Implementasi kurikulum muatan khusus bahasa Mandarin di SMP Kristen Kalam Kudus Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.30738/wd.v10i1.12474Keywords:
Implementasi, Kurikulum, Kurikulum Ciri Khas Yayasan, Bahasa MandarinAbstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kurikulum muatan khusus bahasa Mandarin di SMP Kristen Kalam Kudus Yogyakarta, yang meliputi: (1) Latar Belakang, (2) Penyusunan dan Rencana Pembelajaran, (3) Pelaksanaan, (4) Hasil yang dicapai, dan (5) Kendala yang dihadapi. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan studi kasus. Analisis data yang digunakan adalah tahap reduksi, tahap display data, tahap penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah (1) Kurikulum muatan khusus Bahasa Mandarin di SMP Kristen Kalam Kudus Yogyakarta dilatar-belakangi dari sejarah Gereja Kristen Kalam Kudus dan Sekolah Kristen Kalam Kudus. (2) Penyusunan kurikulum muatan khusus Bahasa Mandarin berdasarkan analisis kebutuhan siswa dan untuk mengembangkan pendidikan berbasis keunggulan global agar kualitas lulusan semakin berwawasan global dan berguna bagi dunia. Rencana pembelajaran menjadi wewenang guru bahasa Mandarin. (3) Pelaksanaan pelajaran bahasa Mandarin adalah tiga jam pelajaran setiap minggunya. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar yang digunakan disemua jenjang adalah sama, yang berbeda adalah tema pembelajaran disetiap jenjangnya. Materi pelajaran Bahasa Mandarin disesuaikan dengan kemampuan awal siswa namun tetap mengacu pada standar kompetensi lulusan yang sama.(4) Hasil yang dicapai adalah mendapatkan 36 kejuaraan dalam perlombaan bahasa Mandarin, baik ditingkat Propinsi maupun tingkat Nasional. (5) Kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa.
Implementation of the Chinese Special content curriculum at Kalam Kudus Christian Junior High School Yogyakarta
Abstract: The purpose of this research is to describe and analyze the implementation of a special Chinese content curriculum at Kalam Kudus Christian Junior High School Yogyakarta, which includes: (1) Background, (2) Preparation and Learning Plan, (3) Implementation, (4) Results achieved, and (5) Obstacles faced. This research is qualitative research, with a case study approach. The data analysis used is the reduction stage, the data display stage, the conclusion drawing stage and data verification. The results of this study are (1) a special Chinese curriculum at Kalam Kudus Christian Junior High School Yogyakarta is behind the history of kalam Kudus Christian Church and Kalam Kudus Christian School. (2) Preparation of a special Content Curriculum of Chinese based on the analysis of student needs and to develop a global excellence-based education so that the quality of graduates is increasingly globally minded and useful to the world. The learning plan becomes the authority of the Chinese teacher. (3) The implementation of Chinese lessons is three hours of lessons each week. The Basic Competency and Competency Standards used at all levels are the same, what is different is the theme of learning at each level. Chinese subject matter is tailored to the student's initial ability but still refers to the same graduate competency standards. (4) The result achieved is to get 36 championships in The Mandarin language competition, both at the Provincial and National levels. (5) Obstacles faced by teachers and students.
Downloads
References
Alfulaila, N., Haryadi, Sudrajat, A., & Nashrullah. (2019). The effectiveness of multicultural approach in writing achievement of Indonesian language among elementary school students . Cakrawala Pendidikan, 38(2), 366–376. https://doi.org/10.21831/cp.v38i2.23440
Arifin, Z. (2011). Konsep dan model pengembangan kurikulum. PT Remaja Rosdakarya.
Astuti, B., Purnama, D. S., & Laksana, E. P. (2019). Stress reduction in thesis completion through peer tutoring method. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 1(2), 73–81. https://doi.org/10.33292/petier.v1i2.23
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah: Standar kompetensi dan kompetensi dasar SMA/MA. Badan Standar Nasional Pendidikan.
Beauchamp, G. U. Y. (1998). The effect of group size on mean food intake rate in birds. Biological Reviews, 73(4), 449–472. https://doi.org/10.1017/S0006323198005246
Bright Learning Center. (2021). Let’s talk and practice Bahasa Mandarin untuk pemula. Bright Publisher.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (3rd ed.). SAGE Publications.
Daryanto, D. (2013). Menyusun modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Gaya Media.
Departemen Pendidikan Nasional. (2010). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa, Departemen Pendidikan Nasional.
Dewangga, I., & Ghozali, I. (2020). English as a foreign language textbooks evaluation for tenth-grade students. Journal of English Language and Pedagogy, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.36597/jelp.v3i1.4863
Esterberg, K. G. (2002). Qualitative methods in social research. McGraw-Hill.
Fajaruddin, S., Retnawati, H., Prihono, E. W., Yusron, E., & Prihatni, Y. (2021). Mungkinkah gender mempengaruhi hasil belajar barbahasa anak? Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 9(2), 127–134. https://doi.org/10.30738/wd.v9i2.12273
Fajaruddin, S., Retnawati, H., Wijaya, T. T., Ramadhan, S., & Prihatni, Y. (2021). Alhamdulillah, butir pengembangan instrumen penilaian artikel jurnal ilmiah dikatakan valid oleh para rater. Measurement In Educational Research (Meter), 1(2), 89–96. https://doi.org/10.33292/meter.v1i2.156
Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan pembelajaran. Bumi Aksara.
Hamdayama, J. (2017). Metodologi penelitian pendidikan. Bumi Aksara.
Kuwat, K., & Ghozali, I. (2018). Teaching English to the elementary school students in Kutoarjo District. Journal of English Language and Pedagogy, 1(1). https://doi.org/10.36597/jelp.v1i1.2797
Majid, A. (2013). Strategi pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Merilia, S., Fajaruddin, S., & Arbain, A. (2019). An assessment of an English textbook of vocational school. Arisen: Assessment and Research on Education, 1(2). https://doi.org/10.33292/arisen.v1i2.46
Miles, M. B., Huberman, A. M., Huberman, M. A., & Huberman, M. A. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. SAGE Publications Ltd.
Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif (40th ed.). PT Remaja Rosdakarya Offset.
Munadzdzofah, O. (2018). Pentingnya Bahasa Inggris, China, dan Jepang sebagai bahasa komunikasi bisnis di era globalisasi. VOCATIO: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Dan Sekretari, 1(2), 58–73. http://journal.wima.ac.id/index.php/VOCATIO/article/view/1634
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Pub. L. No. 20, Undang-Undang Republik Indonesia 26 (2003).
Rachman, D., Khatimah, K., Fajaruddin, S., & Kiswaga, G. E. (2022). Needs analysis in English specific purposes context: Non-English students as a case study. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 4(2). https://doi.org/10.33292/petier.v4i2.141
Rohmatillah, R. (2013). Implementasi Bahasa Mandarin sebagai bahasa asing di SMA Nahdlatul Ulama 1 Gresik. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.22219/jkpp.v1i2.1564
Sadiman, A. S. (2003). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan dan Pemanfaatannya. Rajawali.
Sani, R. A. (2015). Inovasi pembelajaran. PT Bumi Aksara.
Solihat, A. (2018). Pengaruh kekuatan ekonomi Cina dan India (Cindia) terhadap pertumbuhan ekonomi di Kawasan Asia Pasifik [Universitas Pasundan]. http://repository.unpas.ac.id/35818/
Sugiyono, S. (2016). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Sutami, H. (2016). Fungsi dan kedudukan Bahasa Mandarin di Indonesia. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 2(2), 212–239. http://www.paradigma.ui.ac.id/index.php/paradigma/article/view/28
Thariq, P. A., Husna, A., Aulia, E., Djusfi, A. R., Lestari, R., Fahrimal, Y., & Jhoanda, R. (2021). Sosialisasi pentingnya menguasai Bahasa Inggris bagi mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(2), 316–325. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i2.2835
Wahyuningsih, C. N. I., Sudarsono, F. X., & Supriyoko, S. (2018). Evaluasi efektivitas program pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asing di Wisma Bahasa-Yogyakarta Indonesian Language Centre. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3352
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2022 Ester Handayani, Samsi Haryanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.