Media pop-up book sebagai penunjang keberhasilan literasi membaca siswa sekolah dasar

Authors

  • Indah Andri Susanti Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v9i1.10388

Keywords:

Literasi membaca, Media Pop-Up Book

Abstract

Literasi membaca atau yang disebut kemampuan membaca merupakan berpikir tingkat tinggi, dalam menemukan ide-ide yang baru dalam penguasaan dari Bahasa dan gambar. Tujuan artikel review ini untuk menganalisis media Pop-Up Book sebagai penunjang keberhasilan literasi membaca di SD. Artikel review ini menggunakan metode (SLR) Systematic Literature Review dengan pendekatan kualitatif. Hasil yang didapat media pembelajaran Pop-Up Book dapat digunakan sebagai media literasi membaca, karena siswa cenderung menyukai media pembelajaran yang menampilkan gambar dan cerita yang menarik. Ini dapat diwujudkan dalam media pembelajaran Pop-Up Book yang disertai gambar yang timbul, dibuat dari guntingan kertas apabila media dibuka gambar akan timbul dan gambar akan tertutup rapi tanpa terlipat ketika media ditutup. Dengan demikian, media Pop-Up Book menarik bagi siswa sehingga dapat digunakan sebagai penunjang keberhasilan literasi membaca siswa.

 

Pop-up book media as supporting the success of elementary school students' reading literacy

 

Abstract: Reading literacy, or what is called reading ability, is high-level thinking in finding new ideas in the mastery of language and images. This review article aims to analyze the Pop-Up Book media as a support for the success of reading literacy in elementary school. This review article uses the Systematic Literature Review (SLR) method with a qualitative approach. The results obtained by the Pop-Up Book learning media can be used as a medium for reading literacy because students tend to like learning media that displays interesting pictures and stories. This can be realized in the Pop-Up Book learning media which is accompanied by embossed images made from paper clippings. When the media is opened, the image will appear, and the image will be closed neatly when the media is closed. Thus, the Pop-Up Book media is interesting for students so that it can be used as a support for the success of students' reading literacy.

References

Ariyani, Y. D., & Setyowati, S. (2021). Pengembangan pop up book berbasis karakter nasionalisme sebagai upaya meningkatkan literasi siswa SD. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 50–60. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i1.1069

Aulani, M., Burhanuddin, B., Hamdi, Z., & Hadi, Y. A. (2021). Pengembangan cerita bergambar berbasis nilai karakter sebagai penunjang literasi. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 5(1), 20–24. https://doi.org/10.36928/jipd.v5i1.712

Daulay, M. I., & Nurmnalina, N. (2021). Pengembangan media komik untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 41 Pekanbaru. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.30605/onoma.v7i1.452

Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2018). Pengembangan media pop-up book untuk pembelajaran lingkungan tempat tinggalku kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4551

Fatriani, A. (2018). Pengembangan media big book terhadap keterampilan membaca dengan metode suku Kapermulaanta. Joyful Learning Journal, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/JLJ.V7I1.25087

Ismail, M. F. (2021). The effect of pop-up book learning media on science learning outcomes of elementary school students. Emergent: Journal of Educational Discoveries and Lifelong Learning (EJEDL), 2(04), 24–29. https://ejedl.academiascience.org/index.php/ejedl/article/view/19

Kawuryan, F., & Raharjo, T. (2012). Pengaruh stimulasi visual untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak disleksia. Pitutur: Jurnal Psikologi, 1(1), 9–18. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/PSI/article/view/32

Khoiriyah, E., & Sari, E. Y. (2018). Pengembangan media pembelajaran pop-up book pada mata pelajaran IPA Kelas III SDN 3 Junjung Kecamatan Suymbergempol Kabupaten Tulungagung. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(2), 22–32. https://doi.org/10.21067/jbpd.v2i2.2495

Monigir, M. (2020). Penggunaan metode demonstrasi dan media gambar seri dalam literasi untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV di SDN 3 Airmadidi. Jurnal Gerbang Pendidikan Dasar, 1(1), 31–37.

Muskania, R. T., Marini, A., & Maksum, A. (2020). Implementasi pendidikan multikultural melalui media pop up book tematik di sekolah dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 30. https://doi.org/10.35931/am.v5i1.394

Putri, A. A. A. (2018). Pengaruh model pembelajaran PBL berbantuan media gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), 21–23. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i1.14621

Rosvita, A., & Anugraheni, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran buku cerita bergambar berbasis kemampuan membaca pada pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan Rokania, 6(1), 23–34. https://doi.org/10.37728/jpr.v6i1.368

Sari, D. P. (2021). Efektivitas media pop up book terhadap keterampilan membaca siswa kelas ii sekolah dasar. Lentera: Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–7. https://journal.actual-insight.com/index.php/lentera/article/view/113

Wati, E. T., & Zuhdi, U. (2017). Pengaruh media pop-up book terhadap hasil belajar siswa tema ekosistem kelas V SDN Karangpilang 1 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 254557.

Wulandari, N., Hendratno, H., & Indarti, T. (2020). Development of pop-up book media based on balanced literacy approach to improve skills of reading class 1 students basic school. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(5), 619. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i5.1693

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Susanti, I. A. . . (2021). Media pop-up book sebagai penunjang keberhasilan literasi membaca siswa sekolah dasar. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 9(1), 15–20. https://doi.org/10.30738/wd.v9i1.10388

Issue

Section

Artikel