Pengembangan instrumen pengukuran sikap nasionalisme
DOI:
https://doi.org/10.30738/wd.v9i1.12056Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengembangkan instrumen pengukuran nasionalisme siswa kelas V Sekolah Dasar dan mengetahui kualitas instrumen penilaian yang dikembangkan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian dan pengembangan (research and development/ R&D). Penelitian dilakukan di SD di Gugus Sedayu. Subjek penelitian untuk ujicoba terbatas adalah 30 siswa dan uji coba luas 125 siswa. Sebelum di ujicobakan, Instrumen telah di uji kelayakan dengan validitas isi yang dianalisis menggunakan V-aiken. Penelitian berhasil mengembangkan insrtumen pengukuran sikap nasionalisme sebanyak 48 item yang terdiri atas data valensi dan faktual. Hasil analisis data menunjukkan angka KMO dan Bartlet’s test adalah 0,880. Angka tersebut lebih besar dari 0,5 dan signifikansi yang dihasilkan dibawah 0,05. Berdasarkan hasil analisis pengujian MSA ( Measure of Sampling) diperoleh hasil bahwa keseluruhan item memenuh kriteria yaitu > 0,5. Pengujian reliabilitas berdasarkan hasil analisis data yang sudah diketahui bahwa masing-masing item nilai Cronbach’ Alpha secara keseluruhan > 0,80. Hasil pengukuran sikap nasionalisme menggunakan sampel 125 siswa kelas V SD Gugus Sedayu. Indikator pertama adalah persatuan bangsa dengan rata-rata skor jawaban adalah 4 yang masuk dalam kategori sangat tinggi. Indikator cinta tanah air dengan skor rata-rata 3 masuk dalam kategori tinggi. Indikator ketiga adalah sikap yang mencerminkan nasionalisme dengan skor rata-rata 4 masuk dalam kategori sangat tinggi. Indikator terakhir adalah menghargai symbol-symbol nasionalisme dengan skoe 2 yang masuk dalam kategori rendah.
Development of instruments for measuring nationalism attitudes
Abstract: This study aims to develop an instrument for measuring nationalism for fifth-grade elementary school students and determine the quality of the assessment instrument developed. This research is included in the type of research and development (R&D). The research was conducted in an elementary school in the Sedayu cluster. The research subjects for the limited trial were 30 students and the broad trial 125 students. Before being tested, the instrument has been tested for feasibility with content validity which was analyzed using V-aiken. The research succeeded in developing 48 items of nationalism attitude measurement instrument consisting of valence and factual data. The results of data analysis show the KMO and Bartlet's test numbers are 0.880. This figure is greater than 0.5 and the resulting significance is below 0.05. Based on the results of the MSA (Measure of Sampling) test analysis, it was found that all items met the criteria, namely > 0.5. Reliability testing is based on the results of data analysis which is already known that each item Cronbach's Alpha value as a whole > 0.80. The results of measuring the attitude of nationalism using a sample of 125 fifth grade students of SD Gugus Sedayu. The first indicator is national unity with an average answer score of 4 which is in the very high category. The indicator of love for the homeland with an average score of 3 is in the high category. The third indicator is an attitude that reflects nationalism with an average score of 4 in the very high category. The last indicator is appreciating the symbols of nationalism with a score of 2 which is in the low category.
Downloads
References
Affan, M. H., & Maksum, H. (2016). Membangun kembali sikap nasionalisme bangsa Indonesia dalam menangkal budaya asing di era globalisasi. Jurnal Pesona Dasar, 3(4). http://202.4.186.66/PEAR/article/view/7542
Ajzen, I., & Fishbein, M. (1975). A Bayesian analysis of attribution processes. Psychological Bulletin, 82(2), 261–277. https://doi.org/10.1037/h0076477
Allport, G. W. (1964). Mental health: A generic attitude. Journal of Religion and Health, 4(1), 7–21.
Anderson, L. W., & Bourke, S. F. (2013). Assessing affective characteristics in the schools. Routledge. https://doi.org/10.4324/9781410605443
Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Aryani, I. K., Susatim, M., & Jamaludin, A. (2010). Pendidikan kewarganegaraan berbasis nilai. Ghalia Indonesia.
Azwar, S. (2011). Sikap manusia: Teori dan pengukurannya. Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2019). Reliabilitas dan validitas (4th ed.). Pustaka Pelajar.
Bauer, O. (2000). The question of nationalities and social democracy. U of Minnesota Press.
Berkowitz, M. W., & Hoppe, M. A. (2009). Character education and gifted children. High Ability Studies, 20(2), 131–142. https://doi.org/10.1080/13598130903358493
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational research: An introduction. Longman.
Deddy, I., & Gatara, A. A. S. (2007). Ilmu negara dalam multi perspektif. Pustaka Setia.
Djaja, W. (2009). Pancasila di antara ideologi besar dunia. Cempaka Putih.
Kartodirdjo, S. (1987). Pengantar sejarah Indonesia baru, 1500-1900: Dari emporium sampai imperium (1st ed.). Gramedia.
Kohn, H. (1962). The age of nationalism. Naval War College Review, 15(7), 7.
Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Mitrs Cendikia Offset.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan, (2013).
Moesa, A. M. (2007). Nasionalisme Kiai; Konstruksi sosial berbasis agama. LKIS PELANGI AKSARA.
Mulyana, S. (2008). Kesadaran nasional: Dari kolonialisme sampai kemerdekaan (1st ed.). Penerbit LKiS.
Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Parama Publishing.
Rosita, R., Japar, M., & Timoera, D. A. (2013). Hubungan pemahaman bela negara dengan nasionalisme siswa di SMP Negeri 3 Tambun. Jurnal PPKn UNJ Online, 1(2).
Sears, D. O., Freedman, J. L., & Peplau, L. A. (1992). Psikologi sosial (3rd ed.). Erlangga.
Sofyaningsih, V. (2014). Pandangan pemilih pemula pelajar SMA Negeri 1 Wonosari dan SMA Negeri 1 Patuk terhadap bakal calon presiden versi media masa pada pilpres 2014 [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://eprints.uny.ac.id/23767/
Sugiyono, S. (2016). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Tri Wahyu Widyaningsih, Yuli Prihatni, Rahayu Retnaningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.