Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika : Kajian Analisis Hambatan Epistimologi Siswa SMP Pada Materi Statistika

Authors

  • Fitri Dewanti Universitas Suryakancana, Indonesia
  • Elsa Komala Pendidikan Matematika, Universitas Suryakancana Cianjur, Indonesia

Keywords:

hambatan epistimologi, kemampuan pemahaman konsep matematika

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika, dan hambatan epistimologi yang terjadi pada siswa SMP terkait materi statistika. Penelitian bersifat deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Pada penelitian ini subjek yang digunakan sebanyak 26 siswa. Penelitian menggunakan teknik analisis yang mengidentifikasi hasil jawaban siswa yang dideskripsikan dengan bentuk kata-kata. Berdasarkan penelitian diperoleh kemampuan pemahaman konsep matematika siswa termasuk kategori sedang, hambatan epistimologi yang dihadapi siswa terkait pemahaman konsep matematika dalam menyelesaikan soal statistika; hambatan konseptual yang terjadi adalah ketidaksesuaian dalam penggunaan rumus, dan kekeliruan dalam menentukan rumus atau definisi; hambatan prosedural yang terjadi adalah siswa tidak mampu untuk menyelesaikan soal materi sampai pada bentuk paling sederhana sehingga perlu dilakukan langkah-langkah lanjutan, dan langkah penyelesaian soal materi yang diperintahkan tidak sesuai dengan langkah penyelesaian yang dilakukan oleh siswa; hambatan teknik operasional yang terjadi ialah kesalahan yang dilakukan siswa dalam penulisan serta perhitungan dalam menjawab.

References

Aledya, V. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa. May, 2.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Armiyansyah, A., Sugiatno, S., & Bistari, B (2021). Hambatan Siswa Dalam Belajar Matematika Dikaji Dari Kepercayaan Matematis. Jurnal AlphaEuclidEdu, 2(1), 47.

Assyifa, S. (2021). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Bilangan Bulat Kelas VII SMP Negeri 4 Purwokerto (Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto).

Dewi, F. C., Mahani, P., & Wijayanti, D. (2021). Hambatan Epistemologi Siswa Dalam Materi Persamaan Eksponen. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 4(1), 1-14.

Elfiah, N. S., Maharani, H. R., & Aminudin, M. (2020). Hambatan Epistemologi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Bangun Ruang Sisi Datar. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 11-22.

Fadzillah, N., & Wibowo, T. (2016). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo, 140.

Fuadiah, N. F. (2015). Epistemological Obstacles On Mathematic’s Learning In Junior High School Students: A Study On The Operations Of Integer Material. InProceeding of the 2nd International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Sciences (ICRIEMS 2015). Yogyakarta State University, 315-322.

Maarif, S., Setiarini, R. N., & Nurafni, N. (2020). Hambatan Epistimologis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 73-81.

Permendikbud No. 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMP/MTs (PMP), h. 325

Puspandari, I., Praja, E. S., & Muhtarulloh, F. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Dengan Pendekatan Induktif Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 315.

Rasmania, R., Sugiatno, S., & Suratman, D. (2018). Hambatan Epistimologis Siswa Dalam Menentukan Domain dan Range Fungsi Kuadrat di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7).

Rismawati, M., Irawan, E. B., & Susanto, H. (2016). Analisis Kesalahan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.

Rosita, C. D., Laelasari, L., & Noto, M. S. (2014). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Aljabar Linear 1. Euclid, 1(2), 61.

Rosyidah, U., Mustika, J., & Setiawan, F. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Dalam Mata Kuliah Aljabar Dasar. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 60.

Suryadi, D. (2013). Didactical Design Research (DDR) Dalam Pengembangan Pembelajaran Matematika. InProsiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, Vol. 1, 7.

Ulfa, N., Jupri, A., & Turmudi, T. (2021). Analisis Hambatan Belajar Pada Materi Pecahan. Research and Development Journal of Education, 7(2), 231.

Wafa, U. M. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMPIT Nur Hikmah (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah).

Zuchri, A. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Gorontalo : Syaki Media Press.

Downloads

Published

2023-05-13

How to Cite

Dewanti, F., & Elsa Komala. (2023). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika : Kajian Analisis Hambatan Epistimologi Siswa SMP Pada Materi Statistika . Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(1), 138–147. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/14275

Issue

Section

Artikel

Citation Check