Analisis Survey Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Literasi Digital Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Islam Nusantara
Keywords:
Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Literasi Digital, PersepsiAbstract
The purpose of this study was to determine (1) student perceptions of the implementation of the MBKM curriculum that has been implemented at the Faculty of Engineering, Islamic University of Bandung, and (2) to determine student perceptions of digital literacy to support the success of MBKM. This research is a case study assisted by an online survey. Researchers collected data through an online survey via google form which was addressed to students of the Faculty of Engineering, Nusantara Islamic University, Bandung, as many as 655 students. The survey contains structured questions and leads to several answers that have been provided by the Ministry of Education and Culture as the compiler of the survey. The results showed that the implementation of MBKM at the Faculty of Engineering, Universitas Islam Nusantara was good, although the socialization that had been carried out by universities had not obtained maximum results. In addition, with regard to digital literacy, 94% of students stated that digital literacy is very important and strongly supports the MBKM program.
References
Creswell, J. W. (2012a). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. In Educational Research, 4. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Creswell, J. W. (2012b). Research Design Qualitative,Quantitative,and Mixed Second Edition.
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar – Kurikulum Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud
Endriani, D. (2015). Penerapan Kurikulum Berbasis KKNI Dan Permenpan Rb Untuk Meningkatkan Mutu Dan Daya Saing Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga FIK Unimed. GENERASI KAMPUS, 8(2).
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill Companies.
Hardiansyah, H., & Wibawa, R. (2020). Kontribusi Manajemen Hubungan Masyarakat terhadap Pelaksanaan Program Magang Mahasiswa Sebagai Implementasi Kurikulum KKNI 4.0. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 3(2), 378-384.
Jono, A. A. (2016). Studi implementasi kurikulum berbasis KKNI pada program studi pendidikan bahasa inggris di LPTK se-kota Bengkulu. MANHAJ: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 5(1).
Kholili, A. N., & Fajaruddin, S. (2020). Manajemen strategik peningkatan mutu lembaga pendidikan Muhammadiyah di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(1), 53-69.
Maulina, R., Zulfadhli, Z., & Basyah, N. A. (2019). Faktor-Faktor Penyebab Lama Masa Studi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Ekonomi, 2(1).
Nurdin, S. (2018). Pengembangan kurikulum dan rencana pembelajaran semester (RPS) berbasis KKNI di perguruan tinggi. Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 21-30.
Oci, M., & Stevanus, K. (2021). Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 3(1), 48-62.
Pamuji, G. M., & Hernawan, A. H. (2018). Analisis kebutuhan pengembangan kurikulum pelatihan kompetensi mice bagi guru smk usaha perjalanan wisata. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 84-97.
Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan No. 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
Putra, M. S. (2021). Peran Stakeholders Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Pengembangan Evaluasi Kurikulum Prodi Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali. Subasita: Jurnal Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali, 2(2), 65-73.
Sani, R. A. (2013). Inovasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sari, J. D. R., & Mukhaiyar, R. (2020). Studi Kebutuhan Kompetensi Tambahan dan Penunjang pada Kurikulum PSPTE Universitas Negeri Padang. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 8(1), 132-138.
Zulfa, U., & Kurniasih, N. (2017). Efektivitas Strategi Percepatan Penyelesaian Studi Program S1 Fakultas Tarbiyah IAIIG Cilacap. Jurnal Tawadhu, 1(2), 167-213.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Luki Luqmanul Hakim, Yussi Perdana Saputra, Siti Nur

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Silahkan Temukan Hak dan Lisensi di Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan. Dengan mengirimkan artikel penulis menerima kebijakan
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh lisensi Atribusi-Berbagi Serupa Internasional seperti yang saat ini ditampilkan pada Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).Â
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Semangat Wacana Akademika adalah untuk menyebarluaskan artikel yang diterbitkan secara bebas. Di bawah lisensi Creative Commons, Wacana Akademika mengizinkan pengguna untuk berbagi (menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun); dan adaptasi (menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial). Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan Wacana Akademika untuk mendistribusikan karya dalam jurnal.
4. Hak Penulis
Penulis memegang semua hak mereka untuk karya yang diterbitkan, seperti (tetapi tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
- Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten,
- Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan mereka sendiri, termasuk kuliah dan buku,
- Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri,
- Hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut,
- Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya Mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini.
5. Co-Authorship
Jika artikel tersebut disusun bersama oleh penulis lain, setiap penulis yang menyerahkan naskah tersebut menjamin bahwa ia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan / nya rekan penulis dari ketentuan kebijakan ini. Wacana Akademika tidak akan bertanggung jawab atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Wacana Akadmeika hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang sesuai..
6. Royalti
Perjanjian ini memberikan hak kepada penulis untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan secara hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel sehubungan dengan penggunaan artikel oleh Wacana Akademika.
7. Lain Lain
Wacana Akademika akan menerbitkan artikel pada jurnal jika proses editorial artikel berhasil diselesaikan. Editor Wacana Akademika dapat memodifikasi artikel dengan gaya tanda baca, ejaan, huruf besar, referensi, dan penggunaan yang dianggap tepat. Penulis mengakui bahwa artikel tersebut dapat dipublikasikan sehingga akan dapat diakses oleh publik dan akses tersebut akan gratis bagi pembaca sebagaimana disebutkan dalam poin 3.