Pengembangan Game Berpikir Komputasional Berbasis Website Bagi Peserta Didik Kelas IV SDN Margaluyu
Keywords:
Game, Thinking, Computational, Website, InformaticsAbstract
The research aimed at (1) Introducing the concept of computational thinking to elementary school children using fun media, (2) Designing and developing a website-based computational thinking game, (3) Knowing the feasibility of a website-based computational thinking game in terms of functionality and interface effectiveness through usability testing methods. The type of research conducted was Research and Development (R&D) using the ADDIE model (Analyze), design, development, implementation, and evaluation. However, this research only reached the stage. The fourth is implementation. Usability testing was conducted on 10 class IV students at SDN Margaluyu, Sumedang Regency. The data analysis technique used is a quantitative descriptive technique. The research and development results are in the form of a website-based computational thinking game that gets a decent category with an average rating score of 4.07 from the effects of usability testing.
References
Aldoobie, N. (2105). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, Vol. 5, N.
Ansori, M. (2020). Pemikiran komputasi (computational thinking) dalam pemecahan masalah. Dirasah: Jurnal Studi Ilmu Dan Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 111–126.
Barokum, M. K., Amna, A. R., & Armin, A. P. (2019). Game Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Android. In Konvergensi (Vol. 14, Issue 1, pp. 6–12). https://doi.org/10.30996/konv.v14i1.2767
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.
Dijkstra K, Kipping J, M. N. (2015). The ADDIE Model: Instructional Design. Educational Technology, 44(4), 447–678. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Faradilla. (2022). Pengertian Website, Manfaat, dan Jenis-Jenisnya Lengkap! HOSTINGER TUTORIAL. https://www.hostinger.co.id/tutorial/website-adalah
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Kemdikbudristek. (2021). Berpikir Komputasional.
Khafid, S. (2020). Peran Geografi Dalam Pembentukan Karakter dan Keterampilan Manusia Indonesia Pada Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Media Komunikasi FPIPS, 19(1), 42–51.
Noorwatha, I. K. D. (2020). Rachana Vidhi: Metode Desain Interior Berbasis Budaya Lokal dan Revolusi Industri 4.0. I Kadek Dwi Noorwatha.
Rabiah, S. (2018). Penggunaan Metode Research and Development dalam Penelitian Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. April 2015, 1–7. https://doi.org/10.31227/osf.io/bzfsj
Susanty, M. (2019). Berpikir Komputasional dan Pemrograman dengan Python. 190.
Thewe, S. (2022). Capaian Pembelajaran Informatika SD,SMP,SMA Kurikulum Merdeka. Sinau Thewe. https://www.sinau-thewe.com/2022/07/capaian-pembelajaran-informatika.html
Tjalla, A. (2020). 2019, Informatika Akan Jadi Mata Pelajaran Utama di SMP dan SMA. SMAN 1 DUA KUTO. https://sman1dk.sch.id/berita/2019-informatika-akan-jadi-mata-pelajaran-utama-di-smp-dan-sma#:~:text=Mapel Informatika tidak hanya mempelajari,Baik informatika atau noninformatika.
Ulfah, M. (2016). Bermain dan Permainan Anak. In Jakarta: Universitas Terbuka.
Veronica, A. R., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto, W. (2022). Hubungan Berpikir Komputasi dan Pemecahan Masalah Polya pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 115–126.
Wahono, A. P. H. (2017). Analisis Penggunaan Website Citihub Hotel dengan Menggunakan Usability Testing. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 7–22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Tantan Nugraha Tantan, Dian Rinjani, Agus Juhana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Silahkan Temukan Hak dan Lisensi di Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan. Dengan mengirimkan artikel penulis menerima kebijakan
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh lisensi Atribusi-Berbagi Serupa Internasional seperti yang saat ini ditampilkan pada Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).Â
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Semangat Wacana Akademika adalah untuk menyebarluaskan artikel yang diterbitkan secara bebas. Di bawah lisensi Creative Commons, Wacana Akademika mengizinkan pengguna untuk berbagi (menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun); dan adaptasi (menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial). Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan Wacana Akademika untuk mendistribusikan karya dalam jurnal.
4. Hak Penulis
Penulis memegang semua hak mereka untuk karya yang diterbitkan, seperti (tetapi tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
- Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten,
- Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan mereka sendiri, termasuk kuliah dan buku,
- Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri,
- Hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut,
- Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya Mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini.
5. Co-Authorship
Jika artikel tersebut disusun bersama oleh penulis lain, setiap penulis yang menyerahkan naskah tersebut menjamin bahwa ia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan / nya rekan penulis dari ketentuan kebijakan ini. Wacana Akademika tidak akan bertanggung jawab atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Wacana Akadmeika hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang sesuai..
6. Royalti
Perjanjian ini memberikan hak kepada penulis untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan secara hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel sehubungan dengan penggunaan artikel oleh Wacana Akademika.
7. Lain Lain
Wacana Akademika akan menerbitkan artikel pada jurnal jika proses editorial artikel berhasil diselesaikan. Editor Wacana Akademika dapat memodifikasi artikel dengan gaya tanda baca, ejaan, huruf besar, referensi, dan penggunaan yang dianggap tepat. Penulis mengakui bahwa artikel tersebut dapat dipublikasikan sehingga akan dapat diakses oleh publik dan akses tersebut akan gratis bagi pembaca sebagaimana disebutkan dalam poin 3.