Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Bintan Timur

Authors

  • Yayuk Sri Mulyani Rahayu SMK Negeri 1 Bintan Timur, Indonesia

Keywords:

Pengaruh, kecerdasan emosional, Kinerja guru

Abstract

The aims of this study were (1) to determine the extent of emotional intelligence at SMK Negeri 1 Bintan Timur, (2) to determine the performance of teachers at SMK Negeri 1 Bintan Timur, and (3) to determine the effect of emotional intelligence on teacher performance at SMK Negeri 1 Bintan. East. This research has a quantitative approach, using regression data analysis techniques. The research location is SMK Negeri 1 Bintan Timur, with a sample size of 47 people. Data was collected using techniques and instruments in the form of questionnaires and tests. The results of the analysis show that the emotional intelligence of teachers at SMK Negeri 1 Bintan Timur is good, the performance of teachers at SMK Negeri 1 Bintan Timur is said to be good, there is an influence between emotional intelligence and teacher performance at SMK Negeri 1 Bintan Timur.

References

Al-Jawi, M. S. (2006). Pendidikan di Indonesia: Masalah dan Solusinya. In Makalah dalam Seminar Nasional Potret Pendidikan Indonesia: Antara Konsep Realiti dan Solusi, diselenggarakan oleh Forum Ukhwah dan Studi Islam (FUSI) Universitas Negeri Malang (Vol. 7).

Amiruddin, A. (2021). Potensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. AL-URWATUL WUTSQA: Kajian Pendidikan Islam, 1(1).

Arifin, A. R. K., & Fardana, N. A. (2014). Peran Pendidik PAUD dalam Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Melalui Metode Pembelajaran Sentra dan Lingkaran. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 3(3), 188-198.

Devita, M., & Musadad, M. (2017). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Karyawan Di Resturant Alpha Hotel Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).

Disas, E. P. (2017). Analisis kebijakan pendidikan mengenai pengembangan dan peningkatan profesi guru. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(2).

Faedlulloh, D., Maarif, S., Meutia, I. F., & Yulianti, D. (2020). Birokrasi dan Revolusi Industri 4.0: Mencegah Smart ASN menjadi Mitos dalam Agenda Reformasi Birokrasi Indonesia. Jurnal Borneo Administrator, 16(3), 313-336.

Fitriyah, A. (2018). Shadow teacher: agen profesional pembelajaran Bagi siswa dengan disabilitas di SMP Lazuar di Kamila-GIS Surakarta. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 15(2).

Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: Indeed a silver bullet. Journal of Marketing theory and Practice, 19(2), 139-152.

Hendarman, P. Z. N., & Pambudi, A. R. Mewujudkan Sinkronisasi Kebijakan Pendidikan Pusat dan Daerah Berorientasi Quality Spending Menggunakan Neraca Pendidikan Daerah. SURAT PERNYATAAN, 95.

Maelani, R., Mustapa, H., & Saifullah, I. (2019). Progressivisme Manusia Indonesia: Kuantitas Sumberdaya Manusia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 195-214.

Mangkunegara, A. A. P. (2005). Evaluasi kinerja SDM. Tiga Serangkai.

Mayer, J. D., & Salovey, P. (1997). What is emotional intelligence. Emotional development and emotional intelligence: Educational implications, 3, 31.

Mauleny, A. T., & Alhusain, A. S. (2010). Kemampuan Keuangan Negara dalam Perspektif Pemenuhan Anggaran dan Kebijakan Sektor Pendidikan. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik, 1(2), 221-256.

Putra, S. W. (2015). Pengaruh komitmen organisasi, budaya organisasi, gaya kepemimpinan dan lingkungan terhadap kinerja karyawan pada industri kecil. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 11(1), 62-77.

Rahmiyanti, H. Y. (2020). Gaya Kepemimpinan Situasional Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaaan (PPKN) Pada SMA Negeri Se Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2).

Ridwan, W. (2019). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru Di Yayasan Pondok Karya Pembangunan (PKP) JIS, Kelurahan Kelapa Dua Wetan Ciracas Jakarta Timur. Jurnal Akrab Juara, 4(4), 84-92.

Saputri, O. G., & Saputri, D. I. (2021). Bagaimana Peran Guru Kelas Dan Guru Sentra dalam Pembelajaran Anak di Kb Bina Buah Hati Bantul. Optimalisasi Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini), 76.

Sujarweni, V. W. (2018). Panduan mudah olah data struktural equation modeling (SEM) dengan Lisrel.

Supriyanto, A. S., & Troena, E. A. (2012). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Kepemimpinan Transformasional, Kepuasan Kerja dan Kinerja Manajer (Studi di Bank Syari’ah Kota Malang)‘. Jurnal Aplikasi Manajemen, 10(4), 693-617.

Thaib, E. N. (2013). Hubungan Antara prestasi belajar dengan kecerdasan emosional. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 13(2).

Timotius, K. H. (2017). Pengantar Metodologi Penelitian: Pendekatan Manajemen Pengetahuan untuk Perkembangan Pengetahuan. Penerbit Andi.

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Wanasaputra, S., & Dewi, L. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Anggota Yayampek.

Widodo, S. A., Dahlan, J. A., Harini, E., & Sulistyowati, F. (2020). Confirmatory Factor Analysis Sosiomathematics Norm among Junior High School Student. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(2), 448-455.

Van Rooy, D. L., & Viswesvaran, C. (2004). Emotional intelligence: A meta-analytic investigation of predictive validity and nomological net. Journal of vocational Behavior, 65(1), 71-95.

Downloads

Published

2022-05-12

How to Cite

Rahayu, Y. S. M. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Guru SMK Negeri 1 Bintan Timur. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 6(1), 67–76. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/12195

Issue

Section

Artikel

Citation Check