Pengaruh motivasi belajar, pemanfaatan sumber belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPA pada siswa kelas V

Authors

  • Ira Kurniawati SDN Selomerto Kab. Wonosobo
  • Supriyoko Supriyoko Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Sunarto Sunarto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v9i1.11478

Keywords:

prestasi belajar, IPA, motivasi, sumber belajar, perhatian orang tua

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh motivasi belajar, pemanfaatan sumber belajar dan perhatian orang tua dengan prestasi belajar IPA siswa kelas V (lima) SD (2) mengetahui pengaruh motivasi belajar dengan prestasi belajar IPA (3) mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar IPA (4) mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah 173 siswa yang dan sampel 121 siswa. Teknik pengambilan sampel random sampling. Uji instrument menggunakan uji validitas dan reabilitas sedangkan uji prasysarat menggunakan uji normalitas dan multikolinearitas. Uji hipotesis melalui uji regresi ganda dan korelasi parsial. Pada uji F menyatakan ada dampak signifikan antara motivasi belajar (X1), pemanfaatan sumber belajar (X2), dan perhatian orang tua  (X3) secara simultan terhadap prestasi belajar IPA. Hasil penelitian menunjukkan (1) pengaruh positif yang signifikan antara motivasi belajar, pemanfaatan sumber belajar dan perhatian orang tua secara bersama-sama dengan prestasi belajar IPA (2) pengaruh positif yang signifikan motivasi belajar dengan prestasi belajar IPA (3) pengaruh positif yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar IPA (4) terdapat pengaruh positif yang sangat signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil prestasi belajar IPA. Hasil uji t variabel yang paling berdampak terhadap prestasi belajar IPA adalah perhatian orang tua.

 

The effect of learning motivation, utilization of learning resources and parental attention on science learning achievement in fifth-grade students

 

The purpose of this study is (1) to know the influence of learning motivation, utilization of learning resources and parental attention on the natural science learning achievement of students in grade V (five) elementary school and (2) to know the influence of learning motivation on natural science learning achievement (3) knowing the influence of utilization of learning resources with natural science learning achievement (4) knowing the influence of parental attention on natural science learning achievement. The population in the study was 173 students and a sample of 121 students. Random sampling technique. Instrument tests use validity and rehabilitation tests, while prerequisite tests use normality and multicollinearity tests. Test hypotheses through multiple regression and partial correlation tests. The F test stated that there was a significant impact between learning motivation (X1), utilization of learning resources (X2), and parental attention (X3) simultaneously on natural science learning achievement. The results showed (1) a significant positive influence between learning motivation, utilization of learning resources and parental attention together with natural science learning achievement, (2) a significant positive influence of learning motivation with natural science learning achievement, and (3) significant positive influence between utilization of learning resources and natural science learning achievement (4) there is a very significant positive influence between parental attention and natural science/ learning achievement results. The variable test results that most impact natural science learning achievement are parental attention

References

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.

Arsyad, A., & Anitah, S. (2017). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi belajar mengajar. Rineka Cipta.

Dwija, I. W. (2008). Hubungan antara konsep diri, motivasi berprestasi dan perhatian orang tua dengan hasil belajar Sosiologi pada siswa kelas II Sekolah Menengah Atas unggulan di Kota Amlapura. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 41(1). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v41i1.1977

Farida, I., & Salim, I. (2015). Pengaruh motivasi belajar dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa SMP Negeri 11 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(5). https://doi.org/10.26418/jppk.v4i5.10127

Hamalik, O. (2009). Proses belajar mengajar. Bumi Aksara.

Jannah, M. Z. (2017). Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada pelajaran matematika di MI Bustanul Ulum Brudu Sumobito Jombang [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/9956/

Purwanto, M. N., Rifa’i, A., & Anni, C. T. (2009). Psikologi pendidikan. In Remaja Rosdakarya. PT Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajagrafindo Persada.

Slameto, S. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bina Aksara.

Suryabrata, S. (2010). Psikologi pendidikan. PT Rajagrafindo.

Downloads

Published

2021-05-10

How to Cite

Kurniawati, I., Supriyoko, S., & Sunarto, S. (2021). Pengaruh motivasi belajar, pemanfaatan sumber belajar dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPA pada siswa kelas V . Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 9(1), 41–48. https://doi.org/10.30738/wd.v9i1.11478

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)

> >>