Etnomatematika: Eksplorasi kesenian rebana bagi santri Raudlatul Ulum 2

Authors

  • Tika Septia (Scopus ID: 57200660921), Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam, Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Rahma Wahyu PGMI, Universitas Islam Raden Rahmat, Malang., Indonesia
  • Zumrotul Hasanah Tadris Matematika, Institusi Agama Islam Al-Qolam, Malang. , Indonesia

Keywords:

ethnomathematics, geometric , tambourine art

Abstract

Pembelajaran berbasis budaya adalah tentang situasi otentik yang secara langsung dapat diakses oleh siswa dalam kehidupannya sebagai komunitas di sekitarnya, sehingga mengintegrasikan budaya dalam pembelajaran matematika. Diharapkan dapat membantu untuk memahami hubungan antara budaya dan matematika, sehingga meningkatkan kualitas pengetahuan matematika siswa dan masyarakat dapat menjadi lebih akurat dan dapat diakses, serta memanfaatkan budaya tertentu yang ada dalam kelompok masyarakat, termasuk berpikir, bekerja, akting dan berbicara, khususnya yang berkaitan dengan Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk   mengetahui   konsep   geometri   yang   terkandung dalam seni rebana santri pondok pesantren Raudlatul Ulum 2. Subjek penelitian ini adalah santri pondok pesantren Raudlatul Ulum 2. Konsep geometri yang terdapat pada kesenian rebana merupakan kajian etnomatematika yang   menghubungkan konsep geometri dengan koteks dunia nyata. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, yang berarti peneliti ingin menggali secara mendalam tentang sebab-akibat atau faktor-faktor yang mempengaruhi peristiwa tertentu. Peneliti ingin menggambarkan dan menguraikan secara mendalam faktor-faktor yang mempengaruhi peristiwa yang terjadi.  Teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi   dan   studi   literatur.   Hasil penelitian menunjukan bahwa kesenian Rebana adalah suatu tradisi yang diajarkan di Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 2. Konsep-konsep  geometri  yang  terdapat  pada kesenian Rebana  adalah:  garis,  sudut,  bangun datar, panjang Lebar dan tinggi yang mana pada penelitian ini difokuskan pada materi geometri dimensi tiga.

 

Author Biography

Tika Septia, (Scopus ID: 57200660921), Institut Agama Islam (IAI) Al-Qolam, Malang, Jawa Timur

References

Casram, & Dadah. (2019). Posisi kearifan lokal dalam pemahaman keagamaan Islam pluralis. Religious: Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 2(3), 161–187. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/Religious/article/download/4739/pdf

Damayanti, R. (2018). Struktur Tari Dampeng Ayohok Di Desa Kilangan Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil (Doctoral dissertation, UNIMED).

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and Its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(February 1985), 44-48 (in 'Classics').

Dali Zulkarnain. (2016). Hubungan Antara Manusia, Masyarakat, Dan Budaya Dalam Perspektif Islam. Nuansa, IX(1), 47–57. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/nuansa/article/viewFile/373/320

Denada, B., & Gusmanto, R. (2022). Kajian Musikalitas Dan Proses Regenerasi Assubhubada Sebagai Media Dakwah Melalui Seni Di Kota Banda Aceh. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 11(2), 361. https://doi.org/10.24114/gr.v11i2.38586

Departemen Pendidikan Nasional. (2008.). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Diambil dari kbbi.web.id/eksplorasi.

Ediwar, Din, M. A. U., & Zakaria, Z. (2010). Kesenian Bernuansa Islam Suku Melayu Minangkabau. Jurnal Melayu, 5(5), 227–249.

Fathani, A. H. (2019). PEMBELAJARAN MATEMATIKA BAGI SANTRI PONDOK PESANTREN BERBASIS KECERDASAN MAJEMUK. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1), 48–55.

Fatimah, & Nuryaningsih. (2018). Buku Ajar Berbasis HOTS pada Mata Kuliah Pembelajaran Matematika di Kelas Rendah Sekolah Dasar (1st ed.). Bening Media Publishing.

Fatkhurohman, F., Ayuningtyas, A. D., Noto, M. S., & Widodo, S. A. (2021). Etnomathematics: Exploration of Geblek Renteng Batik in Transformation Geometry. Numerical: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5, 79–90. https://doi.org/10.25217/numerical.v5i2.1506

Febriyanti, D., & Afri, L. D. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Proses Pembuatan Tahu Desa Sayurmatinggi Kabupaten Simalungun Sebagai Sumber Pembelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1611–1622. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2257

Firdaus, B. A., Widodo, S. A., Taufiq, I., & Irfan, M. (2020). Studi Etnomatematika: Aktivitas Petani Padi Dusun Panggang. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 7(2), 85–92. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v7i2.983

Handoyo, E., Astuti, T. M. P., Iswari, R., Alimi, Y., & Mustofaa, M. S. (2015). Studi Masyarakat Indonesia. In Penerbit Ombak (Issue 2015).

Kusdiane, S. D., Soetarto, E., & Sunito, S. (2018). Alih Fungsi Lahan dan Perubahan Masyarakat di Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang. Journal Of Agribusiness Management, 246–251.

Mandasari, N. (2018). Elaborasi Kognitif Dalam Proses Abstraksi Konsep Matematika. Prosiding Seminar Nasional 21 Universitas Pgri Palembang 05 Mei 2018, 5(5), 399–405. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/1905

Medianti, A. P., & Wahidah, A. N. (2023). Eksplorasi Etnomatematika Pada Bentuk Alat Musik Kesenian Hadrah Di Desa Parit Lengkong Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya. Al-’Adad : Jurnal Tadris Matematika, 2(1), 51–63. https://e-journal.iainptk.ac.id/index.php/al-adad/article/view/1560

Misbah. (2016). Perkembangan seni rebana biang pada masyarakat kecamatan Jagakarsa Jakarta. Repository.Uinjkt.Ac.Id. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/32864%0Ahttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/32864/1/MEILANIH-FAH.pdf

Nasir, A., Tanjung, D., Zikra, A., Agama, T., Syekh, I., Islam, U., Sumatera, N., & Aceh, M. M. (2023). Konflik Relasi Dinamika Hukum Islam dan Budaya Lokal di Bondowoso. 6, 8009–8018.

Ni’ami, N. N. I., Nafis, S. K., & Setyawan, B. W. (2023). Penerapan Prinsip Matematika Dalam Iuran Santri Di Pesantren Subulussalam Tulungagung Jawa Timur. Jurnal Edumatic : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 24–31. https://doi.org/10.21137/edumatic.v4i2.763.

Nurdiyana, T., & Indriyani, P. D. (2023). Etnokoreologi: Kajian Melalui Antropologi dan Seni Tari. Jejak Pustaka.

Prayitno, U. S. (2017). REVOLUSI MENTAL DALAM PERSPEKTIF BUDAYA JAWA : ANALISIS MELALUI PEMIKIRAN PIERRE BOURDIEU Mental Revolution in Javanese Cultural Perspective : The Pierre Bourdieu ’ s Thinking Analysis Ujianto Singgih Prayitno. Aspirasi, 8(2), 223–234.

Putra, R. Y., Wijayanto, Z., & Widodo, S. A. (2020). Etnomatematika: Masjid Soko Tunggal Dalam Pembelajaran Geometri 2D. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 10. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p10-22

Putri, L. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumber Belajar Matematika Pada Jenjang Mi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar UNISSULA, 4(1), 136837.

Relianto, I. T. (2015). Estetika Kesenian Terbang Papat dalam Tradisi Karnaval Ampyang Maulud Nabi Muhammad SAW di Desa Loram Kulon Kecamatan Jati Kabupaten Kudus | Catharsis. Catharsis: Journal of Arts Education, 4(1), 29–31. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/catharsis/article/view/6824

Sari, M. T. (2021). Pengembangan Handout Berbasis Etnomatematika Masjid Muhammad Cheng Hoo Jember Pada Materi Garis Dan Sudut Kelas Vii Di Smp Plus Darus Sholah Jember.

Simanjuntak, R. M., Br Ginting, A. C. P., Situmorang, J. D., & Pardede, A. I. (2022). Eksplorasi Etnomatematika pada Alat Musik Sulim. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 4(1), 69–73. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.246

Sinaga, S. S. (2006). Fungsi dan Ciri Khas Kesenia Rebana di Pantura Jawa Tengah. Harmonia, VII(3), 1.

Siti Aesijah. (2000). LATAR BELAKANG PENCIPTAAN SENI (Background of Creative Art). Harmonia - Journal of Arts Research and Education, 1(2), 62–74.

Suharto, S., & Widada, W. (2019). The Cognitive Structure of Students in Understanding Mathematical Concepts. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 295(ICETeP 2018), 65–69. https://doi.org/10.2991/icetep-18.2019.16

Suprayo, T., Nuryusri, & Noto, M. S. (2018). Studi Etnomatematika Masyarakat Petani Kabupaten Cirebon. SNMPM: Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 49–54.

Wahyudi, H., Widodo, S. A., Setiana, D. S., & Irfan, M. (2021). Etnomathematics: Batik Activities In Tancep Batik. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 5(2), 305. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v5i2.1699

Yuniarto, B. (2013). Membangun kesadaran warga negara dalam pelestarian lingkungan. Deepublish.

Downloads

Published

2023-11-05

How to Cite

Septia, T., Wahyu, R., & Hasanah, Z. (2023). Etnomatematika: Eksplorasi kesenian rebana bagi santri Raudlatul Ulum 2. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(2), 244–252. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/15634

Issue

Section

Artikel

Citation Check