Kemampuan Berpikir Kritis pada Tahapan Operasional Konkrit

Authors

  • Isnani Fauziah Septiyanti SD Negeri Sorogenen 1, Indonesia
  • Sutrisna Wibawa Pendidikan Dasar, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Yuyun Yulia Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Berliana Henu Cahyani Psikologi, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia

Keywords:

Critical reasoning, concrete operations, projects to strengthen the profile of Pancasila students

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan bernalar kritis pada implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di tahap perkembangan operasional konkrit. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan subjek tunggal. instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri, lembar kerja milik “S” pada tahapan pengenalan, perencanaan projek, dan lembar observasi. Pengumpulan data menggunakan metode think aloud dan wawancara tak terstruktur. Analisis data pada penelitian ini mengacu pada model Miles and Huberman. Melalui penelitian ini diperoleh hasil bahwa subyek “S”, siswa kelas 4 Sekolah Dasar yang berusia 10 tahun mempunyai kemampuan bernalar kritis yang sesuai dengan tahap perkembangan kognitif jean piaget . Subyek “S” berada pada tahapan operasional konkrit. Hasil Penelitian ini dapat menjadi landasan guru Sekolah Dasar dalam menyusun perencanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila di fase B kelas 4.

References

Agustina, I. (2019). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika di era revolusi industri 4.0. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8, 1-9.

Agustyaningrum, N., & Pradanti, P. (2022). Teori Perkembangan Piaget dan Vygotsky: Bagaimana Implikasinya dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar?. Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(1), 568-582.

Ahid, N., Abdullah, A. A., & Muhtadin, M. A. (2022). Desain Kurikulum Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 12026-12036.

Ali, M. (2018). Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah. In Proceeding Annual Conference on Madrasah Teacher (Vol. 1).

Anggara, A., Amini, A., Faridah, F., Siregar, M., Faraiddin, M., & Syafrida, N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan Jenjang SMP. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 1899-1904.

Argarini, D. F., & Najibah, D. (2021, November). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP di Era Pandemi Covid-19. In Prosiding Seminar Nasional IKIP Budi Utomo (Vol. 2, No. 01, pp. 205-210).

Arif, D. S. F., Zaenuri, Z., & Cahyono, A. N. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis pada model problem based learning (PBL) berbantu media pembelajaran interaktif dan google classroom. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 3, No. 1, pp. 323-328).

Asmah, A. (2022). INTERNALISASI TEORI HUMANISTIK DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DAN MERDEKA BELAJAR PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1, pp. 664-670).

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2022a). Panduan Pengembangan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan

Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. (2022b). Kajian Akademik Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran.

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., Rosdiana, S. P., & Fatirul, A. N. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 1(02), 56-67.

Eggen, P., & Kauchak, D. (1997). Educational psychology: Windows on classrooms (3rd ed.). New Jersey: Merrill.

Ennis, R. H. (1987). Critical thinking and the curriculum. Thinking skills instruction: Concepts and techniques, 40-48.

Ennis, R. H. (2015). Critical thinking: A streamlined conception. In The Palgrave handbook of critical thinking in higher education (pp. 31-47). New York: Palgrave Macmillan US.

Eviati, A. S. C. B. S. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. EDUCATE: Journal of Education and Culture, 1(03), 181-185.

Hadiana, M. R., Widodo, S. A., & Setiana, D. S. (2020). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan masalah segiempat ditinjau dari perkembangan kognitif. Journal of Honai Math, 3(1), 1-12.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi kurikulum merdeka belajar dengan model pembelajaran abad 21 dalam perkembangan era society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 3011-3024.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.

Irfan, M., Kusumaningrum, B., Yulia, Y., & Widodo, S. A. (2020). Challenges during the pandemic: use of e-learning in mathematics learning in higher education. Infinity Journal, 9(2), 147-158.

Irfan, M., Suryaningrum, C. W., Pusporini, W., & Widodo, S. A. Online learning effect of post pandemic COVID-19: a survey at universities in Indonesian. Перспективы Науки и Образования Perspectives of Science and Education, 575.

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum Dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran

Keputusan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan teknologi Republik Indonesia nomor 262/M/2022.

Khasanah, S. Z., & Arifin, Z. (2017). Implementasi Pengembangan Kurikulum di SMP Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 12(1), 79-91.

Khoirotun, N. A. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyumas (Doctoral dissertation, UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri).

Khunaifi, A. Y., & Matlani, M. (2019). Analisis Kritis Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003. Jurnal Ilmiah Iqra', 13(2), 81-102.

Magdalena, I. (2022). Jadi desainer pembelajaran? Siapa takut!. Cendekia Publisher.

Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi peserta didik dalam proyek penguatan profil pelajar pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840-7849.

Nurgiyantoro, B. (2005). Tahapan perkembangan anak dan pemilihan bacaan sastra anak. Jurnal Cakrawala Pendidikan, (2).

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155-158.

Pratycia, A., Putra, A. D., Salsabila, A. G. M., Adha, F. I., & Fuadin, A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 3(01), 58-64.

Pusporini, W., Widodo, S. A., Wijayanti, A., Wijayanti, N., Utami, W. B., Taqiyuddin, M., & Irfan, M. (2023). Mathematical Knowledge Content in Junior High School Curriculum: A Comparative Study of the 2013 Curriculum and Merdeka Curriculum. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 389-404.

Rahmadayanti, D., & Hartoyo, A. (2022). Potret kurikulum merdeka, wujud merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7174-7187.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 3613-3625.

Rasmani, U. E. E., Wahyuningsih, S., Jumiatmoko, J., Nurjanah, N. E., Agustina, P., Widiastuti, Y. K. W., ... & Prashanti, N. A. S. (2023). Pentingnya Guru Penggerak bagi Guru PAUD dalam Eksistensi Kurikulum Merdeka. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 482-496.

Sadieda, L. U., Wahyudi, B., Kirana, R. D., Kamaliyyah, S., & Arsyavina, V. (2022). Implementasi model blended learning pada pembelajaran matematika berbasis kurikulum merdeka. JRPM (Jurnal Review Pembelajaran Matematika), 7(1), 55-72.

Santrock, J. (2008). Physical Development and Biological Aging. A Topical Approach to Life-Span Development. New York: McGraw-Hill Companies, Inc, 129-132.

Shalikha, P. A. A. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(2), 86-93.

Sulistyowati, F., Hartanti, S., Widodo, S. A., & Putrianti, F. G. (2022). Critical Thinking Skills in Phlegmatic Students Using Learning Videos. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 8(2), 119-133.

Verawati, A., Agustito, D., Pusporini, W., Utami, W. B., & Widodo, S. A. (2022). Designing Android learning media to improve problem-solving skills of ratio. Advances in Mobile Learning Educational Research, 2(1), 216-224.

Van Someren, M., Barnard, Y. F., & Sandberg, J. (1994). The think aloud method: a practical approach to modelling cognitive. London: AcademicPress, 11, 29-41.

Wahyudin, D. (2016). Manajemen kurikulum dalam pendidikan profesi guru (Studi kasus di Universitas Pendidikan Indonesia). Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 46(2), 259-270.

Whildan, L. (2021). Analisis teori perkembangan kognisi manusia menurut Jean Piaget. Permata: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 11-22.

Woolfolk, A., & Shaughnessy, M. F. (2004). An interview with Anita Woolfolk: The educational psychology of teacher efficacy. Educational psychology review, 16(2), 153-176.

Yuliastuti, S. (2022). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 51(2).

Downloads

Published

2023-11-05

How to Cite

Septiyanti, I. F., Wibawa, S., Yulia, Y., & Cahyani, B. H. (2023). Kemampuan Berpikir Kritis pada Tahapan Operasional Konkrit. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(2), 195–203. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/15136

Issue

Section

Artikel

Citation Check