Mungkinkah gender mempengaruhi hasil belajar barbahasa anak?

Main Article Content

Syarief Fajaruddin
Heri Retnawati
Eko Wahyunanto Prihono
Eri Yusron
Yuli Prihatni

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab pada tingkat MTs/SMP. Penelitian menggunakan pendekatan kauantitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Gunungkidul tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah sampel sebanyak 118. Data dianalisis menggunakan Uji Analisis Varian Multivariate (MANOVA). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab berdasarkan jenis kelamin. Jenis kelamin tidak berpengaruh pada hasil ujian Bahasa Indonesia, sedangkan pada hasil ujian Bahasa Inggris dan Bahasa Arab berpengaruh secara signifikan.

Article Details

How to Cite
Fajaruddin, S., Retnawati, H. ., Prihono, E. W. ., Yusron, E., & Prihatni, Y. (2022). Mungkinkah gender mempengaruhi hasil belajar barbahasa anak?. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 9(2). Retrieved from https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd/article/view/12273
Section
Artikel