Keefektifan Laboratorium Multimedia dalam meningkatkan specific lifeskill siswa SMK
Keywords:
Multimedia Laboratory, Lifeskills, spesific lifeskillsAbstract
This study aims to analyze the relationship between students' perceptions of learning in the Multimedia Laboratory with two aspects of vocational students' specific life skills, namely academic skills and vocational skills. This research has a quantitative approach, with a correlational type. The research location is SMK Negeri 3 Tegal, with a population of 27 students of Class XI Multimedia Expertise Program. The population is also used as a sample. Data was collected using techniques and instruments in the form of observations, questionnaires and tests. The relationship between the independent variable and the dependent variable was analyzed using the Product Moment correlation technique. The results of the analysis reject the truth of the null hypothesis. At the 5% significance level, it was found that students' perceptions of learning in the Multimedia Laboratory were significantly related to students' academic skills (r 0,584); students' vocational skills (r 0.383); students' specific life skills (0,592).
References
. R., . S., & Salempa, P. (2018). Pengembangan Laboratorium Virtual Berbasis Multimedia Interaktif Pada Praktikum Titrasi Asam Basa. Chemistry Education Review (CER), 2(1), 32. https://doi.org/10.26858/cer.v0i0.7495
Alfa, I. A. M. (2016). Analisis Kecakapan Hidup Spesifik (Specific Life Skills) Siswa pada Pembelajaran IPA Sub Materi Ginjal. Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains, 1–5. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/16148%0Ahttps://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/download/16148/14663
Ananto, P. (2019). Life Skills Education Approach Untuk Mengembangkan Pendidikan Karakter Di Smp. Epigram, 16(1), 55–64. https://doi.org/10.32722/epi.v16i1.1421
Anas, M. A., Soepriyanto, Y., & Susilaningsih. (2018). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA TUTORIAL TOPOLOGI JARINGAN UNTUK SMK KELAS X TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN Muchammad Azwar Anas, Yerry
Soepriyanto, Susilaningsih. Multimedia Tutorial, 1(4), 307–314.
Barnad. (2021). Learning Material in Multimedia Supporting Online Learning. Psychology and Education, 58, 5988–5994. Retrieved from http://psychologyandeducation.net/pae/index.php/pae/article/view/3076/2751
Manikowati, Nf., & Iskandar, D. (2018). Pengembangan Model Mobile Virtual Laboratorium Untuk Pembelajaran Praktikum Siswa Sma. Jurnal Kwangsan, 6(1), 23. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n1.p23--42
Modeong, M., & Palilingan, V. R. (2018). Utilization of Multimedia Laboratory: An Acceptance Analysis using TAM. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 306(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/306/1/012082
Mulyani, Y. F., Praherdhiono, H., & Soepriyanto, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 155–160. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/2086/1231
Nur Shaumi, A. (2015). Pendidikan Kecakapan Hidup (LifeSkill) dalam Pembelajaran Sains di SD/MI. Terampil: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 240–252.
Saprudin, Cahya, I., Wijoyo, A., & Prasetio, S. M. (2020). Pembelajaran Multimedia (Studi Kasus : Smk Indonesia Global). JAMAIKA: Jurnal Abdi Masyarakat, 1, 63–70. Retrieved from http://openjournal.unpam.ac.id/
Saputro, D. S. (2017). Pengelolaan Sarana Laboratorium Komputer Jurusan Multimedia Di Sekolah Menengah Kejuruan Budi Mulia Dua Wedomartani Ngemplak Sleman. Hanata Widya, 6, 61–70. Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fipmp/article/view/7257
Yeni, L. F. (2016). Pengembangan Virtual Laboratory Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Kuliah Microbiology Sub Materi Isolasi Bakteri. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 6(1), 57–67. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v6i1.17591
Yuliwulandana, N. (2016). Dosen Tetap Jurusan Tarbiyah STAIN Jurai Siwo Metro. Pengembangan Muatan Kecakapan Hidup (Life Skill) Pada Pembelajaran Di Sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Fikri Aulia, Wikan Budi Utami, S Suherman, Erwin Erlangga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Silahkan Temukan Hak dan Lisensi di Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan. Dengan mengirimkan artikel penulis menerima kebijakan
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh lisensi Atribusi-Berbagi Serupa Internasional seperti yang saat ini ditampilkan pada Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).Â
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Semangat Wacana Akademika adalah untuk menyebarluaskan artikel yang diterbitkan secara bebas. Di bawah lisensi Creative Commons, Wacana Akademika mengizinkan pengguna untuk berbagi (menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun); dan adaptasi (menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial). Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan Wacana Akademika untuk mendistribusikan karya dalam jurnal.
4. Hak Penulis
Penulis memegang semua hak mereka untuk karya yang diterbitkan, seperti (tetapi tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
- Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten,
- Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan mereka sendiri, termasuk kuliah dan buku,
- Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri,
- Hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut,
- Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya Mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini.
5. Co-Authorship
Jika artikel tersebut disusun bersama oleh penulis lain, setiap penulis yang menyerahkan naskah tersebut menjamin bahwa ia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan / nya rekan penulis dari ketentuan kebijakan ini. Wacana Akademika tidak akan bertanggung jawab atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Wacana Akadmeika hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang sesuai..
6. Royalti
Perjanjian ini memberikan hak kepada penulis untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan secara hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel sehubungan dengan penggunaan artikel oleh Wacana Akademika.
7. Lain Lain
Wacana Akademika akan menerbitkan artikel pada jurnal jika proses editorial artikel berhasil diselesaikan. Editor Wacana Akademika dapat memodifikasi artikel dengan gaya tanda baca, ejaan, huruf besar, referensi, dan penggunaan yang dianggap tepat. Penulis mengakui bahwa artikel tersebut dapat dipublikasikan sehingga akan dapat diakses oleh publik dan akses tersebut akan gratis bagi pembaca sebagaimana disebutkan dalam poin 3.