Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Model Auditory, Intellectually, Repetition (Air) Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Bontosunggu Kabupaten Gowa

Authors

  • Aliem Bahri Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Nurwindah Nadira Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Anin Asnidar Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

Keywords:

Writing Skills, AIR Model, Elementary school students

Abstract

The purpose of this study was to improve short story writing skills using the Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) model in Class IV SDI Bontosunggu. The type of this research is classroom action research. The results showed that learning to write short stories cycle I was unsatisfactory and the class atmosphere was less conducive. Teachers have not carried out learning activities to the fullest, so there are still students who find it difficult to express ideas or ideas in writing short stories. The learning process in cycle II was more effective and satisfying after improvements were made to the problems in cycle I. In cycle II students were more enthusiastic and motivated to take part in learning, worked together in groups, and it was not difficult when expressing ideas in writing short stories. This increase can be seen from the average student score as a whole in cycle I of 69.5 while the score in cycle II was 86.1 with a percentage increase of 16.6%. All aspects of assessment are classified as very poor in cycle I and increase to a good category in cycle II.

References

Afandi, M. (2014). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal ilmiah pendidikan dasar, 1(1), 1-19.

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan pemahaman matematis siswa melalui model pembelajaran auditory intellectualy repetition dan problem based learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 67-78.

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35-44.

Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi guru terhadap pembelajaran daring di sekolah dasar negeri 013 Kumantan. Journal of Education Research, 1(2), 177-182.

Aristhi, N. P. S., & Manuaba, I. B. S. (2020). Model Experiential Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(3), 327-337.

Erka, W. (2014). Keterampilan berbahasa presenter penyaji berita pada lembaga penyiaran televisi. Jurnal ipteks terapan, 8(4), 235-241.

Fitryana. (2011). Pengantar Kemampuan Keterampilan Menulis. Jakarta: Erlangga.

Fauji, A., & Winarti, A. (2015). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Auditory, Intellectually,

Repetition (AIR) pada materi hidrolisis garam di kelas XI IPA 2 SMA PGRI 6 Banjarmasin. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(2).

Hamruni. (2009). Strategi dan model-model pembelajaran aktif menyenangkan. Yogyakarta: Fak. Tarbiyah UIN.

Hasani, Z. F. (2013). Penerapan Metode ImlaUntuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VIIC MTs Muhammadiyah 02 Pemalang. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 2(1).

Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204.

Husna, T., & Fatria, F. (2019, February). Teknik Akrostik Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Di Sd Pab 34 Patumbak. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian (Vol. 2, No. 1, pp. 589-594).

Husna, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru Matematika Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 428-436.

Ikbal, I. (2021). Peningkatan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Model Pembelajaran Mind Mapping pada Siswa Kelas IX. Journal of Education Action Research, 5(4), 465-471.

Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81.

Maarif, I. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dengan Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (Air). Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(3), 146-159.

Manurung, S. H., & Aspia, A. (2016). Upaya meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model AIR (Auditory, Intellectually, Repetition) pada siswa Kelas VIII MTs Negeri Rantauprapat TP 2014/2015. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(1).

Mualimah, E. N., & Usmaedi, U. (2018). Pengaruh kebiasaan membaca terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa kelas v sdn kubanglaban. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 43-54.

Permana, E. P. (2016). Pengembangan Media Pembejaran Boneka Kaus Kaki untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 2(2), 133-140.

Rahadian, S., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Komik Kerajaan Kanjuruhan Berbasis Online Dalam Mata Pelajaran Sejarah Indonesia. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 11(2), 136-145.

Safar, M., Akidah, I., Srimularahamah, A., & Wijayanti, T. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Pendekatan Proses Siswa SMA Negeri 16 Bone. Journal on Education, 6(1), 4996-5007.

Saputra, N. (2021). Penelitian tindakan kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Simamora, I. (2022). Perbandingan Model Pembelajaran Murder dan Air Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 153073 Anggoli I. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(1), 146-156.

Sundawati, L. (2018). Proses Penerapan Pembelajaran Penggunaan Pendekatan Paragmetik Dalam Meningkaatkan Keterampilan Berbicara Bagi Siswa Kelas Xii Smp Negeri 2 Cikoneng-Ciamis. Jurnal Edukasi (Ekonomi, Pendidikan dan Akuntansi), 4(1).

Tara, S. N. A., Andayani, A., & Suyitno, S. (2019). Peningkatan Keterampilan Berbicara Pemelajar Bipa Melalui Media Film Pendek. In Prosiding Seminar Nasional “Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0” (pp. 365-368).

Umar, S. (2016). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Strategi Copy The Master Melalui Media Audiovisual pada Siswa Kelas IXa SMP Negeri 2 Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(6), 119579.

Downloads

Published

2023-11-05

How to Cite

Bahri, A., Nadira , N. ., & Asnidar , A. . (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Menggunakan Model Auditory, Intellectually, Repetition (Air) Pada Siswa Kelas IV SD Inpres Bontosunggu Kabupaten Gowa . Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(2), 157–167. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/14859

Issue

Section

Artikel

Citation Check