Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII A SMPN 3 Srengat dengan Gaya Belajar Visual dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Bentuk Aljabar

Authors

  • Fitriati Hamidah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Indonesia
  • Syaiful Hadi UIN Sayyid Ali Rahmatullah, Indonesia

Keywords:

Mathematical Reasoning, Mathematical problems, Algebraic Form, Learning Style

Abstract

One of the abilities that students should be masters of is the capacity for mathematical reasoning. The ability of good mathematical reasoning will really help them in resolving common mathematical problems. Another aspect that affects student’s ability to solve problems requiring mathematical reasoning is learning style. The study uses  a method that is qualitative with the type of case study. The purpose of this study is to describe the ability of mathematical reasoning of Class VIII A at Srengat 3 Junior High School to a visual learning style in solving mathematical problems on the material algebraic form. The results showed that students with visual learning styles are able to meet 4 indicators of the ability of mathematical reasoning, which is sense-making, conjecturing, convincing, and generalising.

References

Amalia, Z., & Sholihah, U. (2022). Kemampuan Berpikir Lateral Dalam Memecahkan Masalah Bangun Datar Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pembelajarannya (SNMP) (Vol. 1, pp. 191-201).

Bjuland, R. (2007). Adult students' reasoning in geometry: Teaching mathematics through collaborative problem solving in teacher education. The mathematics enthusiast, 4(1), 1-30.

De Porter, B., & Hernacki, M. (2000). Quantum learning. PT Mizan Publika.

Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta : Depdiknas

Dhamayanti, N. W., Rasiman, R., & Endahwuri, D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(3), 249-259.

Fauziah, N., Sunaryo, Y., & Ruswana, A. M. (2021). Analisis kemampuan penalaran matematis berdasarkan gaya belajar Siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan), 2(3), 119-124.

Fauziyah, F. D., & Sujarwo, I. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Menyelesaikan Soal Geometri ditinjau dari Persepsi Siswa. Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 10-22.

Hindun. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Gaya Belajar Visua dan Auditorial dalam Pemecahan Masalah Matematika pada. Skripsi. Universitas Jambi.

Lasarus, M. (2015). Identifikasi Kesalahan Menyelesaikan Soal-soal Lingkaran Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rantepao. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 1033-1045.

Lucy, B. dan Rizky, A.J. (2012). Dahsyatnya Brain Smart Teaching Cara Super Jitu Optimalkan Kecerdasan Otak dan Prestasi Belajar Anak. Bogor: Penebar Plus+ .

Mahardiningrum, A. S., & Ratu, N. (2018). Profil pemecahan masalah matematika siswa smp pangudi luhur salatiga ditinjau dari berpikir kritis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 75-84.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. London: SAGE Publications Ltd.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United State of America: Library of Congress Cataloguing.

Nurhayati, E., & Subekti, F. E. (2017). Deskripsi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar dan Gender. AlphaMath: Journal of Mathematics Education, 3(1).

OECD, PISA (2018). Draft science framework. http://www. oecd. org/pisa/pisaproducts/Draft PISA 2015 Science Framework.

Putri, D., Ekawati, R., & Fiangga, S. (2022). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika Undiksha, 13(1), 1-12.

Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi sesuai dengan karakteristik gaya belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355-363.

Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2011). Meningkatkan kemampuan penalaran dan prestasi matematika dengan pendekatan konstruktivisme pada siswa sekolah menengah atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2).

Rokhayah, S., Khamdun, K., & Ulya, H. (2021). Kemampuan penalaran matematis siswa ditinjau dari gaya belajar. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 8(1), 63-73.

Sari, A. K. (2014). Analisis karakteristik gaya belajar vak (visual, auditorial, kinestetik) mahasiswa pendidikan informatika angkatan 2014. Jurnal Ilmiah Edutic: Pendidikan dan Informatika, 1(1).

Septian, A., Widodo, S. A., Afifah, I. N., Nisa, D. Z., Putri, N. P. K., Tyas, M. D., ... & Andriani, A. (2022). Mathematical problem solving ability in Indonesia. Journal of Instructional Mathematics, 3(1), 16-25.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Syaharuddin, S. (2016). Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika dalam hubungannya dengan pemahaman konsep ditinjau dari gaya belajar siswa kelas viii smpn 4 binamu kabupaten jeneponto (Doctoral dissertation, Pascasarjana).

Tyas, E. H. (2016). Mengenali gaya belajar peserta didik. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 249-258.

Ulfa, M. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Online. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 125-133.

Utami, S. M., Shodiqin, A., & Sudargo, S. (2023). Profil Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 38-45.

Widayanti, F. D. (2013). Pentingnya mengetahui gaya belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Erudio Journal of Educational Innovation, 2(1).

Widodo, S. A. (2010). Permasalahan Pengajaran Matematika Di Sekolah Menengah Ditinjau Dari Teori Perkembangan. Majalah Ilmiah Wacana Akademika, 3(8).

Widodo, S. A., Wijayanti, A., Irfan, M., Pusporini, W., Mariah, S., & Rochmiyati, S. (2023). Effects of Worksheets on Problem-Solving Skills: Meta-Analytic Studies. International Journal of Educational Methodology, 9(1), 151-167.

Wulandar, F. A. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII MTS Negeri 3 Bulu Kumba. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makasar.

Zaini, A., & Marsigit. (2014). Perbandingan Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Matematika Realistik dan Konvensional Ditinjau dari Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematik Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1, 152–163

Downloads

Published

2023-11-06

How to Cite

Fitriati Hamidah, & Syaiful Hadi. (2023). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII A SMPN 3 Srengat dengan Gaya Belajar Visual dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Bentuk Aljabar. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 7(2), 288–297. Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wacanaakademika/article/view/16079

Issue

Section

Artikel

Citation Check