Kontribusi Self-Concept Matematis dan Kecemasan Matematika Terhadap Kemampuan Literasi Matematika Mahasiswa

Penulis

  • Isnaini Mahuda Universitas Bina Bangsa
  • Anton Nasrullah Universitas Bina Bangsa
  • Mira Marlina Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.30738/wa.v5i1.9886

Abstrak

 

ABSTRACT

Kemampuan literasi matematika menjadi kemampuan yang penting dimiliki oleh mahasiswa pada tingkat perguruan tinggi. Hal ini dikarenakan pembelajaran matematika pada tingkat perguruan tinggi lebih banyak membutuhkan kemampuan literasi untuk menganalisis soal-soal yang membutuhkan penalaran yang lebih tinggi dan aplikatif. Dengan demikian, aspek-aspek yang dianggap berkontribusi dalam mempengaruhi kemampuan literasi seperti self-concept dan kecemasan matematika mahasiswa perlu dikaji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kemampuan literasi mahasiswa, self-concept dan kecemasan matematika mahasiswa serta untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh self-concept metematis dan kecemasan matematika terhadap kemampuan literasi matematika mahasiswa baik secara parsial maupun simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 1 program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Bangsa yang mengontrak mata kuliah Matematika Ekonomi I. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil kemampuan literasi matematika dan self-concept matematis mahasiswa berada pada kategori cukup, sedangkan hasil kecemasan matematis mahasiswa termasuk dalam ketegori rendah. Selain itu, kontribusi self-concept dan kecemasan matematis dalam mempengaruhi kemampuan literasi matematis mahasiswa adalah sebesar 70,3% sisanya yaitu sebesar 29,7% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Referensi

Ayodele, O. J. (2011). Self-concept and performance of secondary school students in mathematics. Journal of Educational and Developmental Psychology, 1(1), 176.

Çatlıoğlu, H., Gürbüz, R., & Birgin, O. (2014). Do pre-service elementary school teachers still have mathematics anxiety? Some factors and correlates. Bolema: Boletim de Educação Matemática, 28(48), 110-127.

Gresham, G. (2010). A Study Exploring Exceptional Education Pre-Service Teachers' Mathematics Anxiety. Issues in the Undergraduate Mathematics Preparation of School Teachers, 4.

Herman, T. (2004). Mengajar dan Belajar Matematika dengan Pemahaman. Jurnal Mimbar Pendidikan, 23(1), 39.

Hidayat, R., & Rahmatudin, J. (2017). Kontribusi Self Concept Matematis Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa pada Pembelajaran Kalkulus. In Seminar Nasional Hasil Penelitian Universitas Kanjuruhan Malang (Vol. 5, No. 1).

Khatoon, T., & Mahmood, S. (2010). Mathematics anxiety among secondary school students in India and its relationship to achievement in mathematics. European Journal of Social Sciences, 16(1), 75-86.

Mahdiansyah, M., & Rahmawati, R. (2014). Literasi matematika siswa pendidikan menengah: Analisis menggunakan desain tes internasional dengan konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 452-469.

Malinsky, M., Ross, A., Pannells, T., & McJunkin, M. (2006). Math anxiety in pre-service elementary school teachers. Education, 127(2), 274-280.

OECD. (2016). PISA 2015 results: Excellence and equity in education. Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD).

Pardede, Y. O. K. (2011). Konsep diri anak jalanan usia remaja. Jurnal Psikologi, 1(2).

Rahman, R. (2010). Pengaruh pembelajaran berbantuan geogebra terhadap kemampuan berpikir kreatif dan self-concept siswa. Jurnal: UPI Bandung.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Alfabeta: Bandung.

Syawahid, M., & Putrawangsa, S. (2017). Kemampuan literasi matematika siswa SMP ditinjau dari gaya belajar. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 222-240.

Umar, J & Miftahuddin. (2012). Analisis Prestasi Matematika pada TIMSS Tahun 2011. Makalah disampaikan pada Seminar Kebijakan Penilaian Pendidikan Berbasis Kajian Sebagai Umpan Balik Kegiatan Belajar Mengajar untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan yang diselenggarakan oleh Puspendik, Kemdikbud pada tanggal 7-8 Desember 2012 Di Hotel Salak, Bogor, Jawa Barat.

Wulandari, E., & Azka, R. (2018). Menyambut PISA 2018: Pengembangan Literasi Matematika untuk Mendukung Kecakapan Abad 21. De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31-38.

Unduhan

Diterbitkan

04-05-2021

Terbitan

Bagian

Artikel