Pengaruh motivasi belajar, pemanfaatan sumber belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPA pada siswa kelas V

Main Article Content

Ira Kurniawati
Supriyoko Supriyoko
Sunarto Sunarto

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh motivasi belajar, pemanfaatan sumber belajar dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar IPA siswa kelas V (lima) SD (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar dengan prestasi belajar IPA (3) mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar IPA (4) mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah 173 siswa yang dan sampel 121 siswa. Teknik pengambilan sampel random sampling. Uji instrument menggunakan uji validitas dan reabilitas sedangkan uji prasysarat menggunakan uji normalitas dan multikolinearitas. Uji hipotesis melalui uji regresi ganda dan korelasi parsial. Pada uji F menyatakan ada dampak signifikan antara motivasi belajar (X1), pemanfaatan sumber belajar (X2), dan perhatian orang tua  (X3) secara simultan terhadap prestasi belajar IPA. Hasil penelitian menunjukkan (1) pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar, pemanfaatan sumber belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPA (2) pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar dengan prestasi belajar IPA (3) pengaruh positif yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar IPA (4) terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil prestasi belajar IPA. Hasil uji t variabel yang paling berdampak terhadap prestasi belajar IPA adalah perhatian orang tua.


 


The effect of learning motivation, utilization of learning resources and parental attention on science learning achievement in fifth-grade students


 


The purpose of this study is (1) to know the influence of learning motivation, utilization of learning resources and parental attention on the natural science learning achievement of students in grade V (five) elementary school and (2) to know the influence of learning motivation on natural science learning achievement (3) knowing the influence of utilization of learning resources with natural science learning achievement (4) knowing the influence of parental attention on natural science learning achievement. The population in the study was 173 students and a sample of 121 students. Random sampling technique. Instrument tests use validity and rehabilitation tests, while prerequisite tests use normality and multicollinearity tests. Test hypotheses through multiple regression and partial correlation tests. The F test stated that there was a significant impact between learning motivation (X1), utilization of learning resources (X2), and parental attention (X3) simultaneously on natural science learning achievement. The results showed (1) a significant positive influence between learning motivation, utilization of learning resources and parental attention together with natural science learning achievement, (2) a significant positive influence of learning motivation with natural science learning achievement, and (3) significant positive influence between utilization of learning resources and natural science learning achievement (4) there is a very significant positive influence between parental attention and natural science/ learning achievement results. The variable test results that most impact natural science learning achievement are parental attention

Article Details

How to Cite
Kurniawati, I., Supriyoko, S., & Sunarto, S. (2022). Pengaruh motivasi belajar, pemanfaatan sumber belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPA pada siswa kelas V . Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 9(1). Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd/article/view/11478
Section
Artikel

Most read articles by the same author(s)

> >>