realibility and validity of rating. Educational and psychological measurement, 45(1), 131-142.
Damayanti, S., & Rochmiyati, S. (2019). Telaah Penerapan Tri-N (niteni, nirokke, nambahi) pada buku bahasa Indonesia kelas IX SMP. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 388-397.
Fitria, R., & Suparman, S. (2019). Telaah kebutuhan e-lkpd penunjang model pembelajaran pbl untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Prosiding Sendika, 5(1).
Ghulamudin, M. G., & Habibi, B. (2020). Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Metode Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 14(2), 11-17.
Giri, M. K. W. (2013, December). Kemampuan Komunikasi Efektif Dunia Pendidikan Kedokteran Dengan Pendekatan Scientific Sebagai Bahan Refleksi Implementasi Kurikulum 2013. In Prosiding Seminar Nasional MIPA.
Hamidah, N., Haryani, S., & Wardani, S. (2018). Efektivitas lembar kerja peserta didik berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2).
Hadiana, M. R., Widodo, S. A., & Setiana, D. S. (2020). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan masalah segiempat ditinjau dari perkembangan kognitif. Journal of Honai Math, 3(1), 1-12.
Irfan, M., Kusumaningrum, B., Yulia, Y., & Widodo, S. A. (2020). Challenges during the pandemic: use of e-learning in mathematics learning in higher education. Infinity Journal, 9(2), 147-158.
Istiqomah, N., Arigiyati, T. A., Wijayanti, A., & Widodo, S. A. (2021). Validitas E–LKPD Matematika Berbasis Tri N Pada Pokok Bahasan Bentuk Aljabar.
Krisdiana, I., Masfingatin, T., Murtafiah, W., & Widodo, S. A. (2019, November). Worksheet-Based Learning Research to Improve Creative Thinking Skills. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1254, No. 1, p. 012054). IOP Publishing.
Marbun, J., & Sinaga, S. J. (2021). Pemanfaatan aplikasi google classroom dalam meningkatkan efektivitas belajar mahasiswa berbasis daring di masa pandemik covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3299-3305.
Maghfiroh, A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Scientific Investigation Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Pada Materi Fluida Dinamis.
Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi nilai-nilai karakter matematika melalui pembelajaran kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333-344.
Milman, N. B (2015). Distance Education. In Ineternational Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.10116/B978-0-08-097086-8.92001-4
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-learning,online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001
Pramesti, A. A., & Sukardiono, (2017) “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pictorial Riddle Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di SMA Kelas X Pada Pokok Bahasan Usaha dan Energi”, Jurnal Pendidikan Fisika, Vol.6. No.4. hlm.2.
Rahayu, I., Purnami, A. S., & Agustito, D. (2018). Penerapan Konsep 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa.
Rahmayanti, I., & Maryati, I. (2021). Kesalahan Siswa SMP pada Soal Pemecahan Masalah Berdasarkan Tahapan Teori Newman. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 61-70.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3621-3630.
Retnawati, H. (2016). Validitas Reliabilitas dan Karakteristik Butir. Yogyakarta: Parama Publishing.
Sadewa, M. A. (2022). Meninjau Kurikulum Prototipe Melalui Pendekatan Integrasi-Interkoneksi Prof M Amin Abdullah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(1), 266-280.
Sari, Y. P. (2019). Pengembangan LKPD Elektronik dengan 3D Pageflip Profesional Berbasis Literasi Sains pada Materi Gelombang Bunyi. Lampung:UIN.
Sinulingga, A., & Nugraha, T. (2013). Penerapan pendekatan ilmiah pada pelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dan dampaknya pada siswa SMA Negeri 15 Medan. Jurnal Pedagogik Olahraga, 3(2), 72-98.
Sujatmika, S., Irfan, M., Ernawati, T., Wijayanti, A., Widodo, S. A., Amalia, A. F., ... & Rahim, R. (2019). Designing E-Worksheet Based On Problem-Based Learning To Improve Critical Thinking. ICSTI 2018, October 19-20, Yogyakarta, Indonesia, 1-8.
Supardi, N., & Rinaldi, A. (2018). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kegiatan Transaksi Kewirausahaan Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 49-55.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syamsu, F. D. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berorientasi pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1).
Thiagarajan, S. Semmel, D.S. Semmel, M.I. 1974. Instruksional Development for teacher of exceptional Children. Blomington: Indiana University.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia tahun 2018 turun dibanding tahun 2015.
Undang-undang RI No 20, Tahun 2003:4 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Verawati, A., Agustito, D., Pusporini, W., Utami, W. B., & Widodo, S. A. (2022). Designing Android learning media to improve problem-solving skills of ratio. Advances in Mobile Learning Educational Research, 2(1), 216-224.
Widodo, H. (2016). Potret pendidikan di Indonesia dan kesiapannya dalam menghadapi masyarakat ekonomi Asia (MEA). Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 13(2), 293-308.
Widodo, S. A. (2020). Pengembangan Mathematical Comic Untuk Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Konfirmasi Norma Sosiomatematika (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Widodo, S. A., Ibrahim, I., Hidayat, W., Maarif, S., & Sulistyowati, F. (2021). Development of mathematical problem solving tests on geometry for junior high school students. Jurnal Elemen, 7(1), 221-231.
Wijayanti, N., Arigiyati, T. A., Aulia, F., & Widodo, S. A. (2021). Development of E-Worksheet on Linear Equations and Inequalities Topics Based on Tri-N. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 245-260.
Wijayanto, Z. (2019). Implementation of 3N (Niteni, Nirokke, Nambahi) in Stimulating Critical Thinking Ability. Proceeding: Intercultural Collaboration Indonesia –Malaysia" Implementation of Tamansiswa Philosophy", 146-157..
Zhang, D.,Zhao, J. L.,&Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. https://doi.org/10.1145/986213.986216
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Maharani Maharani Wahyu Saputri, Tri Astuti Arigiyati, Sri Adi Widodo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Silahkan Temukan Hak dan Lisensi di Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan. Dengan mengirimkan artikel penulis menerima kebijakan
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh lisensi Atribusi-Berbagi Serupa Internasional seperti yang saat ini ditampilkan pada Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).Â
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Semangat Wacana Akademika adalah untuk menyebarluaskan artikel yang diterbitkan secara bebas. Di bawah lisensi Creative Commons, Wacana Akademika mengizinkan pengguna untuk berbagi (menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun); dan adaptasi (menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial). Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan Wacana Akademika untuk mendistribusikan karya dalam jurnal.
4. Hak Penulis
Penulis memegang semua hak mereka untuk karya yang diterbitkan, seperti (tetapi tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
- Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten,
- Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan mereka sendiri, termasuk kuliah dan buku,
- Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri,
- Hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut,
- Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya Mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini.
5. Co-Authorship
Jika artikel tersebut disusun bersama oleh penulis lain, setiap penulis yang menyerahkan naskah tersebut menjamin bahwa ia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan / nya rekan penulis dari ketentuan kebijakan ini. Wacana Akademika tidak akan bertanggung jawab atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Wacana Akadmeika hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang sesuai..
6. Royalti
Perjanjian ini memberikan hak kepada penulis untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan secara hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel sehubungan dengan penggunaan artikel oleh Wacana Akademika.
7. Lain Lain
Wacana Akademika akan menerbitkan artikel pada jurnal jika proses editorial artikel berhasil diselesaikan. Editor Wacana Akademika dapat memodifikasi artikel dengan gaya tanda baca, ejaan, huruf besar, referensi, dan penggunaan yang dianggap tepat. Penulis mengakui bahwa artikel tersebut dapat dipublikasikan sehingga akan dapat diakses oleh publik dan akses tersebut akan gratis bagi pembaca sebagaimana disebutkan dalam poin 3.