Modul IPA berbasis information technologi dengan pendekatan saintifik
DOI:
https://doi.org/10.30738/wd.v7i2.2739Keywords:
Pengembangan, Modul IPA, Pendekatan Saintifik, Kemandirian BelajarAbstract
Tujuan: (1) mengembangkan modul IPA berbasis IT dengan pendekatan saintifik dan mengetahui kalayakan modul ditinjau dari aspek bahasa, gambar, dan komunikasi; kelayakan isi; dan penyajian materi (2) mengetahui ketercapaian kemandirian belajar dan penguasaaan materi dengan penerapan pendekatan saintifik.Penelitian ini menggunakan model R & Ddari Thiagarajan yaitu Four-D, tahapan tersebut antara lain Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran (Disseminate).Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi angket validasi modul, angket kemandirian belajar, lembar observasi kemandirian belajar, dan tes kognitif untuk mengetahui hasil belajar siswa.Hasil penelitian pengembangan adalah modul IPA dengan tema “Pemanasan Globalâ€. Kualitas kelayakan modul ini dinilai sangat baik oleh validator ahli dan praktisi ditinjau dari aspek bahasa dan gambar, kelayakan isi, dan penyajian materi.Ketercapaian kemandirian belajar siswa setelah menggunakan modul ini sebesar 99,02% melalui lembar observasi dan 87,35% melalui angket dengan kategori sangat baik. Ketercapaian penguasaan materi sebesar 88,23 dengan kategori sangat baik.
Â
Â
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License

Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/wd.