Problematika dan Analisis Kecurangan untuk Menurunkan Similarity yang Tidak Terdeteksi oleh similarity tool
Keywords:
Academic Dishonesty, Similarity, Scientific Articles, Turnitin SoftwareAbstract
This research aims to describe the problem of cheating in reducing similarity using Turnitin software in writing scientific articles, as well as the factors causing cheating problems carried out by students. The research method used is qualitative with a case study approach. Data collection techniques include observation, documentation, and interviews with students taking the scientific paper course. The sample consists of students taking the scientific paper course with focus on research mathematics in Open University, Study Program X, using purposive sampling technique. The research findings indicate, there are cheating techniques used to reduce similarity that are undetectable by Turnitin: (1) adjusting spaces in a text that is too large or too small, (2) converting text files into images, (3) adding specific letters to the manuscript, (4) inserting specific small-sized numbers that are almost invisible, (5) intentionally making typing errors, and (6) adding specific symbols to the scientific article manuscript.
References
Agustiawan, 2022. Analisis Similarity/Kemiripan Artikel Jurnal Online Terbitan Tahun 2019-2020 di ISI Yogyakarta. Jurnal Perpustakaan dan Kearsipan Vol.2 No.1 – Juni 2022 | 29 – 43.
Anton Risparyanto & Irawati. (2020). Academic Library Roles in Preventing Plagiarism. Khizanah al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan Vol. 8 No.2, July – Desember 2020. DOI: 10.24252/kah.v8i2a7
Cahyo Manunggal, Y., & Christiani, L. Pemanfaatan Sistem Deteksi Plagiarisme Menggunakan Turnitin Pada Jurnal Mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro.
Febriana, R., Putri, P. O., & Hidayati, I. S. (2022). Ethnomahematics Exploration in the Traditional Game of Sipak Rago. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 24–34. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v5i1.1306
Gusnan, Z.K., O., & Irianto, G. (2020). Analisis Akar Masalah Kecurangan Akademik Plagiarisme Selama Pandemi COVID-19 (Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya).
Ikayanti, H., & Irianto, G. (2017). Analisis Akar Masalah (Root Cause Analysis) Kecurangan Akademik Pada Saat Ujian. Malang: Universitas Brawijaya.
Minanari. (2016). Analisa Perilaku Kecurangan Akademik Ditinjau dari Pengaruh Konsep Fraud Triangle : Tekanan, Kesempatan dan Rasionalisasi (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Universitas XYZ Jakarta). Jurnal Quality/ Volume VI, No. 23, September 2016: 320 – 334.
Mohamad, Y., dkk. (2022). Panduan Mata Kuliah Karya Ilmiah Program Sarjana dan Diploma IV. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Nur, A.S. (2019). Hubungan Antara Persepsi Plagiarisme dengan Kepercayaan Pengguna Tentang Keakuratan Software Turnitin Di Universitas Indonesia. Surabaya: Universitas Airlangga.
Pemerintah Republik Indonesia. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan RI Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi. Jakarta: Republik Indonesia.
Rosyida, I. A. (2022). Publikasi Ilmiah dan Plagiarisme Dengan Locus Of Control Sebagai Moderasi. Journal of Management and Accounting (Vol. 5, Issue 1), 1 April 2022, Hal 28 – 38.
Surastra, I. M. (2020). Analisis Akar Masalah (Root Cause Analysis) Kecurangan Akademik Pada Saat Ujian Kompetensi (Studi Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Brawijaya). Malang: Universitas Brawijaya.
Surat Edaran dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor B/565/B.B1/ HK.01.01/2019 tanggal 8 Juli 2019.
Umaroh, L., & Teguh. (2021). Implementasi Turnitin untuk Memaksimalkan Orisinalitas Karya Ilmiah di Jurusan Aqidah Fisafat Islam Iain Tulungagung. Al Maktabah Vol. 6, No. 1, Juni 2021.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2023 Prihastini Oktasari Putri, Sri Adi Widodo, Ika Septi Hidayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Silahkan Temukan Hak dan Lisensi di Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan. Dengan mengirimkan artikel penulis menerima kebijakan
1. Lisensi
Penggunaan artikel akan diatur oleh lisensi Atribusi-Berbagi Serupa Internasional seperti yang saat ini ditampilkan pada Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).Â
2. Jaminan Penulis
Penulis menjamin bahwa artikel tersebut asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang dipegang secara eksklusif oleh penulis dan bebas dari setiap hak pihak ketiga, dan bahwa izin tertulis yang diperlukan untuk mengutip dari sumber lain telah diperoleh oleh penulis.
3. Hak Pengguna
Semangat Wacana Akademika adalah untuk menyebarluaskan artikel yang diterbitkan secara bebas. Di bawah lisensi Creative Commons, Wacana Akademika mengizinkan pengguna untuk berbagi (menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun); dan adaptasi (menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial). Pengguna juga perlu mengaitkan penulis dan Wacana Akademika untuk mendistribusikan karya dalam jurnal.
4. Hak Penulis
Penulis memegang semua hak mereka untuk karya yang diterbitkan, seperti (tetapi tidak terbatas pada) hak-hak berikut;
- Hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang berkaitan dengan artikel, seperti hak paten,
- Hak untuk menggunakan substansi artikel dalam karya masa depan mereka sendiri, termasuk kuliah dan buku,
- Hak untuk mereproduksi artikel untuk keperluan sendiri,
- Hak untuk mengarsipkan sendiri artikel tersebut,
- Hak untuk mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi artikel yang diterbitkan (misalnya Mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awal dalam jurnal ini.
5. Co-Authorship
Jika artikel tersebut disusun bersama oleh penulis lain, setiap penulis yang menyerahkan naskah tersebut menjamin bahwa ia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) ini atas nama mereka, dan setuju untuk menginformasikan / nya rekan penulis dari ketentuan kebijakan ini. Wacana Akademika tidak akan bertanggung jawab atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis. Wacana Akadmeika hanya akan berkomunikasi dengan penulis yang sesuai..
6. Royalti
Perjanjian ini memberikan hak kepada penulis untuk tidak ada royalti atau biaya lainnya. Sejauh diizinkan secara hukum, penulis melepaskan haknya untuk mengumpulkan royalti relatif terhadap artikel sehubungan dengan penggunaan artikel oleh Wacana Akademika.
7. Lain Lain
Wacana Akademika akan menerbitkan artikel pada jurnal jika proses editorial artikel berhasil diselesaikan. Editor Wacana Akademika dapat memodifikasi artikel dengan gaya tanda baca, ejaan, huruf besar, referensi, dan penggunaan yang dianggap tepat. Penulis mengakui bahwa artikel tersebut dapat dipublikasikan sehingga akan dapat diakses oleh publik dan akses tersebut akan gratis bagi pembaca sebagaimana disebutkan dalam poin 3.