Pengembangan instrumen pengukuran sikap disiplin peserta didik sekolah menengah pertama

Authors

  • Chatarina Lusi Noviyanti SMP Negeri 2 Gamping, Sleman, Indonesia
  • Pardimin Pardimin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa , Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/wd.v7i2.2736

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) pengukuran sikap yang dilakukan para guru tentang sikap disiplin peserta didik, (2) penyusunan instrumen yang layak untuk mengukur sikap disiplin dengan menjelaskan indikator, dan kebakuan instrumen, dan (3) kecenderungan sikap disiplin peserta didik di SMP Negeri 2 Gamping yang diukur dengan menggunakan model pengembangan yang dihasilkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan ( R & D). Penelitian ini menggunakan langkah pengembangan yang terdiri dari (1) studi pendahuluan, yang meliputi kepustakaan, survei lapangan dan penyusunan produk awal; (2) Tahap uji coba pengembangan sampai menghasilkan produk final; dan (3) implementasi instrumen final sikap disiplin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) para guru memerlukan alat ukur yang valid untuk menentukan penilaian sikap; (2) Dari ujicoba yang telah dilakukan kepada 190 responden dihasilkan 40 butir instrumen yang valid. Berdasarkan analisis reliabilitas diperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,905.  Sedangkan dari  analisis konkuren  dihasilkan nilai koefisien korelasi rxy  sebesar 0, 547. Pada uji validitas konstruk didapatkan nilai KMO-MSA sebesar 0,776. Butir instrumen valid sejumlah 40 ini dinyatakan sebagai model instrumen final yang selanjutnya diimplementasikan kepada 190 peserta didik. Hasilnya menunjukkan bahwa ternyata tingkat disiplin peserta didik SMP Negeri 2 Gamping termasuk katagori tinggi mean sebesar 127,38.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-12-24

How to Cite

Noviyanti, C. L., & Pardimin, P. (2019). Pengembangan instrumen pengukuran sikap disiplin peserta didik sekolah menengah pertama. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 7(2), 196–202. https://doi.org/10.30738/wd.v7i2.2736

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)