Penerapan teknik ECOLA (Extending Concept through Language Activities) untuk meningkatkan minat baca siswa

Authors

  • Nurhidayati Nurhidayati SMP Negeri 2 Mlati Sleman, Indonesia
  • Pardimin Pardimin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v9i1.2652

Keywords:

teknik ECOLA, lima tahap, minat baca

Abstract

Penelitian yang menggunakan teknik ECOLA (Extending Concept through Language Activities) ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca siswa. Teknik ini terdiri atas lima tahap, yakni (1) menentukan tujuan membaca yang komunikatif; (2) membaca dalam hati untuk sebuah tujuan; (3) mewujudkan pemahaman melalui aktivitas menulis; (4) melaksanakan diskusi dan klarifikasi; dan (5) menulis dan membandingkan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket minat baca. Butir-butir pernyataan dalam angket dikembangkan dari enam indikator minat baca. Keenam indikator minat baca yang dimaksud adalah perasaan senang, pemusatan perhatian, penggunaan waktu, motivasi untuk membaca, emosi dalam membaca, dan usaha untuk membaca. Hasil penelitian ini menunjukkan minat baca siswa meningkat sesuai kriteria yang telah ditetapkan oleh peneliti. Pada pascatindakan siklus II sebanyak 28 siswa atau 87,5% siswa mengalami peningkatan skor minat baca dibanding skor minat baca pratindakan. Simpulan dari penelitian ini adalah teknik ECOLA (Extending Concept through Language Activities) dapat meningkatkan minat baca siswa.

 

The application of the ECOLA technique (Extending Concept through Language Activities) to increase the reading interest of the students

 

Abstract: The research which uses ECOLA (Extending Concept through Language Activities) technique has the purpose to increase students' interest in reading. The technique consists of five steps, namely (1) to determine the purpose of communicative reading; (2) to read silently for a certain purpose; (3) to actualize an understanding through a writing activity; (4) to do a discussion and a clarification; and (5) to write and to compare. The data collected in the research uses reading interest questionnaires. Each question in the questionnaire is developed by six indicators of reading interest. The recent six indicators of reading interest is a feeling of happiness, focusing, time use, motivation to read, and an effort to read. The result of the research shows that the student’s reading interest increases in line with the criteria determined by the researcher. In circle II of the post-action, there are 28 or 87,5% of the students have an increase in reading interest compared to the score of the pre-action reading interest. The conclusion of the research is that ECOLA (Extending Concept through Language Activities) technique is able to increase the student’s reading interest.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran literasi strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2010). Penelitian tindakan kelas. Bumi Aksara.

Haryati, S. (2019). Directed reading thinking activity untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Teacher in Educational Research, 1(2), 58–65. https://doi.org/10.33292/ter.v1i2.18

Hendriana, H., & Afrilianto, M. (2017). Langkah praktis penelitian tindakan kelas bagi guru. Refika Aditama.

Muchib, M. (2018). Penerapan model PBL dengan video untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar bahasa Indonesia. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(1), 25–33. https://doi.org/10.30738/wd.v6i1.3356

Mulyadi, M. (2012). Penelitian kuantitatif dan kualitatif: Serta praktek kombinasinya dalam penelitian sosial. Publica Institute.

Naim, N. (2013). The power of reading: Menggali kekuatan membaca untuk melejitkan potensi diri. Aura Pustaka.

Nurhadi, N. (2016). Strategi meningkatkan daya baca (N. Syamsiyah (ed.)). Bumi Aksara.

Rahim, F. (2008). Pengajaran membaca di sekolah dasar. Bumi Aksara.

Shaleh, A. R., & Wahab, M. A. (2004). Psikologi suatu pengantar dalam perspektif Islam. Predana Media.

Syamsuddin, A. R., & Damianti, V. S. (2006). Metode penelitian pendidikan bahasa. Pogram Pascasarjana Universitas Pendidikan.

Tarigan, H. G. (2015). Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Angkasa.

Widyastuti, R., & Susilowati, T. (2020). Evaluasi program gerakan literasi sekolah di SD Negeri 2 Lumajang. Arisen: Assessment and Research on Education, 2(1). https://doi.org/10.33292/arisen.v2i1.142

Zuchdi, D. (2008). Strategi meningkatkan kemampuan membaca: Peningkatan komprehensi. UNY Press.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Nurhidayati, N., & Pardimin, P. (2021). Penerapan teknik ECOLA (Extending Concept through Language Activities) untuk meningkatkan minat baca siswa. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 9(1), 21–28. https://doi.org/10.30738/wd.v9i1.2652

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)