Mungkinkah gender mempengaruhi hasil belajar barbahasa anak?

Authors

  • Syarief Fajaruddin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-7993-9413
  • Heri Retnawati Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Eko Wahyunanto Prihono Institut Agama ISlam Negeri Ambon, Indonesia
  • Eri Yusron Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
  • Yuli Prihatni Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v9i2.12273

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan bahasa Arab pada tingkat MTs/SMP. Penelitian menggunakan pendekatan kauantitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IX Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Gunungkidul tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah sampel sebanyak 118. Data dianalisis menggunakan Uji Analisis Varian Multivariate (MANOVA). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Bahasa Arab berdasarkan jenis kelamin. Jenis kelamin tidak berpengaruh pada hasil ujian Bahasa Indonesia, sedangkan pada hasil ujian Bahasa Inggris dan Bahasa Arab berpengaruh secara signifikan.

 

Could gender affect children's language learning outcomes?

 

Abstract: This study aims to describe the effect of gender on learning outcomes of Indonesian, English, and Arabic at the MTs/SMP level. The study used a quantitative approach with the research subjects being graded IX students of Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Gunungkidul in the academic year 2021/2022 with a total sample of 118. The data were analyzed using the Multivariate Analysis of Variance Test (MANOVA). The analysis results show significant differences in learning outcomes of Indonesian, English, and Arabic based on gender. Gender has no effect on the Indonesian language test results, while the English and Arabic tests have a significant effect.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Anggaraeni, N. M., & Suparwa, I. N. (2019). Variasi kosakata bahasa ibu dalam pemerolehan bahasa anak balita di Desa Marga Dauh Puri, Kabupaten Tabanan: Kajian psikolinguistik. Humanis, 23(2), 111. https://doi.org/10.24843/JH.2019.v23.i02.p06

Adriana, D. (2017). Tumbuh kembang dan terapi pada anak. Salemba Medika.

Amintarti, S., Ajizah, A., & Utami, N. H. (2018). Hubungan antara jenis kelamin dengan hasil belajar dan sikap ilmiah mahasiswa pada mata kuliah botani tumbuhan rendah di prodi pendidikan biologi FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Wahana-Bio: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 10(1), 1. https://doi.org/10.20527/wb.v10i1.5460

Azzahroh, P., Sari, R. J., & Lubis, R. (2021). Analisis perkembangan bahasa pada anak usia dini di Wilayah Puskesmas Kunciran Kota Tangerang Tahun 2020. Journal for Quality in Women’s Health, 4(1), 46–55. https://doi.org/10.30994/jqwh.v4i1.104

Brown, H. D. (2000). Principles of language learning and teaching (Vol. 4). Longman.

Carroll, J. B. (1967). Foreign language proficiency levels attained by language majors near graduation from college. Foreign Language Annals, 1(2), 131–151. https://doi.org/10.1111/j.1944-9720.1967.tb00127.x

Creswell, J. W. (2014). Penelitian kualitatif dan desain riset (Memilih diantara lima pendekatan). Pustaka Pelajar.

Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6981 tahun 2019 tentang petunjuk teknis penyusunan dan pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan Madrasah Tsanawiyah, Pub. L. No. 6981 (2019).

Goodman-Scott, E., McMahon, G., Kalkbrenner, M. T., Smith-Durkin, S., Patel, S., Czack, A., & Weeks, N. (2021). An ex post facto study examining implementation of positive behavioral interventions and supports across school and community variables from an inclusive innovation perspective. Journal of Positive Behavior Interventions, 109830072110137. https://doi.org/10.1177/10983007211013784

Hafidz, A. A. (2019). Pengaruh jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika siswa. Buana Matematika : Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2:), 69–72. https://doi.org/10.36456/buanamatematika.v9i2:.2118

Hasanuddin, H. (2016). Pengaruh sikap bahasa dan jenis kelamin terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas VI Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Lalabata Kabupaten Soppeng tahun pelajaran 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Hermawan, W., Abidin, Z., & Junaedi, E. (2018). Peran gender dan kesadaran metakognitif siswa SMA di Kabupaten Kuningan terhadap hasil belajar biologi. Quagga J. Pendidik. Dan Biol, 10(2), 11–18. https://doi.org/10.25134/quagga.v10i2.904

Hilaliyah, H. (2015). Pemerolehan bahasa pada anak usia tiga tahun. DEIKSIS, 3(03), 266–275. https://doi.org/10.30998/deiksis.v3i03.434

Kapoh, R. J. (2010). Beberapa faktor yang berpengaruh dalam perolehan bahasa. Jurnal Interlingua, 4, 87–95.

Keraf, G. (2004). Komposisi: Sebuah pengantar kemahiran berbahasa. Nusa Indah.

Kratochwill, T. R., Cook, J. L., Travers, J. F., & Elliott, S. N. (1999). Educational psychology: Effective teaching, effective learning. (S. N. Elliott (ed.); 3rd ed.). McGraw-Hill.

Larsen-Freeman, D. (1991). Second language acquisition research: Staking out the territory. TESOL Quarterly, 25(2), 315. https://doi.org/10.2307/3587466

Larsen-Freeman, D., & Long, M. H. (2014). An introduction to second language acquisition research (C. N. Candlin (ed.)). Routledge.

Levine, D. R., & Adelman, M. B. (1993). Beyond language: Cross-cultural communication. Prentice Hall Regents Englewood Cliffs.

Maccoby, E. E., & Jacklin, C. N. (1980). Sex differences in aggression: a rejoinder and reprise. Child Development, 51(4), 964–980.

Manik, D., Oktavianda, R., & Lubis, F. (2020). Pemerolehan bahasa anak (kajian mean length of utterence ‘mlu’) Farzan Zefa Marpaung (anak usia tiga tahun enam bulan). Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 113–118. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/arkhais/article/view/18337

Keputusan Menteri Agama Nomor 184 tahun 2019 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah, (2019).

Nurjadid, N. (2019). Hubungan motivasi berprestasi (English) self efficacy dan jenis kelamin dengan prestasi belajar bahasa Inggris siswa kelas XII MAN Salatiga. WASPADA (Jurnal Wawasan Pengembangan Pendidikan), 2(2), 1–20.

Pantu, A., & Luneto, B. (2014). Pendidikan karakter dan bahasa. Al-Ulum, 14(1), 153–170. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/233

Pohan, Y. (2020). Pengaruh penggunaan internet terhadap minat dan hasil belajar matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kualuh Selatan. JURNAL PEMBELAJARAN DAN MATEMATIKA SIGMA (JPMS), 6(2), 93–100. https://doi.org/10.36987/jpms.v6i2.1850

Putra, K. G. R. D., Dantes, N., & Widiartini, I. K. (2015). Analisis sosio emosi dan kinerja guru ditinjau dari kualifikasi pendidikan para guru SLB Negeri di Kota Denpasar. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.23887/jpepi.v5i1.1553

Putra, R. E., & Sibuea, A. M. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran dan jenis kelamin terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tanjungtiram. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 9(1), 64–76. https://doi.org/10.24114/jtp.v9i1.4892

Ratminingsih, N. M. (2013). Pengaruh gender dan tipe kepribadian terhadap kompetensi berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(3). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v46i3.4230

Riana, R., & Slamet, H. W. (2013). Pengaruh kedisiplinan belajar dan jenis kelamin terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMP Negeri 1 Pucakwangi Pati tahun ajaran 2012/2013. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sehic, S. (2017). College-level second language courses and creative thinking skills: An ex post facto study. Journal of Language Teaching and Learning, 7(1), 119–142.

Skinner, B. F. (1957). Verbal behavior. Appleton-Century-Crofts.

Sulistiyowati, E. (2013). Pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2). https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.756

Sunarto, H., & Hartono, B. A. (2002). Perkembangan peserta didik. PT. Rineka Cipta.

Suryaman, M. (2009). Panduan pendidik dalam pembelajaran bahasa Indonesia SMP/MTs. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sutami, S. (2014). Upaya meningkatkan kemampuan berbahasa melalui media cerita bergambar pada anak kelompok B Di TK Wonorejo I Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen tahun 2013/2014. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Teh, K. S. M., Embi, M. A., Yusoff, N., & Mahamod, Z. (2009). A closer look at gender and Arabic language learning strategies use. European Journal of Social Sciences, 9(3), 399–407.

Yusuf LN., H. S. (2011). Psikologi perkembangan anak dan remaja. PT Remaja Rosdakarya. https://doi.org/2006

Zuldafrial, Z., & Rube’i, M. A. (2019). Pegaruh jenis kelamin, latar belakang pendidikan dan pekerjaan orang tua terhadap hasil belajar program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan IKIP-PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 12. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1093

Downloads

Published

2021-12-10

How to Cite

Fajaruddin, S., Retnawati, H. ., Prihono, E. W. ., Yusron, E., & Prihatni, Y. (2021). Mungkinkah gender mempengaruhi hasil belajar barbahasa anak?. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 9(2), 127–134. https://doi.org/10.30738/wd.v9i2.12273

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)