Penerapan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menulis Teks Naratif Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 5 Sleman

Authors

  • Nur Endah Dwi Apriyani Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Ermawati Ermawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Desy Rufaidah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

Keywords:

Keterampilan Menulis, Model Picture and Picture, Teks Naratif, Motivasi Belajar

Abstract

The research aims to describe the learning motivation and learning outcomes of students with the application of picture and picture model on narrative text. Data collection techniques in this study used tests, questionnaires, and documentation. Data analysis techniques in this study are qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis techniques. The results of learning motivation in pre-cycle activities were 51.33%, in cycle I it was not maximized with a result of 74.58%, and in cycle II it increased with a final result of 83.61%. The results of pre-class activities on narrative text writing skills were 57.85%, in cycle I experienced a slight increase with a result of 70%, and in cycle II experienced an increase with a result of 80%. Based on the description above, it can be concluded that learning narrative text writing skills using the picture and picture model can increase learning motivation and learning outcomes of students in class VII-B MTs Negeri 5 Sleman.

References

Amin, M. A. M. (2022). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA melalui Model Pembelajaran Picture and Picture. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 72-79.

Adnyana, I. K. S. (2022). Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. Pedalitra: Prosiding Pedagogi, Linguistik, Dan Sastra, 2(1), 28-36.

Alimah, M., & Indihadi, D. (2022). Analisis Teks Narasi Implementasi Strategi Mind Mapping Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), 5512-5519.

Andhika, A., Suhita, R., & Hastuti, S. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Menulis Puisi Bebas melalui Model Pembelajaran Picture and Picture pada siswa Sekolah Menengah Pertama. BASASTRA, 4(1), 19-33.

Anggraini, I. S. (2011). Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Berpengaruh: Sebuah Kajian Pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran. 1(02), 100-109.

Dewi, Ni Nyoman Krismasari, M.G Rini Kristiantari, Ni Nyoman Ganing. Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology. 3 (4), 284.

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 5(2), 93-196.

Ermawati & Widowati. (2020). Implementasi Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Menulis Siswa SMP Taman Dewasa Jetis. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan. 4(1), pp.23-32.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Idris, R. (2009). Mengatasi Kesulitan Belajar dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Jurnal Lentera Pendidikan. 12(2), 155.

Indihadi, D. (2021). Analisis Keterampilan Menulis Teks Narasi Peserta Didik di Kelas V Sekolah Dasar. Attadib: Journal of Elementary Education, 5(2), 114-123.

Kosasih, E. (2004). Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: CV. Bina Ilmu.

Kurniasih, B. (2015). Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kata Pena.

Maulana, R. (2022). Analisis Capaian Pembelajaran Bahasa Arab dengan Taksonomi Bloom Revisi. Jurnal PTK dan Pendidikan, 8(2).

Muhammad, M. (2016). Pengaruh Motivasi dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 4(2), 87-97.

Nasrah, N., & Muafiah, A. M. A. (2020). Analisis motivasi belajar dan hasil belajar daring mahasiswa pada masa pandemik Covid-19. JRPD (Jurnal Riset Pendidikan Dasar), 3(2), 207-213.

Ningrat, S. P., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi gaya belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257-265.

Puspasari, Qeis Karina dan Nas Haryati Setyaningsih. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Model Sugesti Imajinasi Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 9(10), 20

Sari, Anggun Melati, Sarwiji Suwandi, dan Atikah Anindyarini. (2015). Peningkatan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Melalui Metode Kooperatif Tipe Picture and Picture Pada Siswa SMK. Jurnal: Basastra. 3(3), 9-10.

Simanjuntak, H. L. (2021). Problem Menulis Naratif dalam Bahasa Inggris yang Dihadapi Oleh Siswa di Pondok Pesantren Daar El Nayl Cilebut Kabupaten Bogor. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra. 7(2), 171-184.

Situmorang, N. M. Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa Melalui Teknik Guiding Questions. Jurnal of Education Action and Research. 2(2), pp. 165-171.

Subekti, E. (2018). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Baturaden. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra. 5(1), 10-22.

Suprapto. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Dinas dengan Pendekatan Kontekstual Pemodelan Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Piyungan Bantul. Caraka: Jurnal Ilmiah Kebahasaan, Kesastraan, dan Pemelajarannya. 4(2), 16-33.

Susanti, P.A., & Kusmariyani, N.N. 2017. “Penerapan Model Picture and Picture Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Pengetahuan IPA”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 1(2), pp. 99-106.

Widyawati, W. Y. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture dalam Keterampilan Menulis Untuk Tingkat Universitas. Kredo: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra. 2(2), 226-241.

Wulandari, Y. T., Suryanto, E., & Saddhono, K. (2015). Penerapan Metode Picture and Picture Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Keterampilan Menulis Teks Narasi Pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. BASASTRA, 3(2).

Downloads

Published

2023-11-06

How to Cite

Apriyani, N. E. D., Ermawati, E., & Rufaidah, D. (2023). Penerapan Model Picture and Picture untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keterampilan Menulis Teks Naratif Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri 5 Sleman. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(2), 271–279. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/15085

Issue

Section

Artikel

Citation Check