Pengembangan lembar kerja peserta didik yang mengintegrasikan literasi dengan pendekatan scientific mata pelajaran IPA
DOI:
https://doi.org/10.30738/wd.v7i1.2725Keywords:
LKPD, Literasi, Pendekatan ScientificAbstract
Tujuan penelitian adalah mengembangkan LKPD IPA materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhuk Hidup mengintegrasikan literasi dengan pendekatan scientific. Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Four-D Model dari Thiagarajan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Berbah pada kelas VII semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment Design dengan desain Nonequivalent Group Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket, observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar angket uji validasi, lembar observasi, pedoman wawancara, dan pretest dan posttest. Teknik analisis untuk uji hipotesis yaitu analisis kualitatif melalui penelaahan lembar validasi ahli dan kuantitatif melalui prosentase pencapaian nilai, distribusi frekuensi dan uji-t melalui program SPSS 17.0. Format bahan ajar berbentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) IPA hasil pengembangan materi Sistem Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup kelas VII semester genap dibuat sesuai kurikulum 2013 dengan pendekatan scientific. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam peningkatan skor hasil belajar pada pembelajaran kelompok eksperimen dengan LKPD produk pengembangan dan pembelajaran kelompok kontrol dengan LKPD awal atau yang biasa terpakai. Hal ini ditunjukan dengan hasil uji-t independent sample t-test yang memiliki nilai t hitung > t tabel (4.701 > 2.000) dan p < 0,05 (p = 0,000 < 0,05).
Â
Abstract
The aims of this research are the student’s participation in the learning process activities in the classroom who are less. The research aims to develop LKPD IPA material Organizational Life System Makhuk Hidup, which integrating literacy with a scientific approach. The research method is research and development with model Four-D Model from Thiagarajan. This research was conducted at SMP Negeri 1 Berbah in class VII even semester of academic year 2017/2018. This research uses a Quasi Experiment Design method with Nonequivalent Group Pretest Posttest Design design. Data collection techniques with questionnaires, observation, interviews, documentation, and tests. Instruments used in the form of validation test questionnaires, observation sheets, interview guides, and pretest and posttest. An analytical technique for the hypothesis test is qualitative analysis through review of expert validation sheet and quantitative through a percentage of value achievement, frequency distribution, and t-test through SPSS 17.0 program. There is a significant difference in score improvement learning outcomes in the experimental group learning with the LKPD development product and the control group learning with the initial or usual LKPD use. This is indicated by the t-test of independent sample t-test which has t value> t table (4.701> 2.000) and p <0,05 (p = 0,000 <0,05).
Downloads
References
Breakspear, S. (2012). The policy impact of PISA: An exploration of the normative effects of international benchmarking in school system performance. OECD Education Working Papers, No. 71. OECD Publishing (NJ1).
Harjasujana, S. A. (1985). Buku materi pokok keterampilan membaca IND 2201/2 SKS. Modul. 4-6.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21: Kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Ghalia Indonesia.
Prastowo, A (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Diva Press. Yogyakarta.
Ratumanan, T. G. (2003). Pengembangan model pembelajaran interaktif dengan setting kooperatif (Model PISK) dan pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika siswa SLTP di Kota Ambon. Disertasi Doktor. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Rimawati, R., & Haryanto, S. (2017). Penerapan pendekatan saintifik dengan model pembelajaran kooperatif tipe talking stik motivasi dan prestasi belajar. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 103-114. doi:http://dx.doi.org/10.30738/wd.v5i2.3367
Setiawan, A., Pusporini, W., Nartani, C. I., & Hamidah, N. (2018, November). Evaluation of thematic learning in 2013 Curriculum in SD. In PROCEEDING INTERNATIONAL SEMINAR ON EDUCATION MANAGEMENT.
Sugiyono. (2016). Cara mudah menyusun skripsi, tesis, dan disertasi. Alfabeta. Bandung.
Suyitno, A. (2007). Pemilihan model-model pembelajaran dan penerapannya di sekolah. Pusdiklat. Jakarta.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
UNESCO. (2003). Literacy for life. Education for All Global Monitoring Report.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.