Memanfaatkan limbah tanaman jagung sebagai sumber inovasi pendidikan di Indonesia

Authors

  • Putri Felita Listiani Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia
  • Wahyu Kurniawati Universitas PGRI Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v12i1.16961

Keywords:

Limbah Jagung, Media Pembelajaran, Produk Kreatif, Sekolah Dasar, Corn Waste, Learning Media, Creative Products, Elementary Schools

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari mengani potensi limbah tanaman jagung dijadikan produk inovatif dalam dunia pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif yaitu dengan menjabarkan berbagai potensi yang bisa dimanfaatkan dari limbah tanaman jagung menjadi produk edukatif pembelajaran. Metode penelitian kualitatif ini dipilih karena keterbatasan peneliti baik dari segi waktu, sumber daya, dan pembiayaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi limbah hasil pertanian klobot jagung sangat potensial. Limbah sisa pascapanen tanaman jagung dapat dimanfaatkan diolah menjadi berbagai media pembelajaran dan produk kreatif siswa. Media pembelajaran yang bisa dibuat dari limbah klobot jagung diantaranya kartu, media permainan puzzle, mozaik, boneka, kartun dan wayang. Sedangkan produk kreatif yang bisa diajarkan kepada siswa adalah produk-produk kriya seperti pigura, bunga, bross, dan hiasan dinding lainnya yang mampu meningkatkan kreativitas dan entrepreneurship siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembuatan media pembelajaran maupun produk karya siswa berbahan dasar limbah tanaman jagung sangat dianjurkan untuk membentuk kesadaran warga sekolah dalam mengelola potensi limbah pertanian di lingkungan sekitar.

 

Utilizing corn plant waste as a source of education innovation in Indonesia

 

Abstract: This research aims to study how to handle the potential of corn plant waste to be used as an innovative product in the world of education. This research was carried out using a descriptive qualitative method, namely by describing the various potentials that can be utilized from corn plant waste into educational learning products. This qualitative research method was chosen because of the researchers' limitations in terms of time, resources, and funding. The results of the research show that the potential for agricultural waste from cornhusks is very high. Post-harvest waste from corn plants can be used and processed into various learning media and creative products for students. Learning media that can be made from corn husk waste include cards, puzzle game media, mosaics, dolls, cartoons, and wayang. Meanwhile, creative products that can be taught to students are craft products such as figures, flowers, brooches, and other wall decorations that can increase student creativity and entrepreneurship. From the research results, it can be concluded that making learning media and student work products made from corn plant waste is highly recommended to create awareness among school residents in managing potential agricultural waste in the surrounding environment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhmad, K. A. (2015). Pemanfaatan media sosial bagi pengembangan pemasaran UMKM (Studi deskriptif kualitatif pada distro di Kota Surakarta). Duta.Com: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 9(1), 43–54. https://ojs.udb.ac.id/index.php/dutacom/article/view/537

Aklis, N., & Masyrukan, M. (2016). Penanganan sampah organik dengan bak sampah komposter di Dusun Susukan Kelurahan Susukan Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang. Warta LPM, 19(1), 74–82. https://doi.org/10.23917/warta.v19i1.1986

Ariyanto, F. L., & Yuniar, D. P. (2020). Pemanfaat limbah tongkol jagung sebagai media pembelajaran anak usia dini di Madura. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 44–52. https://doi.org/10.21154/wisdom.v1i2.2336

Asmoroningtyas, B., Wijayanti, R., Agustiana, A., & Rosyada, A. R. H. (2019). DAKOCAN (Daun Kelobot Cantik): Pemanfaatan limbah kulit jagung sebagai aksesoris fashion bernilai jual tinggi. AJIE (Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship), 04(May), 103–106. https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/12783

Ayun, Q., Kurniawan, S., & Saputro, W. A. (2020). Perkembangan konversi lahan pertanian di bagian negara agraris. VIGOR: Jurnal Ilmu Pertanian Tropika Dan Subtropika, 5(2), 38–44. https://doi.org/10.31002/vigor.v5i2.3040

Candra, R. N., Kusuma, A., Priyani, D. I., Wati, I. W. R., Widananda, C. W., Ikhsani, M. K., Sidik, M. F., Rustam, F., Khilian, A. M., & Suhendar, S. (2024). Inovasi ramah lingkungan: Mengubah limbah sabut kelapa menjadi solusi yang berkelanjutan. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 4(1), 11–21. http://journal3.um.ac.id/index.php/fip/article/view/4888

Fatkhurrohman, F., Ramadhan, R., Wahyu, M. A., Aji, P., Yuliansyah, M., Perdana, A. A., & Sakti, M. C. (2022). Pelatihan pengoperasian mesin grinder kompos untuk pengolahan limbah organik sebagai pakan maggot di Wisata Kampung Kelengkeng Desa Simoketawang, Sidoarjo. PROCEEDING Seminar Nasional Hasil Riset Dan Pengabdian (SENRIABDI), 2, 421–426. https://www.jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/SENRIABDI/article/view/1141

Hanifah, L. (2023). Upaya meningkatkan kreativitas anak TK B melalui kolase di TK Rahman Nurikediri. AL-HIKMAH: Jurnal Kependidikan Dan Studi Islam, 11(2), 31–41. https://jurnal.badrussholeh.ac.id/index.php/Al-Hikmah/article/view/383

Ikbal, S. A. M. (2019). Pembuatan hiasan dinding dari bahan kulit jagung dalam pembelajaran prakarya siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Mangarabombang Kabupaten Takalar [Universitas Negeri Makassar]. http://eprints.unm.ac.id/16138/

Kholifah, W. T. (2020). Upaya guru mengembangkan karakter peserta didik sekolah dasar melalui pendidikan ramah anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 115–120. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.614

Kurniawan, M. I., Marseto, M., & Nisa, F. L. (2023). Pengolahan limbah kulit jagung menjadi produk kreatif bros serta bernilai ekonomi pada siswa kelas 4 di SDN Sumberbendo II. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(3), 1522. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i3.16019

Kurniawan, M. I., Putri, N. S. R. M., Suryaningsih, F. D., Halim, E. G., Hamzah, U. B., & Wahyudi, K. E. (2023). Pendidikan dasar kewirausahaan melalui pemanfaatan limbah kulit jagung di SDN Sumberbendo II. Jurnal Pengabdian Masyarakat Mandiri (JPMM), 1(2), 1–7. https://mand-ycmm.org/index.php/jpmm/article/view/452

Listiani, P. F., Khabib, A. F., Setyorini, A. I., Kurniawati, R., & Kurniawati, W. (2023). Pembuatan handicraft dried flower bouqet dari limbah klobot jagung dan bunga liar. JILPI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Dan Inovasi, 2(1), 187–196. https://doi.org/10.57248/jilpi.v2i1.278

M.H, Z., & Wulandari, S. (2021). Analisis penggunaan media papan planel untuk meningkatkan minat belajar pada materi rantai makanan di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 3(2), 25–34. https://doi.org/10.33387/cp.v3i2.3632

Ningrum, I. L., Haryono, S. E., & Wijayanti, R. (2021). Pengembangan media wayang kelobot untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak Kelompok A Taman Kanak Kanak. Melior : Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(2), 57–62. https://doi.org/10.56393/melior.v1i2.558

Ningsih, S. P., Hastuti, I. D., & Fujiaturrahman, S. (2022). Pengembangan media gambar kartun dari kulit jagung untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 8 subtema 3 kelas II sekolah dasar. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.47165/jpin.v5i2.444

Qaimah, I. M., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2020). Efektivitas konseling cognitive behavior dengan teknik self-management untuk meningkatkan self order siswa. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(2), 93–103. https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i2.29177

Rahim, M., Hulukati, W., & Puluhulawa, M. (2022). Peningkatan kompetensi produkif-inovatif di era new normal melalui pelatihan pengolahan limbah jagung bagi siswa SMA. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 6(1), 93. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i1.6092

Rahmat, S., Ikhsanudin, M., Diani, R., Kusuma, Y. F., Putri, S., Ningrum, P. A., Afrianti, A., Prasetia, I., Sari, N. I., Faina, F., & Annisa, N. (2021). Pengolahan hasil pertanian dalam upaya peningkatan perekonomian petani di Kabupaten Bintan. JPPM Kepri: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 1(2), 156–167. https://doi.org/10.35961/jppmkepri.v1i2.265

Ramadhan, D. (2022). Pengaruh pengolahan amoniasi, fermentasi dan amofer menggunakan aspergillus niger pada klobot jagung terhadap kualitas fisik, protein kasar dan serat kasar [Universitas Lampung]. https://digilib.unila.ac.id/64783/

Sanjaya, O. C., Habisukan, U. H., Aini, K., Tastin, T., & Hapida, Y. (2019). Pengembangan media puzzle sebagai media pembelajaran biologi pada materi eubacteria di SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi, 2(1), 198–204. https://proceedings.radenfatah.ac.id/index.php/semnaspbio/article/view/484

Sumadi, C. D., Fajrin, N. D., Chayani, S. N., & Ramadaniyanti, D. P. (2023). Pengembangan media pembelajaran klobocard sebagai upaya pemanfaatan limbah kulit jagung madura untuk siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Sosial, Ekonomi, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian, Dan Kesehatan, 3(2). https://conferences.citradharma.org/snsep3k/wp-content/uploads/2022/12/5.-pg-46-53-conny.pdf

Sunami, M. A., & Aslam, A. (2021). Pengaruh penggunaan media pembelajaran video animasi berbasis zoom meeting terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1940–1945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1129

Utami, A., Soeprayogi, H., & Azis, A. C. K. (2020). Pembuatan kerajinan bunga berbahan kulit jagung ditinjau dari prinsip-prinsip seni rupa dan kerajinan. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 3(1), 260–264. https://doi.org/10.34007/jehss.v3i1.282

Wahyuni, S., Astini, baik nilawati, Suarta, I. N., & Aswata, I. made suwasa. (2021). Pengembangan boneka kulit jagung untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak. Indonesian Journal of Elementary and Childhood Education, 2(1), 185–190. https://journal.publication-center.com/index.php/ijece/article/view/635

Yunita, S., & Supriatna, U. (2021). Pengaruh penggunaan media puzzle terhadap hasil belajar siswa. Syntax Idea, 3(8), 1999–2006. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i8.1451

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Listiani, P. F., & Kurniawati, W. (2024). Memanfaatkan limbah tanaman jagung sebagai sumber inovasi pendidikan di Indonesia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 12(1), 9–19. https://doi.org/10.30738/wd.v12i1.16961

Citation Check