Implementasi pembelajaran ekstrakurikuler bola basket di SMA Santo Mikael Sleman, Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.30738/wd.v9i2.12173Keywords:
Implementasi Pembelajaran, Ekstrakurikuler Bola BasketAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan memaknai Implementasi Pembelajaran ekstrakurikuler bola basket di SMA Santo Mikael Kabupaten Sleman Yogyakarta yang meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Kendala dan (4) Hasil yang dicapai dari Implementasi Pembelajaran Ekstrakurikuler bola basket terhadap peserta didik di SMA Santo Mikael Kabupaten Sleman Yogyakarta. Metode penelitian ini bersifat deskriftif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru pelatih bola basket dan Siswa/i yang terlibat dalam kegiatan ekstrakurikuler bola basket. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan analisis dokumentasi terhadap subjek penelitian. Hasil Penelitian adalah sebagai berikut: (1) Perencanaan: Guru/Pelatih berperan aktif dan terlibat secara langsung dalam perencanaan Implementasi Pembelajaran ekstrakurikuler bola basket. Dalam implementasi kegiatan ekstrakurikuler bola basket Guru Penjas dibantu oleh kepala bidang Olahraga, untuk menjalankan kewajiban sesuai tugas dan fungsinya masing-masing. (2) Pelaksanaan pembelajaran diawali dengan persiapan yang dilakukan oleh pihak sekolah meliputi: kebijakan kepala sekolah terkait pelaksanaan program ekstrakurikuler bola basket, persiapan sarana dan prasarana, persiapan instruktur dan persiapan dana. Sedangkan persiapan instruktur adalah persiapan materi dan alat-alat yang dibutuhkan dalam pelaksanaan ekstrakurikuler bola basket. (3) Kendala dalam implementasi pembelajaran ekstrakurikuler bola basket adalah Kurangnya pendanaan dari sekolah untuk mendukung terlaksanannya pembelajaran ekatrakurikuler bola basket. (4) Hasil yang di capai dari Implementasi Pembelajaran Ekstrakurikuler bola basket di SMA Santo Mikael adalah bertambahnya ilmu dalam bola basket dan menumbuhkan semangat peserta didik untuk menghasilkan prestasi akademik dan non akademik yang lebih tinggi.
Implementation of basketball extracurricular learning at SMA Santo Mikael, Sleman, Yogyakarta.
Abstract: The purpose of this study is to describe and interpret the implementation of basketball extracurricular learning at SMA Santo Mikael, Sleman Regency, Yogyakarta which includes: (1) Planning, (2) Implementation, (3) Obstacles and (4) Results achieved from the Implementation of Football Extracurricular Learning basketball for students at SMA Santo Mikael, Sleman Regency, Yogyakarta. This research method is descriptive and qualitative. The subjects of this study were basketball coaches and students who were involved in basketball extracurricular activities. Collecting data using interviews, observation and documentation analysis of the research subjects. The results of the study are as follows: (1) Planning: Teachers/Coaches play an active role and are directly involved in planning the implementation of basketball extracurricular learning. In the implementation of basketball extracurricular activities, Physical Education teachers are assisted by the head of the sports field, to carry out obligations according to their respective duties and functions. (2) The implementation of learning begins with preparations made by the school including the principal's policy regarding the implementation of the basketball extracurricular program, preparation of facilities and infrastructure, preparation of instructors and preparation of funds. While the preparation of the instructor is the preparation of materials and tools needed in the implementation of basketball extracurricular activities. (3) The obstacle in implementing basketball extracurricular learning is the lack of funding from schools to support the implementation of basketball extracurricular learning. (4) The results achieved from the implementation of basketball extracurricular learning at SMA Santo Mikael are increasing knowledge in basketball and fostering the enthusiasm of students to produce higher academic and non-academic achievements.
Downloads
References
Ahiri, J., & Hafid, A. (2011). Evaluasi pembelajaran dalam konteks KTSP. Humaniora.
Arsyad, A., & Anitah, S. (2017). Media pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada.
Bahagia, Y., & Mujianto, S. (2010). Media dan pembelajaran penjas. FPOK UPI.
Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.
Irsyada, M. (2000). Permainan bola basket dan peraturan praktis. Haji Mas Agung.
Kristiyanto, A. (2012). Pembangunan olahraga untuk kesejahteraan rakyat & kejayaan bangsa. Yuma Pustaka.
Mahardika, W. (2014). Pedagogi dalam olahraga bola basket. Jurnal Ilmiah Spirit, 14(3). http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIS/article/view/279
Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif (40th ed.). PT Remaja Rosdakarya Offset.
Muhajir. (2004). Pendidikan jasmani: Teori dan praktek SMA untuk kelas X. Erlangga.
Qohar, M. H. A. (1983). Kamus ilmu populer. Bintang Pelajar.
Rusmono, R. (2012). Strategi pembelajaran dengan problem-based learning itu perlu untuk meningkatkan profesionalitas guru. Ghalia Indonesia.
Rusyan, A. T., Kusdinar, A., & Arifin, Z. (1989). Pendekatan dalam proses belajar mengajar. CV Remadja Karya.
Sajoto, M. (1995). Peningkatan & pembinaan kekuatan kondisi fisik dalam olah raga. Dahara Prize.
Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajagrafindo Persada.
Slameto, S. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Bina Aksara.
Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Sinar Baru Algensindo. https://doi.org/2004
Syah, M. (2003). Psikologi belajar. Pt RajaGrafindo Persada.
van den Bos, R., Harteveld, M., & Stoop, H. (2009). Stress and decision-making in humans: Performance is related to cortisol reactivity, albeit differently in men and women. Psychoneuroendocrinology, 34(10), 1449–1458. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.psyneuen.2009.04.016
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2021 Lambertus Ayiriga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.